Rabu, 26 November 2008

Icon Shortcut Di Desktop Menjadi Tanpa Nama

Sebelumnya saya minta maaf karena sudah lama tidak posting-posting, maklum habis mid semesteran. Dan Alhamdullilah sebagian sukses (dan sebagian lagi tidak). Baru saja selesai mid semester, 4 Desember nanti, sudah dilaksanakan Ulangan umum. Setelah ulangan umum, Ujian Praktikum. Beban hidup ditambah dengan tugas-tugas yang datang silih berganti, menerjang tanpa pandang bulu. Wow…kepala serasa mau meledak. Minta doanya saja agar semuanya berjalan dengan lancar…..
Oke cukup curhatnya, masuk ke topik utama. Disini saya hanya berbagi hanya tips ringan dan sederhana, semoga saja bisa berguna.

Di desktop, Normalnya disitu ada beberapa shorcut yang menuju ke program atau tujuan lain. Icon-icon tersebut dilengkapi dengan nama programnya atau tujuan shorcutnya. Misalnya shortcut My Computer, maka icon disitu adalah icon My Computer lengkap dengan kata ‘My Computer’ di bawah icon tersebut. Nah..masalahnya kebanyakan pengguna komputer lebih memperhatikan iconnya daripada nama iconnya. Hal itu menjadikan nama icon terkadang menjadi mubazir.
Sudah mubazir begitu, nama icon justru cenderung membuat susunan icon di desktop terkesan berantakan. Dan semua orang tahu, berantakan bukan suatu hal yang menyenangkan. Apalagi bila nama iconnya panjangnya bukan main, semakin membuat frustasi orang yang melihatnya.
Lalu bagaimana mengurangi kadar berantakannya itu? Apakah dengan cara menghapus semua icon di desktop. Saya rasa itu bukan tindakan yang bijaksana. Mengingat banyak kemudahan yang diberikan oleh icon-icon itu. Salah satu tindakan yang lebih berkelas adalah menghapus nama icon tersebut. Dengan begitu yang terlihat di desktop adalah iconnya saja, tanpa nama. Yang jadi pertanyaan, bagaimana caranya?
Saya yakin, mengosongkan nama icon ketika direname tidak akan menghilangkan nama icon. Kalau itu tidak bisa bagaimana? Bisa digunakan karakter ASCII ke-255, tak lain adalah spasi. Dengan spasi, meski mengandung karakter, nama icon tidak akan terlihat. Namun mengetikan spasi dengan tombol terpanjang di keyboard memang tidak akan berhasil, efeknya mirip dengan ketika mengosongkan nama icon ketika direname. Hal ini bisa di akali dengan mengetikan nilai karakter spasi dalam tabel ASCII. Oke Baca penjelasannya.
Langkah pertama, siapkan dulu icon yang akan dihilangkan namanya. Kemudian, klik kanan pilih rename. Tanpa mengklik apapun, ketik angka 255 sambil menekan tombol Alt. Sudah begitu, lepaskan tombol Alt-nya, dan jreng…icon dengan nama ‘ ‘ (spasi maksudnya) telah dibuat. Karena spasi tidak bisa dideteksi oleh panca indera manusia, maka kita menganggapnya sebagai tanpa nama.
Bila ingin membuat beberapa icon tanpa nama, yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh ada dua nama file yang sama dalam satu desktop. Bila sebelumnya sudah ada nama file bernama ‘ ‘ (maksudnya spasi), maka icon lainnya tidak boleh bernama ‘ ‘. Harus dibuat nama lain, bisa digunakan menekan Alt-255 dua kali, maka nama file menjadi ‘ ‘ (spasinya ada dua). Begitu juga icon ketiga dan seterusnya.

Sebelum


Sesudah


Trik ini juga bisa diaplikasikan pada file lain, tidak terbatas pada shortcut desktop saja. Misalnya folder atau file. Dan caranya persis sama. Sekian saja tutor singkat ini semoga bisa berguna (AHP 22 November 2008 8:38)

10 komentar:

  1. di XP gak berhasil pada Recycle Bin, karena gak ada Rename-nya. Tapi di Vista Recycle bin bisa diRename. :)

    BalasHapus
  2. @Muji: Iya mas, memang Recycle bin XP ga ada pilihan rename-nya. Tergantung kebutuhan juga....

    BalasHapus
  3. Di vista ngga berhasil

    BalasHapus
  4. kok pnya gw ga berubah sih

    BalasHapus
  5. Masukan angka 255 nya pakai tombol angka di bagian kanan keyboard. Kalau pakai tombol deretan angka yang ada dibaris atas keyboard ga bisa lho.

    BalasHapus
  6. @Anonim: Oya...lupa ngasih tahu soal itu...thanks

    BalasHapus
  7. pake shock dekstop juga bisa koq.. Lebih simple.. :D.. Btw, thanks for share yach...

    BalasHapus
  8. @infooke: Oya thanks atas infonya...........

    BalasHapus
  9. Temen-temen semua, bagi pengguna laptop, aktifin dulu NumLock.nya dengan cra tekan Fn+[NumLk], baru ke icon - rename - alt+kii, lalu lepaskan aly.nya dan enter, jrengg jadi deh, aduuuh senengnya ! hehehe
    by sugengriyadi18.blogspot.com

    BalasHapus
  10. oh pantes , ternyata kalo pake laptop harus tekan numlock

    BalasHapus

Kirim Komentar