Jumat, 18 Juli 2008

S.M.A.R.T: Cegah Data Harddisk Hilang

Salah satu hal yang paling ditakuti sama pengguna komputer adalah kehilangan data. Iya, bener, malah buat beberapa orang masih mending kehilangan komputer daripada kehilangan data. Tapi ini memang ada benarnya, bayangkan data yang udah puluhan tahun di kumpulin dengan susah payah, memeras otak, waktu, keringat dan dompet(biaya maksudnya) tiba-tiba lenyap tak berbekas gara-gara harddisknya rusak total. Ga da backup-nya lagi. Kalo udah gitu, satu-satunya solusi adalah beli harddisk baru dan mulai berkomputeran dari awal. Ibaratnya komputer kembali lagi jadi bayi, ingatannya masih kosong.
Tapi untuk harddisk sekarang, kehilangan data seperti itu jarang terjadi, kemungkinannya kecil. Selain karena daya tahan Harddisik yang membaik dibandingkan harddisk-harddisk jaman dulu, harddisk jaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan kelengkapan yang bisa menjaga keutuhan data yang ada didalamnya.
Salah satu kelengkapan itu adalah SMART

SMART siapa apakah dikau?
SMART kependekan dari self monitoring, analysis and reporting technology Kalo di indonesiasisasikan(halah..) menjadi “teknologi memonitor diri, menganalisa dan melaporkan” kurang lebihnya kayak gitu lah.
SMART adalah semacam sistem yang berfungsi untuk memonitor kondisi dan kesehatan harddisk kemudian melaporkan kepada pengguna jika terjadi sedikit kerusakan pada harddisk. Sehingga pengguna punya alasan untuk melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi data didalamnya ( misalnya membackup data) sebelum harddisk benar-benar rusak.
Kerusakan harddisk sebagian besar disebabkan karena umur mekanis, semakin tua dan sering harddisk itu digunakan, semakin besar resiko harddisk itu mengalami kerusakan. Selebihnya bisa dikarenakan cacat produk atau kesalahan pengguna itu sendiri. Berita baiknya kerusakan akibat umur mekanis bisa di prediksi oleh SMART. Dengan menggunakan data yang sudah dikumpulkan, SMART akan menganalisa dan memprediksi kapan akan terjadi kerusakan (waktu prediksi itu namanya T.E.C). Ketika waktu yang diprediksikan sudah dekat, SMART akan memeringatkan pengguna lewat BIOS.
SMART fungsinya hanya untuk memonitor, menganalisa dan melaporkan, ngga lebih dari itu. Jadi SMART tidak punya kemampuan untuk mencegah kerusakan di Harddisk, SMART hanya memperingatkan bila Harddisk akan rusak. Ketika harddisk dikabarkan akan rusak...ya sudah. Solusi pertama tentu saja backup datanya sebelum harddisk bener-bener rusak. Nah disitulah peranan SMART.
Tapi tidak semua kerusakan bisa di laporkan oleh SMART. SMART cuman bisa memperkiraan kerusakan harddisk yang bisa di prediksi. Kerusakan yang bisa di prediksi itu kerusakan akibat masa pakai harddisk atau umur harddisk. Untuk kerusakan yang sifatnya insidental seperti jatuh, lonjakan listrik atau karena bencana lainnya tidak bisa diprediksi oleh SMART. Jadi tetap ada kemungkinan harddisk tiba-tiba rusak meskipun masa T.E.C yang dilaporkan SMART masih lama.

ATTRIBUTE SMART
Dalam memonitor harddisk, SMART membagi hasil monitoringnya menjadi beberapa kategori yang disebut Attribute. Setiap attribute memiliki nilai antara 1 sampai 253, dimana nilai 253 adalah kondisi terbaik sedangkan 1 adalah kondisi terburuk. Nilai attribut ini lah yang menjadi tolak ukur pengukuran prediksi kerusakan. SMART akan membaca perubahan nilai tiap-tiap attribute. Dan kemudian menganalisanya. Hasil analisa itu berbentuk sisa masa pakai harddisk tersebut. Bila masa pakainya sudah dekat maka SMART akan melaporkan kepada pengguna lewat BIOS pada waktu POST tapi ngga semua motherboard sanggup untuk melaporkan hasil analisa SMART, meski harddisknya sudah ber-SMART. Tapi untuk motherboard produksi 3 tahun lalu kemungkinan besar sudah mendukung SMART.
Untuk macam attributnya sendiri, bisa berbeda-beda tergantung produsen harddisknya.

Membaca Attribute SMART
Untuk membaca attribute SMART ga harus lewat BIOS, lewat windows pun bisa. Tapi harus pake software khusus. Software yang bisa mbaca attribut SMARTpun banyak banget, contohnya sisoft sandra lite, Everest, PCwizard atau HDDhealth. Tapi menurut saya dari ke-empat itu yang terbaik buat mbaca attribut SMART itu HDDhealth.

HDDhealth User Interface



HDDhealth memang dibuat khusus untuk memonitor hasil monitornya SMART (lho..jadinya memonitor hasil monitor...wagu yah). Bandingkan sama software lainnya, baik sisoft sandra lite, Everest maupun Pcwizard fungsinya untuk hardware monitoring dan benchmarking. ngga dibuat khusus untuk memonitor SMART, mereka cuman bisa menampilkan attribute SMART.
Tapi HDDhealth ngga sebatas menampilkan attribute SMART, tapi juga melaporkan sama pengguna kalo ada perubahan nilai pada attribute SMART. Misalnya jika attribut A ternyata berubah nilaI dari 245 menjadi 243, maka akan muncul pesan dari HDDhealth yang isinya menjelaskan kalo attribute A berubah nilai.

Pesan Dari HDDhealth, Kadang ngganggu juga

Ga cuman itu, selain SMART, HDDhealth juga menampilkan detail spesifikasi harddisk, mulai dari kapasitas, fitur-fitur yang ada di harddisk, jumlah silinder, merek sampai sampai jumlah sektor termasuk termasuk suhu harddisk.
Yang paling menarik, pada tab health HDDhealth terdapat perkiraan waktu rusaknya harddisk yang didasarkan sama analisis SMART. Di tab yang sama juga ada nilai ketepatan prediksi SMART, yang jelas semakin lama monitoringnya semakin tinggi tingkat ketepatannya.
Istilah-istilah di HDDhealth

Prediction Precision, Ah..Masih Lama

Di bagian tab S.M.A.R.T mungkin ada istilah-istilah yang ga biasa, seperti threshold, worst dan temen-temennya. Oke saya jelaskan satu-satu

Name
Di kolom ini dituliskan nama-nama attribut yang dimonitor oleh SMART.
Value
Kalo yang ini menunjukan nilai yang saat itu dimiliki oleh attribut, seperti yang udah disebutin tadi. Nilainya antara 1 nyampe 253.
Threshold
Nilai yang ada di kolom ini berarti batas terbawah nilai value. Kalo nilai valuenya dah mendekati angka yang ada di threshold berarti harddisk di perkirakan ngga bertahan lama lagi atau harddisk sudah dinyatakan ngga sehat.
Worst
Nilai yang tercantum di worst berarti nilai terbawah yang pernah dicapai oleh angka yang ada di kolom value.

HDDhealth sifatnya freeware, jadi ga usah bayar apa-apa kalau pakai software ini. Untuk downloadnya langsung aja klik di sini
Oke..tunggu apalagi, download program ini untuk memonitor harddisk. Jangan sampai kecolongan jika harddisk tiba-tiba rusak.(AHP, 10 Juli 2008 20:49)



14 komentar:

  1. Saya Ruli, tinggal di Serpong 38 tahun, karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA ternyata sama saja & ada bunyi kletak-kletek atau istilah teknisnya “knocking down”. Saya piker kasus biasa. Ternyata bukan.
    Akhirnya saya coba membawa ke tempat recovery data di Harco Exlektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah, katanya banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya sudah bingung harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media situsnya www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar. Mereka mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data saya dengan harga jauh lebih murah, sementara hamper semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya saya menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

    Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli, Serpong (29-2).

    BalasHapus
  2. Mengambil data Hard Disk Rusak, File Penting Hilang (terhapus /terformat/kena virus), partisi rusak, HardDisk Kebakar, mati, BAD sector, RUSAK, system ERROR, no DETEK, hub. www.alifti.com. Kami bisa mengambil Data – data tersebut. Telp.0274-7401531.

    BalasHapus
  3. Great beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how
    could i subscribe for a blog site? The account helped me
    a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this
    your broadcast offered bright clear idea
    Review my homepage mortgage aid

    BalasHapus
  4. I'm pretty pleased to uncover this page. I need to to thank you for ones time for this particularly wonderful read!! I definitely loved every part of it and I have you saved to fav to see new stuff on your site.

    Also visit my web blog: 800 calorie hcg diet

    BalasHapus
  5. you're in point of fact a just right webmaster. The site loading speed is amazing. It seems that you're doing
    any unique trick. Furthermore, The contents are masterpiece.
    you have performed a excellent job in this subject!

    Also visit my web blog Arabic Books

    BalasHapus
  6. Hello just wanted to give you a quick heads up. The words in your content seem to be running off the screen in Internet explorer.

    I'm not sure if this is a formatting issue or something to do with web browser compatibility but I figured I'd post to let you know.
    The design look great though! Hope you get the issue resolved soon.
    Cheers

    My web-site ... book promotion

    BalasHapus
  7. Quality content is the key to interest the people to visit the web site, that's what this site is providing.

    my web site cfnm fever tube

    BalasHapus
  8. You need to take part in a contest for one of the greatest blogs online.
    I am going to recommend this site!

    My site - los angeles happy ending massage

    BalasHapus
  9. It's not my first time to pay a quick visit this website, i am browsing this web site dailly and get fastidious data from here everyday.

    Feel free to surf to my web page ... http://xxx-fuck.net

    BalasHapus
  10. Hello it's me, I am also visiting this web page regularly, this web site is truly good and the visitors are really sharing good thoughts.

    Feel free to surf to my web site http://www.sexyhotgirlz.com

    BalasHapus
  11. "Selain karena daya tahan Harddisik yang membaik...dst". Ah, ga juga mas. Umur harddisk sekarang kebanyakan 1 atau 2 tahun udah pada jebol. Salah satunya karena panas dari rpm-nya yang cepat. Garansinya aja rata-rata cuma berani 1 tahun. Tapi lebih cenderung kepada material yang digunakan sih.
    Buktinya harddisk saya yang merk Quantum 170MB, jaman windows 3.1 dan komputer masih 486DX. Beli dari tahun 1995, baru jebol tahun 2001. Itu juga akibat saya Double Space sampe jadi 1 GB. :D

    BalasHapus
  12. Data recovery speciallist

    No fix no fee

    Pin:2b1f2abf

    Email: hari@datamagic.id

    BalasHapus

Kirim Komentar