Sabtu, 26 Desember 2009

Google Chrome Bug

Tidak ada angin, tidak ada hujan tiba-tiba Google Chrome yang diinstal di komputer saya menunjukan keanehan. Kejadian ini sebenarnya sudah beberapa minggu yang lalu terjadi, saya sempatkan untuk mengambil screenshootnya. Silahkan perhatikan screenshoot task manager berikut: (terlalu kecil? Klik pada gambar!)


Ada yang janggal disitu? Perhatikan baris proses paling bawah, yang di highlight. Tertulis proses bernama chrome.exe, yang artinya itu proses Google Chrome. Yang aneh disitu adalah jumlah memory usage sebesar 300 MB, peak atau konsumsi memory tertinggi hampir 600 MB dan VM Size mencapai 1,3 GB. Diantara proses-proses lainnya proses Chrome yang paling memakan resource. Padahal dia hanya sedang membuka beberapa tab berisi halaman web biasa.
Ada apa gerangan?
Begini ceritanya…
Kejadiannya terjadi begitu cepat, saat itu saya sedang berkomputeran seperti biasa (dengan posisi senyaman mungkin, kaki berada di dekat monitor dan sambil mendengarkan lagu iwan fals) membuka-buka website yang sudah saya simpan di harddisk, saat itu masih normal. Ditengah-tengah itulah saya tiba-tiba terkena serangan ingin kebelakang. Selama sekitar 15 menit saya tinggalkan komputer, nah saat kembali dan menggerak-gerakan mouse ada sesuatu yang aneh, kok responnya lambat banget. Saya lihat lampu indikator harddisk, berkedip cepat dan menyala terang, artinya ini lambat karena harddisk sedang bekerja keras.
Lantas yang berpikiran tersangkanya adalah antivirus yang melakukan scanning diam-diam atau tune up utilitis yang sedang bekerja. Saya buka task manager, yang saya heran CPU usage hanya 0 persen, scanning virus atau tune up harusnya lumayan menyita kerja prosesor, minimal 10 atau 20% lah.
Nah, mata saya justu beralih ke satu proses yang tidak biasa, saya lihat chrome.exe konsumsi memorynya mencapai hampir 600 MB! Wah, ternyata saya sudah menemukan tersangkanya, tapi kenapa Chrome??
Sekitar beberapa detik kemudian, konsumsi memory turun drastis menjadi hanya puluhan MB, komputer pun berfungsi normal kembali. Saya masih penasaran dengan itu, lalu mencoba memperhatikan proses chrome di task manager, membiarkan komputer nganggur dan menunggu. Nah keanehan muncul lagi, perlahan-lahan memory usage di proses chrome meningkat, mencapai 100 mb, 120, 130, 200, 300, nah pada titik itu saya mengcapture jendela taskmanagernya dengan susah payah. Karena memory saya yang satu giga itu penuh, sehingga kerja komputer sangat lambat, gambar diatas adalah hasilnya.
Setelah di capture, konsumsi memory turun kembali menjadi normal, jendela chrome saya close semua, dan dijalankan lagi. Setelah itu, tak ada masalah sama sekali.
Saya sendiri tidak tahu penyebabnya, hingga saat ini kejadian itu tidak pernah terjadi lagi. Versi Chrome yang saya gunakan adalah versi 4.0. Ada yang pernah mengalaminya? (AHP 26 Desember 2009 21:10)

4 komentar:

  1. link blogku dihapus aja, nan.aku dah lama berhenti ngeblog. mungkin lain waktu

    BalasHapus
  2. Ah...ngga segitunya mas.....yang penting blognya masih aktif kan?

    BalasHapus
  3. chrome ku juga aneh,nan.. sekarang malah jadi ga bisa dibuka lagi.. ga tau kenapa ya..

    BalasHapus
  4. @Fariz: wah-wah, solusi ampuh itu instal ulang, kalo ngga instal lagi chromenya. aku Belum pernah ngalamin tuh....

    BalasHapus

Kirim Komentar