Sabtu, 08 Mei 2010

ASUMA 1.5 +Fitur-fitur baru

Setelah mempublikasikan software kecil buatan saya, Asuma 1.2. Akhirnya, setelah ada niat meneruskan mengembangkan asuma kembali, Asuma 1.5 dapat diluncurkan.
Asuma 1.5 ini memiliki cukup banyak perbedaan di banding versi terakhir, terutama tentang perbaikan interface dan penambahan fitur. Mulai dari user interface, Asuma 1.5 sudah di lengkapi dengan splash screen, tidak ada fungsi apa-apa sih, hanya terlihat lebih keren, lainnya hanya berkutat soal penyesuaian pilihan menu dengan penambahan fitur. 
Soal penambahan fitur baru, ada beberapa kemampuan Asuma yang di tambahkan.
  • Menghitung Faktorial
  • Permutasi dan Kombinasi
  • CDF Fungsi Distribusi Poisson
Oke, mungkin yang terakhir agak asing bagi beberapa orang. Distribusi Poisson adalah salah satu materi di mata kuliah Teori Probabilitas di kampus saya. Sebenarnya tidak hanya Poisson, masih banyak fungsi di distribusi lain yang bisa di masukan ke sini, tapi karena keterbatasan waku, masih belum di tambahkan. Hanya 3 itu? Ya..

Itu saja saya bikin dalam jangka hampir seminggu, karena memang bikinnya tidak full time. Niat mengembangkan Asuma kembali ini bermula waktu memasuki materi Distribusi Poisson, iseng-iseng saya bikin kode pendek untuk menghitungnya, ternyata berhasil. Lalu, kemudian saya coba tambahkan ke Asuma, dan di tambah dengan Faktorial dan kombinatorika. 
Salah satu yang membuat lama adalah debugingnya, menulis kodenya mungkin hanya 2 hari part time, tapi sisanya untuk memperbaiki error di sana-sini. Mulai dari perhitungan yang tidak sesuai hingga kesalahan syntax. Terutama karena saya baru pertama kalinya menggunakan unit, jadi kadang masih banyak kesalahan di sana-sini. tapi kode program menjadi lebih terstruktur.
Selain fitur baru, ada juga perbaikan yang di lakukan di Asuma, terutama berkaitan dengan error handling untuk input. Pada Asuma versi lalu, apabila kita memasukan selain angka untuk di proses, program akan error dan keluar akibat tipe datanya tidak sesuai, namun di versi baru ini, apabila kita memasukan huruf, maka akan di tampilkan pesan "format input salah". Selain itu, di tiap menu dan modul Asuma, kita bisa kembali ke menu sebelumnya hanya dengan mengetik "exit".
Yang saya perlu bahas mungkin hanya untuk fungsi Permutasi dan Kombinasi, disana untuk menghitung permutasi dapat dengan mengetikan P(XX,XX), dimana XX adalah angka yang akan di hitung. Untuk kombinasi dapat dengan C(XX,XX). Apabila format salah, maka akan ditampilkan pesan peringatan. 
Asuma dapat mengenali format input itu dan dapat memutuskan apakah akan menghitung permutasi atau kombinasi sekaligus mengenali angka mana saja yang harus di hitungnya. Jadi input angka yang akan di hitung lebih mudah kan?  
Seperti Asuma 1.2, Asuma 1.5 ini mungkin memang tidak begitu banyak berguna apabila di bandingkan dengan software lain, tapi masa bodoh apa kata orang. Yang penting kepuasan saya sendiri setelah melakukan sesuatu. 
Ok, mungkin sekian saja post singkat kali ini, 
Oya, bagi yang ingin mendownload atau malah ikut berkontribusi untuk asuma, projectnya bisa di lihat di Sourceforge.com, di sana sudah ada executable file dan source codenya.


Dan berikur ini screenshotnya.






(AHP, 08 Mei 2010, 22.40)


17 komentar:

  1. siip... la, nan.
    whehehe.... wis ngasi ngono y..
    kapan2 wei nyong ilmu ne la ya:D

    BalasHapus
  2. @iqro: nek materi kuliah sih wis.....lha koe nang ilkom durung apa?

    BalasHapus
  3. wis si...
    mung rung tau kpikiran nggawe kaya kuwe

    BalasHapus
  4. Salam kenal
    Tipsnya menarik, makasih sudah share informasinya.
    Btw, hari ini saya mendapat award backlink, dan di award tersebut mewajibkan si penerima award untuk menyebarkan award ke sobat blogger lainnya guna menjalin persahabatan sekaligus meningkatkan backlink melalui saling bertukar link.. Saya berharap sobat bisa menerima award tersebut. Jika sobat berkenan silahkan dilihat di blog saya
    http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com/2010/07/award-backlink-blog.html
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. tipsnya oke..... btw bis tukaran link nggak?

    BalasHapus
  6. halo! salam kenal 0_0
    blogmu lumayan bagus n_n

    semoga sukses selalu....

    BalasHapus
  7. http://typo3.org/fileadmin/dl/videos/videos_en/basics/basics_concepts.swf
    http://typo3.org/fileadmin/dl/videos/videos_en/intro/introduction.swf

    BalasHapus
  8. keren nih kaka ., kuliah yang menghasilkan itu ya seperti ini .. hasilnya di share .. jadi tau .. dan ternyata yg aku buat masih jauh dari yg ini .. semangat .. kapan2 aku perbaiki ahh ..

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. mantap gan.. udah bisa bikin software..! Pengen juga sih mp bikin.

    BalasHapus
  11. Informasi yang sangat bermanfaat dan sangat menarik sekali.

    BalasHapus
  12. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    BalasHapus
  13. Nice post, things explained in details. Thank You.

    BalasHapus

Kirim Komentar