Senin, 21 April 2008

Konsep Satuan Digital Bagian 1

Kalo postingan kemaren saya menulis tentang pembajakan (serem? Emang). Sekarang sedikit ngga nyambung yaitu tentang satuan didunia digital. Banyak orang yang salah kaprah tentang perbedaan istilah Kb, Mb, Gb, kB, MB dan GB. Sepintas sama yah? Padahal ga! Suer bedanya jauh banget. Bingung? Baca terus.
Biar ga bingung, penjelasan disini di sampaikan secara bertahap, satu demi satu. Mulai dari :

1 KB=1000Byte?
Dengan ketegasan yang amat sangat (parah) saya menjawab TIDAK!. Tegas kan? Kayaknya emang tegas tu diperluin banget soalnya di alam (eh) sana masih banyak orang beranggapan kalo 1KB=1000Byte. Jawaban yang benar adalah 1KB=1024Byte. Kayaknya kok ngga indah dilihat banget yah? Kan lebih gampang ngucapin ‘seribu byte’ daripada ‘seribu dua puluh empat byte’. Apa ga lebih baik di genepin aja jadi 1000 (alih-alih 1024)? tapi ga bisa asal nggenepin donk! Satuan byte disini adalah sebuah satuan digital yang sumbernya adalah bilangan biner ( itu loh bilangan yang isinya cuman 0 sama 1 aja). Bila byte adalah satuan digital maka aturan kelipatannya juga mengikuti aturan bilangan biner. Untuk lebih jelasnya kalo aturan pemangkatan biner adalah 2^n (Dalam bahasa manusia: kelipatan dua) tapi kalo bilangan desimal adalah 10^n. Nah disitu letak pokok perbedaannya. Pengin jelasnya lagi, kalo Giga dalam desimal adalah 10^9 (setara dengan 1.000.000.000) sedangkan dalam konsep biner adalah 2^30 (setara dengan 1.073.741.824 ,Suer, ngitung ini saya ga pake pulpen, kertas, konsentrasi dan kesabaran tinggi, pakenya kalkulator!!).
Jadi 1 MB=1.048.576Byte, 1 GB=1.073.741.824 Byte (Gampangnya 1024^3), 1 TB= 1.099.511.627.776 Byte, 1 PB=1.125.899.906.842.624 Byte (PB=PetaByte), trus 1 EB=1.152.921.504.606.846.976 Byte (EB=ExaByte). ‘ealah jan, macane kepriwe!?’ . Cukup? Sebenarnya masih ada lagi yaitu Zettabyte dan YottaByte. Takutnya ada orang yang sakit ayan, trus mbaca angka ini, ayannya kumat. Trus kecemplung kolam sampe mati dengan mulut berbusa. Ga lucu kan kalo sampai ada headline Koran berjudul ‘Orang Berpenyakit Ayan Terbunuh karena membaca Blog, Sang Pembuat Blog Tersebut Sudah Ditangkap Tanpa Perlawanan!’ ngga banget kan? (Peace Buat Ayaners(baca: orang dengan sakit ayan) . Lha mutere adoh temen?
Kembali ke Materi, meskipun udah ada aturan yang jelas itu, orang suka gampangnya saja, mereka suka menggenapkan angka tersebut! Yang 1024 digenepin jadi 1000 dan itu sangat bisa dimengerti, kalo ngga gitu bakalan sulit konversi MB ke KB ato sebaliknya. (dan Tampaknya ngga ada fatwa yang mengharamkannya). Supaya gampang, dalam artikel ini dan seterusnya saya menggenapkan semuanya jadi 1000 bukan 1024. Sepakat? YA?. terimakasih
Perlu di ingat : 1KB<>1000Byte (<> Baca : tidak sama dengan).

56x=..?..KB
Wah satuan apalagi neh, bukannya satuan digital cuman byte? Yang jelas satuan x adalah berasal dari ulah yang ga tahu iseng pa pake rumus di buat oleh produsen cd/dvd. Entah apa tujuannya, saya ga tahu. Ada dua satuan x disini. Yang pertama x yang berlaku untuk cd dan yang kedua adalah yang berlaku untuk dvd. Langsung to the point aja 1x Pada dvd= 1,32 MB. Jadi kalo ada Drive dvd kecepatan membacanya 16x maka kecepatan membacanya adalah 16*1.320 =21.120 KB/s, Kalo x untuk cd beda lagi yaitu 1x=150KB/s, Nah Kalo 56x berarti 56*150=8400 KB/s. Yang saya masih bingung (banget), kenapa ga di samain satuan x pada cd dan dvd. Tapi yang jelas pasti ada alasan logis kenapa harus beda, lah itu yang kita ga tau. Dan secara pribadi saya berharap alasanya bukan karena pengin. Sungguh sangat berharap
Yang perlu diketahui : 1x pada dvd setara 9x cd.
Yang Perlu diingat: 1x(dvd)=1320KB/s, 1x(cd)=150KB/s.

Bersambung.....
Artikel selanjutnya saya akan membahas tentang konsep bit dan byte, bedanya apa? Baca terus

1 komentar:

  1. sory bro, ente juga udah "SALAH KAPRAH" pede lagi...

    ane ralat, itu kilo nulisnya bukan K tp k...jadi kilobyte itu kB bukan KB....kalo KB = Keluarga Berencana wkwkwkwakakak...

    Pis bro, no offense....banyak baca lagi ya bro...

    BalasHapus

Kirim Komentar