Senin, 21 April 2008

Konsep Satuan Digital bagian 2

Nglanjutin artikel saya yang pertama. sekarang saya akan mbahas tentang bedanya Kbps dengan KB/s. bingung? terus baca baca terus
Kbps Vs KB/s
Pernah baca kecepatan modem di box-nya? Banyakan modem ADSL kecepatannnya sampe 384 Kbps. Artinya apa? Orang awam menjawab: “Modem itu mempunyai kecepatan transfer data 384 Kilobyte per detik”. Benarkah? Sayang.. jawabannya SALAH. Lho kok sal;ah? Terus Baca!!
Ada teman saya yang donkol gara-gara merasa ditipu. Sengaja namanya tidak disebut, demi nama baiknya, kelangsungan hidupnya, dan kalangsungan hidup keturunannya (lho?). NB: Diceritakan sesuai bahasa aslinya (Banyumasan versi medok lan ndesani) terjemahan disampingnya.
Dia berkata “Eh nan, inyong tes ketipu koh.”(baca: aku habis ditipu)
“ketipu apa?”(ditipu apa)
“kieh, wingi kan inyong ndaftar nang ISP, ben umahku ana internete . Janjine bantere nganti 384 Kbps, tapine bareng tek priksa bantere donlote mung palingan 20KB/s tok. Jan inyong gela koh”(kemarin aku daftar di ISP, supaya rumahku ada internetnya. Janjinya kecepataanya sampai 384 Kbps. Tapi kuperiksa kecepatan donloadnya cuman 20KB/s. aku kecewa).
Saya : “gubrakkk…prang…bug..pakk…dorrr” Baca: jatuh ke gelas minuman punya guru yang lagi dibawa ma pesuruh sekolah, trus terguling-guling ke jalan raya nyampe nabrak sepeda penjual balon trus balonnya meletus semua (tapi boong). Yang jelas saya ketawa ngakak.
Saya yakin dengan amat sangat (pede-ne) banyak orang masih seperti teman saya,, ga mudenk konsep Kb dan KB (meski pasti udah banyak juga yang udah mudenk). Nah kalo belum mudenk ga usah berkecil hati, masih normal kok. Kalo pengin mudenk baca terus aja.
Kalo dah Mudenk ga usah terusin bacanya.
Yang perlu diperhatikan adalah huruf b di Kbps dan B di KB/s. b adalah akronim dari bit, sedangkan B adalah akronim Byte. Nah disitu bedanya. Kbps dibacanya kilobit per detik, kalo KBps berarti Kilobyte perdetik. Satu byte setara dengan 8 bit. Pada kasus teman saya diatas kecepatan maksimal 384 Kbps, artinya 384 kilobit per detik. Bukan 384 kilobyte per detik. Bagaimana konversinya? Tinggal dibagi 8 saja. contohnya 384 Kbps berarti 384/8=48KB/s. --perlu di ingat 48 KBps adalah kecepatan maksimalnya, jarang kecepatannya mencapai angka tersebut. Rata-rata sekitar setengahnya-- Oh..ya. satuannya ga cuman KB ma Kb, bisa juga MB dan Mb, GB dan Gb dll. Mau contohnya? Misalnya ada kartu jaringan berkecepatan 100 Mbps. Maka kecepatan dalam MB adalah 100/8=12,5 MB/s. ato ada RAM berkecepatan 3 Gb/s MAka kecepatan dalam GB adalah 3/8=0,375 GB/s ato 375 MB/s.
Biasanya Satuan Kbps di pake di perangkat keras, macam modem, RAM, kecepatan LAN dan kadang kecepatan transfer data Harddisk. Sekarang ada pertanyaan yang mengganjal. Kenapa perangkat keras pakenya Kbps bukan KBps? Saya sendiri juga ngga tau. Mungkin ada pembaca yang tau?
Dah jelas kan bedanya, nah sekarang saya punya soal nih. Berapa ukuran file Mp3 yang mempunyai bitrate 192 Kbps dengan durasi 3 menit 30 detik? Bisa? Buat yang ga bisa liat paragraf bawah.
Pertama kita konversi dulu Kb ke KB. 192/8=24 KB/s.Udah? baru sekarang konversi menit menjadi detik yaitu : 3*60+30=210 detik. Langkah terakhir: Kalikan!! 24 KB/s*210 detik=5040 KB utawa (baca: ato) 5,040 MB. Selesai, gampang? Ya? Makasih.
Perlu Diingat :1 Byte=8 Bit

Nah Akhirnya yang sudah ditunggu-tunggu (paragraf akhir sebuah artikel) telah tiba. Udah mudenk kan ma konsep dasar (sekali) satuan digital. Klo belum silahkan baca lagi hehe…. Akhir kata: mohon Maaf kalo ada kesalahan (karena saya seorang anak manusia bukan tumbuhan) kalo ngga ada ya syukur. Dan semoga artikel ini bisa berguna dan bisa menjadi jalan buat pembaca untuk menyaingi Bill Gates. Amin!!!!!, kalo udah nyaingi jangan lupa hibahnya. (~AHP~, 20 April 2008 NB: Saya Nulis sambil dengerin lagu Iwan Fals (hidup Orang Indonesia!!!) sambil sesekali joget-joget kaya kuda kesurupan roh-nya ayam hiperaktif )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar