Rabu, 18 Juni 2008

Nambahin Background di Flashdisk

Uoh..akhirnya posting juga...sori yah buat pembaca, saya agak telat postingnya. Marah yah..iya kan bener kan bener donk (halah..korban TV), ngga dink, bercanda. Awalnya, saya kira habis ulsem(Ulangan Semester—red) bakalan bisa santai ngenet dan nulis artikel. Ow...ternyata yang harusnya nikmatin hari-hari santai, malah harus bolak-balik ke sekolah ngurusin penerbitan buletin buat anak-anak kelas X yang baru. Dan waktu saya sedang nulis artikel ini, proposalnya baru kelar. Selain proposal, ngurusin artikel yang mau dimuat di buletin juga ngga kalah bikin pusing. Belum lay-outnya, dana, dan tetek bengeknya yang jelas bisa bikin bulu ketek rontok (ekstrim!). Tapi saya tetap nyempatin waktu buat bikin artikel ini just for KOMPUTOK readers.
Lho..kok malah jadi curhat yah. Ah..langsung aja ke topik utama.
Sebenernya banyak banget cara buat bikin Background di jendela windows explorer. Ada temen saya yang pake Background Maker. Semacam program yang bisa bikin background di jendela windows exlorer, ukuran filenya kecil, ngga nyampe 1 MB, ber-icon mirip gambar globe, lengkap dengan peta-petanya dan bersifat portable alias tanpa instal. Tapi terus terang saya belum pernah pake itu program, jadi belum tau cara pakenya.
Oke, lupakan Background Maker, sekarang kita buat background tersebut dengan hanya aplikasi notepad. Yups, program ini hampir selalu ada di setiap komputer windows. Caranya gimana? Baca terus donk!
Pertama tentu saja siapkan file gambarnya dulu, file formatnya bisa saja jpg atau png, untuk gif terus terang saya belum pernah nyoba. Kalo sudah disiapin, perhatikan resolusi gambarnya dulu. Soalnya kalo resolusinya kekecilan, bakal jadi kayak gini:

Jelek kan, Makanya resolusi gambarnya harus di sesuaikan sama jendela windows explorer. Berapa ukuran jendela windows explorernya? Kalo resolusi layarnya 1024x768, kira-kira ukuran jendela windows explorer yang ada taskpane-nya (itu lho, kumpulan perintah yang ada di sebelah kiri windows explorer) sekitar 830X623. Jadi gambarnya paling ngga berukuran segitu. Untuk ngrubah resolusi gambarnya bisa pake photoshop, Irfan View atau program editor yang lainnya. Kalo udah, copy ke root drive flashdisk. (Root: maksudnya bagian atas sendiri dari drive flashdisk atau bagian drive sebelum memasuki folder-folder)
kemudian buka Notepadnya, caranya? Wuih..ada banyak. Salah satunya : klik start, klik Run kemudian ketik “notepad” trus tekan enter.
Nah..setelah terbuka, sebagai langkah awal copy paste kode dibawah ini di notepad.

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=kembang.jpg
IconArea_Text=0x00FFFF


Udah..sekarang penjelasannya yah

Baris Pertama
Ini ga jelas kode apaan, yang jelas tanpa kode ini, script ga bakal berfungsi. Jadi jangan di ubah-ubah

Baris Kedua
Kode ini menunjukan lokasi gambar yang di pake script “kembang.jpg” merupakan nama file gambar yang akan di jadiin latar. Jadi bisa di ganti sesuai dengan nama file gambar yang sudah disiapkan.

Baris Ketiga
Kalo yang ini warna huruf yang ada di jendela itu dalam kode heksa, 0x00FFFF berarti warna kuning. Kalo pingin pake warna lainnya, tinggal di ganti aja kode heksanya.

Kalo udah dimodifikasi, save di root drive flashdisk. Beri nama “desktop.ini”. Jangan lupa pada kolom ‘save as type’ dari text document di ganti menjadi all files. Refresh, dan jreng..muncul lah sudah backgroundnya. ini contohnya :


Tapi sayangnya kode itu hanya berlaku pada root drive. Kalo di letakinnya di dalam folder, jadinya ga ngefek. Tapi tenang saja, kalo pingin didalam folder flashdisk ada backgroundnya, pakenya kode yang dibawah ini:

[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=chikenisme.jpg
IconArea_Text=0x00FFFF



dan untuk cara penggunaannya, sama persis dengan kode yang diatas. Untuk file gambarnya sebaiknya diletakin di folder yang sama dengan file desktop.ini-nya.

Berhubung masih banyak kerjaan (tepatnya :ngantuk) udah dulu ya tutornya, makasih udah mbaca. Semoga berguna, bye..(AHP 18 Juni 2008 19:44)

16 komentar:

  1. mas, kalo yang background WinExplorer itu bisa di center/di-stretch kayak di desktop juga ga?

    BalasHapus
  2. Buat Fizi. kalo misalnya cuman pake script yang itu, ga bisa di center atau di-stretch. cuman bisa dalam bentuk tile. jadi satu-satunya cara biar kelihatan bagus adalah nyesuain resolusi jendela winExp. atau mungkin ada pembaca yang tau bagaimana biar backgroundnya bisa di-center (tanpa software tambahan tentunya)

    BalasHapus
  3. Kalo pengen gampang pake backgroundmaker aja. Tapi kayaknya cara itu gak bisa di Vista. Yuk.

    BalasHapus
  4. Buat Muji. Gampang emang, tapi kalo ga punya jadi sulit(nyari dulu). nah saya nawarin alternatif yang cukup dengan copy-paste

    BalasHapus
  5. download aja backgrounmaker di http://www.ziddu.com/download/2504472/IESHWIZ.EXE.html

    BalasHapus
  6. kok gak mau di flashdisk sih?
    bantuin dong.........

    BalasHapus
  7. klo pengen tau kode -kode heksa buat warna hurufnya dmna ya. .

    BalasHapus
  8. @anonim: Bisa di photoshop kok

    BalasHapus
  9. gw dah coba,, tpi kok gak berhasil yah!!!
    apa yah yang salah,, kira2???

    BalasHapus
  10. @anonim: Coba lagi intruksinya satu-satu, script itu sudah saya berkali-kali, dan selalu berhasil.

    BalasHapus
  11. wahh... adx jago y masalah komputer. btw maaf y tadi mas salah panggil. ternyata adx satu tahun lebih muda dari mas. besok mau nerusin dimana??? kalo mas banyak belajar dari adx boleh G??
    blog mas di:
    barifbrave.wordpress.com

    BalasHapus
  12. mas gga ngerti eehehhee

    BalasHapus
  13. aku koq ga bverrhasil ya kak

    BalasHapus
  14. does anyone know how to make the background image fixed? i mean.. when we scroll down, the image will stay just there..

    visit my blog for advance blogger..

    http://adf.ly/25881/sayafern -- simply skip ads

    BalasHapus
  15. mantap nih..thanks ya...infonya..:)

    BalasHapus
  16. sy mw copy isi nya d blog akku boleh yah,,,,

    BalasHapus

Kirim Komentar