Senin, 09 Juni 2008

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Suatu saat ada teman saya yang bermaksud untuk meminjam CD installer office 2007 dan kebetulan saya punya.
Dia bilang “Nan, kowe duwe mbok office 2007?” (Nan, kamu punya kan office 2007?)
Saya jawab “duwe, rep ngapa?”. (Punya, Ada apa?)
“kieh aku pengin njajal lho nganggo kuwe jerene apik ya?ngesuk gawa ya!” (gini, aku mau coba itu, katanya bagus ya? Besok bawa ya!)
Kemudian saya interogasi dia, “RAMmu pira?” (RAMmu berapa?) Dia jawab “mbuh” (ngga ngerti) Saya tanya lagi “Versi Windows-mu?” dengan polosnya dia menjawab “MBUH”. Saya pun jatuh kelantai bersuara GUBRAK!! (ngga lah!).
Setelah bangun dengan susah payah karena kepala benjol kena lantai (yang ini bohong!) saya jelaskan padanya kalo Paket Office 2007 paling tidak membutuhkan RAM minimal 256 MB, Processor 1 Ghz, dan OS-nya Windows XP SP2 kalo kurang dari itu dijamin komputernya bakal pingsan dulu sebelum sempat di instal. Dalam kata lain installer tidak akan nerusin instalasi kalo spesifikasi komputer kurang dari itu.
Ilustrasi diatas menggambarkan kalo masih ada pengguna komputer (yang bisa saja sudah bertahun-tahun menemaninya bekerja) yang masih belum mengenal komputernya sendiri.
Tanya nih...pembaca udah pada kenalan sama komputer punyanya sendiri belum? Kalo belum, terus baca!

Kenalan sama komputer? Maksudnya apa?
Maksudnya itu mengetahui seluk beluk spesifikasi komputer, misalnya processornya mereknya apa, tipe yang mana, clock-nya berapa. Kalau bisa malah lebih detail lagi seperti merek motherboard, tipe socket processor, atau malah merek chipset. Gunanya kita mengenal komputer itu banyak sekali, coba sih ketika mau upgrade GPU (Graphic Processing Unit :nama resmi, nama pasar: VGA Card) trus datang ke toko, pasti di tanya mau socket yang AGP atau PCI-e. kalo belum tahu tipe slot-nya mau jawab apaan coba?
Atau ketika mau nginstal software seperti contoh teman saya di atas. Tiap software (apalagi game) pasti ada spesifikasi minimum untuk hardware. Kalo hardwarenya kurang dari spesifikasinya, ya bisa “tewas” tu komputer. Jadi, mengenal komputer selain meningkatkan rasa sayang kita pada komputer juga bisa untuk menyelamatkan nyawa komputer.

Mari Berkenalan!!
Yang paling penting untuk di ketahui itu pertama Processor. Termasuk clock, merek, tipe dan jenis socket. Kemudian tentu saja RAM, Chipset, Motherboard (termasuk slot-slotnya), GPU, Harddisk, Drive, dan yang terakhir tipe user interface yang ada di komputer. Sekarang cara mengetahuinya gimana? Baca terus!

System Properties

Yang paling gampang emang melalui ini. Cara ngaksesnya klik kanan icon My Computer di desktop atau windows explorer trus Pilih properties. Dijendela ini ditampilkan versi OS, Clock, merek dan tipe processor dan di tambah jumlah total RAM yang terpasang. Dikit emang, tapi sudah lumayan.

DirectX diagnostic Tool

Kalau yang ini jauh lebih lengkap dari pada system properties. Jendela DirectX diagnostic Tool terdiri dari 8 tab apa saja itu?bisa dilihat sendiri-lah di gambar. Di tab pertama di tampilkan diantaranya Jumlah RAM, besarnya pagefile, tipe processor dan masih banyak lainnya, bisa dilihat sendiri lah :-). Kemudian tab kedua abaikan saja, masuk ke tab ketiga. Di tab ini di tampilkan tentang GPU yang meliputi versi, merek, dan kapasitas memory GPU. Ditampilkan juga nama file drivernya, lengkap dengan detailnya. Yang paling menarik di tab ini adalah fasilitas untuk mengetes kemampuan GPU, untuk menjalankanya klik saja tombol ‘Test DirectDraw’.
Tab selanjutnya, yaitu tentang soundcard. Seperti pada tab display, tab sound juga berisi tentang jenis device dan detailnya, nama file driver lengkap dengan detailnya. Yang terakhir tentu saja untuk melakukan testing suara, ya..caranya hampir sama dengan testing di tab display.
Untuk Tab lainnya abaikan saja! bukan apa-apa, ngga begitu nyambung!

Sebenarnya tool (yang biasanya udah ada di setiap komputer windows) itu masih belum bisa menerangkan secara detail keseluruhan komputer, untuk lebih detailnya saya nyaranin untuk pake software dari pihak ketiga seperti CPU-Z, sisoft sandra, Everest, SIW atau PC Wizard.

Mereka menampilkan informasi komputer jauh lebih lengkap dari pada dxdiag atau system properties. Untuk CPU-Z bisa download di sini. Kemudian untuk PCwizard disiniUntuk yang lainnya silahkan googling saja, karena saya sendiri juga ga tahu alamat downloadnya dimana(hiks..maafkan).

Mungkin buat banyakan orang membaca tulisan tentang detail isi komputer dari program-program seperti diatas sangat membosankan. Tapi buat saya, belajar tentang komponen seperti apa saja yang bekerja bahu-membahu untuk menciptakan kumpulan angka menjadi sesuatu yang bisa di pahami oleh manusia adalah sesuatu yang menarik sekali. Apakah peranan tiap komponen? Seperti apa bentuk komponen itu? Bagaimana komponen itu bekerja? Sejauh mana komponen itu bisa bekerja?. Jadi tunggu apa lagi, kenalan sekarang juga (atau malah udah, itu bagus!). (AHP, 08 Juni 2008, 20:30, Mohon maaf kalo buat sebagian orang artikel terlalu dangkal)

9 komentar:

  1. Postingannya bagus. jujur, waktu smu dulu aku masih lom tahu sama komputer. tahunya cuma ama mesin ketik doang.he,he,he..

    eh iya mengenai /s /d itu ada bedanya kok.
    contoh praktek:
    buka cmd arahkan ke d: (tekan enter)
    udah itu coba ketik
    attrib +s +h /s /d (tekan enter)
    sudah itu coba lihat di windows explorer. maka seluruh file d akan hilang. kalo dinormalkan tinggal attrib -s -h /s /d

    beda sama attrib +s +h (tanpa /s /d) hasilnya tidak ada pengaruh apa2 di windows explorer. kalo gak percaya coba aja prakter seperti cara diatas.

    Udah yach.. thank's sharingnya...

    salam

    BalasHapus
  2. dulu kalo mo belajar instal komputer cuma liatin aja cara orang servis komputer :D tinggal next2 aja

    BalasHapus
  3. wew.. itu sistem properties nya rame amat yah :D

    BalasHapus

Kirim Komentar