Sabtu, 29 November 2008

Memanfaatkan Parameter Berguna Di PCMAV

Siapa coba yang tidak tahu PCMAV, Antivirus lokal ini telah meramaikan dunia Antivirus selama beberapa tahun ini. Dari pengamatan saya yang telah mengikuti perkembangan PCMAV sejak RC8, Antivirus ini terus mengalami perkembangan yang pesat. Masih ingat, ketika pertama kali pakai PCMAV, yang pertama kali saya rasakan adalah 1 kata : LELET. Proses scanning bisa memakan waktu yang lama sekali. Pada waktu itu, PCMAV masih belum begitu dikenal. Tapi perkembangan menunjukan, sekarang antivirus ini sudah layak bersaing, bahkan menuju kemuliaan sebuah antivirus. Posisi tertinggi, yang membuat pembuatnya menuju kemuliaan hidup.

(penyakit overnya kambuh lagi nih, 13 kata terakhir tidak usah dianggap serius)

Salah satu perkembangan yang lumaya membantu adalah dipublikasikannya parameter eksekusi (saya tidak tahu nama teknisnya). Intinya itu semacam perintah/settingan ketika program dieksekusi. Untuk yang sudah kenal dengan dunia kegelapan DOS, mungkin sudah terbiasa dengan parameter ini. Beberapa Parameter itu adalah
/REGSHELL => Untuk menampilkan pilihan "Scan with PCMAV" pada saat klik kanan file yang akan di-scan.
/UNREGSHELL => Untuk menghapus pilihan "Scan with PCMAV".
/FORCE => Mengizinkan PCMAV untuk memaksa membersihkan file yang terinfeksi.
/REGCLEAN => Mencoba mengembalikan "Tools Folder Options" registry dan setting "Folder Options" ke kondisi default.
/NOMEM => Tidak perlu scan memory.
/NOSTARTUP => Tidak perlu melakukan scan pada saat startup PCMAV.
/NOUPDATE => Tidak perlu melakukan cek update.


Itu adalah settingan tersembunyi untuk Cleaner PCMAV, tapi tidak untuk RTPnya. Dalam tubuh PCMAV memang tidak ditemukan jendela option yang berguna untuk merubah settingan PCMAV. Yang ada hanya settingan scanning, tapi bukan settingan program. Dengan parameter ini, PCMAV akan lebih mudah di kustomisasi (meski mungkin masih terbatas).

Dengan parameter NOSTARTUP, NOUPDATE, dan NOMEM, pengguna bisa mempercepat loading PCMAV, karena dengan ini beberapa proses pembuat lama pada saat splash screen tampil tidak dilakukan. Toh proses tersebut tidak selalu diperlukan, apalagi scan memory yang cukup memakan waktu. Scan ini tidak usah dilakukan lagi karena PCMAV-RTP biasanya sudah melakukannya ketika startup.

Regshell akan membuat kita bisa melakukan scan dengan PCMAV hanya dengan mengklik kanan file dan memilih opsi ’Scan with PCMAV’. Parameter ini cukup dilakukan sekali saja, karena sifatnya permanen. Karena itulah dibuat parameter Unregshell, yang fungsinya menghilangkan opsi ’scan with PCMAV’. Regclean bisa berguna untuk mengembalikan beberapa settingan registry, saya kurang tahu persis settingan apa saja yang bisa dikembalikan disini. FORCE berguna agar PCMAV punya hak untuk memaksa file virus diperbaiki olehnya.
Cara Menggunakannya
Nah..ini yang menjadi pertanyaan paling penting diabad ini. Bagaimana cara memakainya? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perintah DOS. Jalankan command prompt dengan klik Start-> Run ->ketik cmd. Nah dijendela command prompt, tinggal cari file exe-nya PCMAV dan kemudian tambahkan parameter tersebut dibelakang nama file exenya. Metode ini mungkin sedikit membingungkan untuk anda yang baru mengenal DOS, karena memang saya tidak membahasnya secara detail.
Kita gunakan saja cara yang lebih praktis, lebih elegan daripada harus berpusing-pusing di kegelapan.

Parameter file exe tersebut tidak hanya bekerja di pada lingkungan DOS, tapi bisa juga di windows. Hanya saja ada cara tersendiri. Dan tentu saja, lebih mudah, praktis, dan elegan. Lengkap sudah…

Caranya adalah memanfaatkan shortcut ke file exe. Coba cari salah satu shortcut yang ada di desktop, klik kanan, Pilih properties. Maka jendela file properties akan terlihat. Disitu ada kolom ’target’ yang menunjukan lokasi program yang dijalankan ketika shortcut itu diklik ganda. Nah itulah yang akan menjadi target modifikasi.....

Langkah pertama, buatlah shortcut menuju PCMAV-CLN, dengan cara klik kanan file exe PCMAV (pcmav-cln.exe) sorot ’Send To’ pilih ’Desktop(Create Shortcut)’. Beralih ke desktop. Cari shortcut PCMAV yang tadi baru dibuat di desktop. Klik kanan, dan pilih properties. Sekarang tinggal tambahkan parameter PCMAV di kolom target. Contoh misalnya dikolom target ada tulisan

”C:\PCMAV\pcmav-cln.exe”


Maka setelah ditambahkan parameter tertentu akan menjadi :


”C:\PCMAV\pcmav-cln.exe” /NOMEM /NOUPDATE /REGSHELL /NOSTARTUP /FORCE


Dengan begitu, ketika shortcut tersebut diklik ganda, PCMAV akan berjalan tanpa scan memory, tanpa mengecek Update, Pemaksaan perbaikan file, dan penambahan Opsi ’Scan With PCMAV’.

Sayangnya parameter ini tidak bekerja untuk PCMAV-RTP (AHP, 29 November 2008 8:55)

6 komentar:

  1. wah, saya malah baru tahu. keren neh adnan, tau darimana tuh? thx infonya (khusu buat regshell). Bolehkah saya tulis ulang?

    BalasHapus
  2. @muji:Itu ada di readmenya PCMAV mas....saya cuman nambahin cara pakainya saja. Silahkan saja mas...

    BalasHapus
  3. Hmm,, kok waktu pas nyoba kayak gitu. ehhh,, dikirain gak ngaruh.. gak kerasa apa2.. :p

    BalasHapus
  4. Thanks ya tipsnya....tapi kalo pcmavnya gak direname dulu apa gpp?

    BalasHapus
  5. @Anonim: Sama-sama, ga papa kok, asalkan alamat shorcutnya sama

    BalasHapus
  6. ko saya ga bisa ngilangin ''scan with pcmav
    '' aja ? tolong bantu

    BalasHapus

Kirim Komentar