Jumat, 12 Desember 2008

Melindungi Notebook Dari Pencuri Dengan Laptop Alarm

Salah satu keunggulan notebook saat ini adalah mobilitasnya. Mau komputeran di kamar tidur, ruang tamu, teras, rumah tetangga atau bahkan di WC pun bisa. Apalagi netbook (versi notebook yang lebih mini lagi) yang beratnya hanya beberapa ratus gram, sambil jogging pun bisa. Berbeda dengan PC desktop, dengan ukuran sebesar itu, akan sangat tidak etis apabila digunakan di kamar mandi apalagi dipakai ketika jogging. Notebook sangat cocok untuk mereka yang selalu butuh komputer di mana saja, di mobil menunggu lampu lalu lintas berwarna hijau sambil mengetik bisa. Mampir ke kedai kopi, minum kopi sambil mencoba hotspot gratisan dengan notebook juga bisa. Dua hal itu tidak dapat dilakukan oleh PC desktop.
Tapi, sifat mudah dipindah-pindah yang dimiliki notebook juga memiliki bahaya. Karena mudah berpindah-pindah, notebook juga lebih mudah di curi. Notebook selalu menjadi daya tarik seorang pencuri, karena selain nilai ekonominya yang lumayan, untuk mencuri notebook cenderung gampang. Jauh lebih gampang dari mencuri mobil atau motor di parkiran. Maka dari itu, kewaspadaan pengguna sangat penting ketika menggunakan notebook, apalagi ditempat umum.
Oke…bilang waspada mungkin gampang, tapi bagaimana bila situasinya begini : Anda baru saja membaca artikel di koran tentang kasus-kasus pencurian notebook. Sejak itu anda sangat menjaga notebook kesayangan ketika berada di tempat umum. Suatu saat, ketika sedang asik-asiknya online sendirian lewat hotspot gratis di kedai kopi langganan, tiba-tiba hasrat untuk buang air muncul. Apa yang dilakukan? Menuju WC terdekat dan meninggalkan notebook begitu saja. Tentu saja, karena anda cukup tahu modus pencuri notebook opsi pertama sulit dilakukan. Opsi kedua, ikut membawa notebook ke WC. Namun, itu hanya akan membuat anda menjadi pusat perhatian seluruh penghuni WC. Opsi ketiga, menahan hasrat hingga selesai online, ini akan membuat anda sangat tersiksa. Opsi ke-empat, memproteksi notebook dengan sesuatu selama anda sedang di WC. Opsi ini adalah opsi yang paling bijaksana dibandingkan opsi yang lain dan dianjurkan untuk dilakukan.
Nah..ini yang jadi pertanyaan, bagaimana cara memproteksinya? Caranya ada banyak, dari yang paling efektif sampai yang paling sia-sia, dari proteksi fisik sampai nonfisik, dari yang mahal sampai murah. Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan software Laptop Alarm. Alat proteksi nonfisik ini cukup efektif dan murah untuk digunakan.
Prinsip kerja program ini sederhana, bila pengguna menekan tombol ‘lock computer’. Maka komputer akan berada dalam mode terkunci, dimana di mode ini komputer tidak bisa digunakan sementara. Selain itu program ini akan mengawasi aktifitas komputer. Misalnya, apabila pada mode terkunci, ada pergerakan kursor mouse atau kabelnya di lepas, maka akan dibunyikan suara alarm yang cukup keras, cukup untuk membuat keringat dingin calon maling mengucur. Untuk mematikan alarm, harus dimasukan password yang tepat.
Untuk menggunakannya, pertama download dulu programnya di Sini . Setelah didownload jalankan program tersebut. Program ini bersifat portable, jadi bisa langsung digunakan tanpa instalasi. Disini program yang saya pakai adalah versi 2.0 beta. Pertama akan muncul jendela persetujuan lisensi, cukup tekan ‘agree’.
Setelah itu muncul jendela peringatan untuk tidak memakai headphone atau semacamnya. Dikhawatirkan bila alarm berbunyi ketika pengguna mengenakan headphone akan beresiko terkena serangan jantung mendadak. Untuk amannya, jangan abaikan pesan ini. Bila sudah dibaca dan diresapi dengan sunguh-sungguh, tekan saja tombol ‘ok’.

Peringatan akan resiko serangan jantung

Kemudian muncul jendela utama program ini. Sebagai langkah awal, tekan tombol ‘option’. Di jendela option, bisa ditentukan password, sensifitas mouse dan SMS Alarm Service. Untuk layanan SMS Alarm Service belum pernah saya coba, jadi belum tahu bagaimana mekanisme kerjanya. Yang perlu diperhatikan adalah passwordnya. Ketik password kesayangan anda disitu. Bila sudah ditentukan passwordnya, tekan ‘ok’.

Jendela Option


Di jendela utama, bisa ditentukan alarm berbunyi pada saat apa. Apakah ketika ada pergerakan mouse, saat seseorang melepas kabel power, saat mau di shutdown, atau saat ada flashdisk yang dicabut. Untuk optimalnya, pilihlah semua. Setelah semuanya dikonfigurasi dengan baik, tekan tombol ‘lock komputer’. Setelah itu anda bisa sedikit tenang untuk pergi ke WC.

Jendela Utama Laptop alarm

Apabila ada orang iseng yang mecoba menggerak-gerakan notebook atau bahkan mencurinya, alarm akan aktif. Suaranya cukup untuk membuat notebook anda menjadi pusat perhatian. Tentu saja ini akan membuat si orang iseng tersebut enggan untuk berbuat lebih jauh.
Tapi, program ini juga bisa mempermalukan penggunanya. Bila tanpa sengaja mouse digerakan oleh pengguna, dan kemudian mengaktifkan alarm. Ini bisa membuat mata pengunjung lain tertuju ke notebook sambil tersenyum sinis. Jelas, itu memalukan, apalagi bila lupa passwordnya. Bisa-bisa justru disangka pencuri. Selain itu, Laptop Alarm hanya efektif apabila sedang berada di tempat umum yang ramai, akan sia-sia bila digunakan di taman kota di dini hari. Akhir kata selamat mencoba, semoga berguna..(AHP 11 Desember 2008 21:49)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar