Senin, 12 Januari 2009

Yang Baru Di Windows 7

27 Desember lalu, microsoft secara resmi meluncurkan OS Windows 7 beta, yang bebas untuk di coba . Tidak seperti selisih peluncuran antara XP dan Vista yang membutuhkan waktu hampir 5 tahun, Windows terbaru ini diluncurkan tidak terlalu lama setelah peluncuran Vista.
Windows 7, pada awal pengembangannya di beri kode BlackComb dan direncanakan sebagai pengganti XP dan Windows Server 2003. Namun kemudian Microsoft lebih memprioritaskan pengembangan Longhorn dan Service Pack untuk XP dan Windows Server 2003 . Beberapa Fitur Longhorn ( sekarang adalah Vista) yang ada sekarang mulanya ditujukan untuk BlackComb.
Pengembangan proyek BlackComb kemudian dilanjutkan setelah peluncuran Vista. Sekitar awal 2006 Blackcomb ganti nama menjadi Vienna, lalu di tahun 2007 berubah nama lagi menjadi Windows 7. Yang kemudian di tahun 2008, nama Windows pengganti Vista resmi bernama Windows 7.
Bicara soal nama, saya lebih suka Windows terbaru ini bernama Vienna. Lebih enak di dengar, dan lebih bersifat universal. Misalnya windows Vista dan XP, antara daerah 1 dengan lainnya akan tetap berbunyi hampir sama. Orang Inggris maupun orang Jawa akan menyebut Vista dengan lafal yang hampir sama. Tapi coba saja bila menyebut Windows 7, orang Australia melafalkan ‘Windows Seven’, tapi orang arab akan melafalkan ‘Windows sab’ah’. Ini namanya perpecahan bahasa. Selain itu, bila bernama Vienna, mungkin Microsoft akan memberi nama Viesta untuk Windows selanjutnya, hasil gabungan antara Vienna dan Vista. Sebentar, Viesta bukannya nama makanan?

Oke…maaf nglantur…..

Pengembangan Windows 7 di fokuskan sebagai versi perbaikan dari Vista. Kritikan dari para pengguna Vista yang mengeluh soal kebutuhan hardware Vista yang tinggi dan kadang membuat mogok kerja PC lama mereka rupanya menjadi cambuk bagi microsoft untuk membuat OS yang lebih ringan. Beberapa perubahan yang bisa memperingan kerja Windows 7 adalah optimalisasi kerja OS pada prosesor multi core, peningkatan performa boot dan perbaikan kernel.
Selain perbaikan kinerja, ada beberapa perubahan-perubahan lain yang lebih mengarah ke fungsionalitas. Ditambahkan juga beberapa fitur baru yang tidak di temui di windows sebelumnya.

User Interface


Salah satu komponen OS yang paling sering berinteraksi dengan pengguna adalah GUI. Lewat GUI, pengguna bisa mengatur dan memanfaatkan kerja OS. Daya tarik OS juga terdapat pada GUI-nya, bila GUI OS tampilannya cantik dan memberi kemudahan, maka akan banyak orang yang tertarik dengan OS tersebut. Akhir-akhir ini windows baru Microsoft selalu mengalami perubahan susunan GUI, seperti perubahan Tema klasik windows 2000 menjadi tema Luna XP. Begitu juga ketika Vista diluncurkan, tampilan GUI-nya membuat XP tampak sangat kuno.
Windows 7 pun begitu, ada perubahan GUI yang terjadi disana. Meski tidak seekstrim perubahan XP ke Vista, perubahan tetaplah perubahan.



Gui Windows 7


Ada yang berbeda di tampilan Taskbar di Windows 7 bila dibandingkan dengan windows Vista. Taskbar hanya menampilkan icon aplikasi yang aktif. Tidak seperti Windows sebelumnya yang lengkap dengan nama aplikasinya. Agar icon aplikasi bisa lebih jelas dilihat, taskbar di Windows 7 sekitar 10 pixel lebih tinggi. Dengan begitu icon aplikasi bisa ditampilkan dalam ukuran yang lebih. besar.
Memang, pada Windows terdahulu, ketika membuka jendela aplikasi dalam jumlah banyak, nama aplikasinya akan bertumpuk, sangat memboroskan ruang. Yang menonjol hanyalah iconnya, sementara nama aplikasinya tidak dicantumkan secara penuh. Jelas, kondisi seperti seperti ini sangat tidak enak dilihat. Dengan di anulirnya nama program, taskbar akan terlihat rapi meski sedang membuka puluhan jendela aplikasi sekaligus.
Taskbar di Windows 7 terkesan lebih datar bila dibandingkan Vista. Pada Vista, ada gradiasi warna yang membuat Taskbar terkesan timbul, sementara Windows 7 tidak ada gradiasi warna yang menimbulkan kesan timbul. Hanya saja, taskbar Windows 7 tampil semi transparan, membuatnya lebih cantik ketika dilihat.
Sementara tombol start berbentuk bulat yang ada di Vista tetap dipertahankan di Windows 7. Tampilannya memang lebih elegan dibandingkan tombol start milik XP.

Fitur Baru



Jump List
Jump List yang ada di Start Menu merupakan pengganti Recent Documents. Bila Recent menampilkan daftar file apa saja yang terakhir di buka, Jump List menampilkan file di aplikasi tertentu saja yang terakhir dibuka. Misalnya, ketika di start menu ada icon Microsoft Excel, dan kemudian di sorot, maka akan ditampilkan dokumen microsot excel mana saja yang terakhir di buka. Bila aplikasi itu adalah WMP, akan ditampilkan file media mana saja yang terakhir dibuka.
Yang seperti ini memang lebih efisien daripada Recent Document. Pencarian data yang terakhir dibuka akan lebih terfokus, dan tentunya aksesnya menjadi lebih cepat.
Jump List pada windows 7
Jump List



Library
Konsep library yang merupakan implementasi dari WinFS membuat navigasi untuk menemukan file tertentu menjadi lebih mudah. Pada library, akan dikelompokan file di sebuah folder virtual berdasarkan tipe filenya. File-file dengan tipe yang sama akan dimasukan kedalam virtual folder, biarpun lokasi filenya bisa berbeda-beda. Misalnya semua file Musik yang ada di penjuru harddisk dengan lokasi file yang berbeda-beda akan di kelompokan kedalam satu folder virtual. Library ini akan membuat pencarian dan manajemen file menjadi lebih mudah.
Library pada windows 7
Library di Windows 7


Aero Snap
Ini adalah fitur baru di Windows Aero™. Aero Snap adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur posisi jendela aplikasi. Windows terdahulu, mungkin kita agak kesulitan ketika mengatur posisi jendela aplikasi dalam jumlah banyak, seperti meminimize, restore, resize dan maximize. Di situ disediakan 3 tombol navigasi di pojok kanan atas dan resize jendela dengan mengklik di pinggiran jendela, itu saja masih tidak cukup mudah dilakukan.
Nah..dengan Aero Snap, navigasi seperti itu akan jauh lebih mudah. Aero Snap memberikan cara baru dalam mengatur posisi dan ukuran jendela aplikasi. Pada Aero Snap, disediakan beberapa shortcut untuk mengatur posisi jendela aplikasi, misalnya WIN KEY + UP ARROW untuk maximize jendela, WIN KEY + LEFT ARROW untuk menggeser jendela ke kiri atau WINKEY + LEFT ARROW untuk menggeser jendela ke kanan.
Aero Peek
Memposisikan Windows Dengan mudah dengan aero snap


Aero Peek
Ini salah satu fitur yang paling membuat pengguna windows penasaran. Dengan Aero Peek, ketika kursor mouse di arahkan ke salah satu aplikasi di taskbar, akan muncul thumbnail dari aplikasi tersebut, dan bila kursor mouse di arahkan ke thumbnail, jendela aplikasi selain jendela yang dipilih akan berubah menjadi transparan. Jadi yang terlihat hanyalah jendela aplikasi di thumbnailnya, hal ini akan memudahkan pengguna ketika ingin melihat jendela aplikasi tertentu tanpa harus mengklik icon aplikasi di taskbar. Selain jendela aplikasi, Gadget dan desktop juga bisa di intip tanpa harus meminimize semua jendela aplikasi yang aktif.
Mungkin belum ada gambaran tentang Aero Peek hanya dengan membaca dan melihat screenshotnya. Memang sebelum melihat secara langsung, sulit untuk membayangkan bagaimana Aero Peek dilakukan. Saya sendiri belum melihat secara langsung, hanya melihat videonya di YouTube.

Peeking untuk menampilkan gadget



Yang Berubah



Banyak perubahan fitur yang dilakukan Microsoft di Windows 7. Seperti program Wordpad dan Windows Paint yang mengadopsi interface Ribbon, mirip seperti Office 2007. Meski dilihat dari kemampuannya, keduanya tidak banyak berubah, namun perubahan interface tersebut memberi daya tarik tersendiri.


Beberapa Perubahan Lainnya :

Power Calculator
Ini adalah pengembangan program kalkulator yang sudah ada di Windows sebelumnya. Power Calculator menggunakan interface baru dengan beberapa fitur tambahan.


System Tray Lebih Fleksibel
System Tray kadang memberi masalah tersendiri bagi pengguna windows. Ketika banyak sekali program yang ada di system tray, barisan icon program berderet membentuk barisan panjang, yang tentunya cukup mengganggu. Di Windows 7 ada konfigurasi yang membuat masalah tersebut bisa berkurang. Disitu bisa diatur mana icon yang pantas muncul dan yang tidak.

Konfigurasi Tema
Di Windows 7 tidak ditemukan lagi jendela Desktop Properties seperti yang ada di Vista dan XP. Konfigurasi tema, display setting dan wallpaper di rancang ulang. Susunannya sangat berbeda dengan yang ada di Windows sebelumnya.

Kedalaman Warna
Windows 7 mendukung warna 30 dan 48 bit. Yang akan membuat jumlah warna yang ditampilkan semakin banyak. Gradiasi warna akan semakin halus.

Keamanan
Windows Security Center sudah tidak ada lagi di Windows 7, diganti dengan Windows Action Center. Windows Action Center yang tidak hanya mengurusi masalah keamanan saja, tapi juga masalah pemeliharaan komputer.

Gadget
Windows Gadget sekarang tidak lagi terletak di side bar. Fitur side bar di hilangkan, jadi gadget bisa di letakan di sembarang lokasi di desktop. Memang side bar Vista yang ada di sebelah kanan justru lebih banyak menggangu daripada membantu, karena lumayan memakan tempat.

DirectX 11
DirectX terbaru ini akan disertakan secara default di Windows 7.

Mungkin itu sebagian sesuatu yang baru di windows 7. Di luar itu masih banyak fitur baru lagi yang belum di bahas di sini. Bila ingin tahu lebih jauh, tunggu saja rilis finalnya dan siapkan PC untuk instalasi Windows 7, dan rasakan sendiri pengalaman menggunakan fitur-fitur baru di Windows 7. Bagaimana dengan kebutuhan hardwarenya. Sederhana, bila PC itu bisa menjalankan Vista dengan lancar, Pasti Windows 7 juga bisa jalan dengan lancar. System Requirement Windows 7 tidak berbeda jauh dengan Vista Ultimate Yaitu :

1GHz prosessor (32- atau 64-bit)
1GB RAM
16GB Sisa Harddisk
Mendukung DX9 Graphics dengan memory 128MB (Untuk Tampilan Aero)
drive DVD-R/W


Untuk pengguna Vista, tidak perlu menyiapkan hardware baru terlebih dahulu, hanya untuk upgrade ke Windows 7. Tanpa Upgrade, Windows 7 akan berjalan dengan lancar, bahkan lebih lancar dari Vista. Oya..sambil menunggu rilis finalnya, biasakan dulu interface Windows 7, dengan menggunakan Tema Windows 7 di Vista, paket temanya bisa di download di Sini. (AHP 12 Januari 2009 9:10)

11 komentar:

  1. mau informasi nih. Blog saya sudah pindah dari wordpress ke blog baru d-revoz.com. jangan lupa kunjung yach. (^_^)

    NB : Blogrollnya juga diganti ya. Hehehee.

    BalasHapus
  2. viesta itu kayake KON**M? hehehehe

    BalasHapus
  3. @Muji: heheh kok tahu aja mas? tadinya saya mau nulis itu, tapi kok kayaknya porno banget. Bisa-bisa nanti banyak pengunjung komputok yang datang dengan keyword K****M, wah salah sasaran nantinya.

    BalasHapus
  4. di sana udah windows 7 gue masih xp

    BalasHapus
  5. @BaniBiasa: Sama ban, saya juga masih pake XP, Hiks

    BalasHapus
  6. katanya dr org2 yg udah nyoba Windows 7 beta (..atau malah alpha??) kerasa lebih cepet n stabil..

    Vista blom prnah nginstal udah kluar yg baru lgi.. wew

    BalasHapus
  7. masih pake XP nih...
    mana berat lagi....

    BalasHapus
  8. @Blogger-Holi:: Katanya sih iya, tapi belum pernah nyoba langsung...
    @ruki: Solusi terbaik: Ganti hardware

    BalasHapus
  9. Dapatkan solusi pengobatan kanker secara alami
    Penyembuhan Kanker Alami, Aman dan
    Murah, dan Banyak Yang Sudah Sembuh juga dapat menyembuhkan diabetes mellitus
    telah terbukti sangat berperan dalam proses membantu penyembuhan penyakit-penyakit kronik seperti diabetes mellitus, atherosclerosis, asma, arthritis, jantung, rematik dan segala jenis kanker seperti kanker payudara, kanker darah, kanker prostat, kanker usus, kanker kulit, dll.
    Hanya di http://obatkankers.blogspot.com/
    Kontes Banner Berhadiah $ 5.000
    Cukup hanya dengan memasang banner gratis di blog, blogspot, wordpress, multiply, friendster. Ingin tahu lebih jauh? Lihat di sini klik HOT
    • Mau cari Gosip artis Indonesia hot
    Luna Maya, Ariel, Julia Perez, Sandra Dewi Dewi Persik, Sarah Azhari, Agnes Monica
    • Cari lirik lagu Indonesia favorit
    • Resensi Film dan Trailer terbaru
    • Ribuan Game-game Seru
    • Zona khusus wanita (Sexy & Sharp)
    • Lagu-lagu Indonesia terbaik
    • Info Sepak Bola dan bursa Mobil?
    • Mau mejeng sambil cari jodoh
    http://obatkankers.blogspot.com/
    ingat klik bagian HOT di sebelah kanan blog good luck

    BalasHapus
  10. menurut saya, windows 7 akan banyak diminati karena menggabungkan kinerja XP dengan tampilan Vista. Secara garis besar, Windows 7 ini merupakan produk paling bagus dari windows. Walaupun perlu diketahui bahwa sebelum tampilan Windows 7 seperti itu, Ubuntu sudah menerapkannya terlebih dahulu dengan fitur Compiz-nya...

    BalasHapus

Kirim Komentar