Sabtu, 17 Januari 2009

Mendapatkan Tampilan Windows 7 di XP

Seperti yang sudah saya tulis di artikel ini, akhir-akhir ini OS terbaru windows terus mengalami perubahan tema User Interface. Berawal dari perubahan Windows ME ke XP, tema Windows klasik yang dipertahankan sejak peluncuran Windows 95 harus di eliminasi oleh kehadiran Luna-nya XP. Pada saat awal peluncurannya, Luna banyak memikat banyak orang. Kemudian, vERSI Windows selanjutnya,Vista, dengan Aeronya telah sukses menggantikan Luna. Windows 7 pun juga telah dibekali dengan interface baru, yang tentunya berbeda dengan Vista, apalagi XP.

Meski tidak secara langsung meningkatkan produktifitas pengguna komputer, interface seperti itu bisa menjadi pemicu seseorang untuk segera upgrade OS. Kadang orang mengupgrade OSnya hanya untuk mengalami dengan mata kepala sendiri bagaimana bentuk rupa OS terbaru itu. Dan kemudian melupakan fitur-fitur baru yang lain.

Kalau hanya untuk merasakan interface Windows terbaru microsot, Windows 7, tidak perlu hingga susah payah mendownload versi beta Windows 7. Cukup gunakan tema windows 7 untuk XP dan Vista.

Di sini, pack tema yang digunakan bernama SevenVG, Buatan Vishal Gupta. Dia juga pembut VistaVG yang pernah saya bahas disini.

Pertama, download dulu program UXTheme Patcher disini untuk pengguna XP SP2, dan disini untuk pengguna XP SP3, fungsinya adalah supaya Windows mengijinkan penggunaan Tema dari pihak ketiga.

Kedua, download pack temanya disini, ukurannya sekitar 5 MB dalam format zip. Nah, setelah selesai di download, ekstrak dulu paket temanya.
Dibandingkan VistaVG, pack tema SevenVG lebih lengkap dan lebih mudah untuk dinstal, langkah-langkah instalasi SevenVG akan lebih sederhana di bandingkan instalasi VistaVG

Di hasil ekstraksinya, akan ada 3 folder. Langkah awal, pilih Theme. Disitu ada file bernama Theme.exe, klik ganda file itu. Di jendela yang muncul, tekan instal. Nah…langkah awal selesai.

Langkah selanjutnya, masih di hasil ekstraksi, masuk ke folder Styler Toolbar. Disitu ada dua file bernama “first instal me.msi” dan “then run me.exe”, jalankan sesuai urutannya. Penamaan seperti ini, mungkin dimaksudkan untuk memudahkan instalasi, salut untuk Gupta.

File “first instal me.msi” adalah program Styler yang sudah pernah saya singgung di sini. Fungsinya untuk menambahkan toolbar baru di Windows explorer, toolbar yang mirip dengan Windows 7. Untuk penggunaan yang lebih detail, silahkan baca di sini .

Sedangkan “then run me.exe” adalah self extractor untuk file pendukung Styler, yang berisi gambar toolbar Windows 7.
Kemudian, cari folder bernama “fonts” di hasil ekstraksi. Copy paste font yang ada disitu ke direktori C:/windows/fonts.

Setelah selesai semuanya, jalankan Desktop Properties, masuk ke tab Application, kemudian pilih Tema SevenVG2, tekan OK. Sampai disini, Start Menu, Windows explorer, dan Taskbar akan berubah mirip dengan Windows 7. Lalu, jalankan program Styler, atur sesuai dengan intruksi yang ada sini.

Pada Windows 7, Di Taskbar, aplikasi yang ada disitu hanya ditampilkan iconnya, tanpa nama aplikasinya. Nah, agar tema semakin mirip dengan windows 7, hapus saja nama aplikasi. Jadi yang di tampilkan hanyalah Iconnya. Caranya? Hanya sedikit modifikasi registry. Copy dan paste script registry ini kedalam notepad


Windows Registry Editor Version 5.00


[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMetrics]
"MinWidth"="-255"

, dan save dengan nama  icontaskbar,reg,  Jangan lupa, pada kolom save as type, pilih all files. Lalu klik ganda filenya, pada jendela konfirmasi, pilih merge.


Selesai….Langkah terakhir, restart Komputer dan nikmati tampilan ala windows 7 di XP(AHP 17 Januari 2009 8:25)

Screenshot dari KOmputok


Screenshot dari VG

14 komentar:

  1. Kerjain PR dari saya, harus dikerjakan. hahahaha :lol:
    http://mujisas.com/2009/01/20/pr-lagi-pr-lagi/

    BalasHapus
  2. congrats buat Adnan, artikelnya nongol di pcplus :) ta cari2 eh ternyata di halaman paling belakang, tentang software bajakan (ini komen kok ga ada hubungan sama artikel tampilan windows 7-nya)

    BalasHapus
  3. @joko: oya mas...makasih. halaman belakang malah gampang dibaca orang yang buka majalah PCPlus tapi ngga niat beli...heheh

    BalasHapus
  4. Makasih Adnane buat tutorialnya... Lagi saya coba nih...
    Izin bookmark dulu....
    Thx

    BalasHapus
  5. @Ivam: Oya sama2, silahkan di coba.....somoga berhasil ya....

    BalasHapus
  6. berat ngak neh?

    BalasHapus
  7. owiya nan,,
    UXTheme Patchernya tu bwt windows bajakan gpp?
    ntar tw2 mala bodol komputernya,,
    terus cara masangnya gmn?
    terutama yg booting ama offnya,,

    aq tunggu penjelasanya
    x)

    BalasHapus
  8. Thankz

    http://computer-thehistory.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Kok "script registrynya" yang windows 7 gak bisa di download y?
    Tolong kasih tau saya y kalau dah bisa didownload?

    ellshaday_17@yahoo.com

    BalasHapus
  10. @ Anonim: Oya, mohon maaf, agaknya filenya sudah di hapus sama yang punya situsnya. Sebagai gantinya, saya sudh mencantumkan script registrynya. Tinggal save di notepad

    BalasHapus
  11. ikut bukmark dl ya ^_^

    BalasHapus
  12. programnya bikin komputer lola ga om??

    BalasHapus

Kirim Komentar