Kamis, 04 Juni 2009

Kumpulan Website untuk Manipulasi Foto

Saat ini fungsionalitas aplikasi web sudah hampir menyamai aplikasi desktop. Seperti software untuk manipulasi foto. Dulu mungkin bila ingin mengedit foto, paling tidak sudah terinstal editor gambar di komputer. Bila belum, tentu saja harus instal dulu atau tidak ada foto yang bisa diedit. Tapi sekarang lain, kini sudah tersedia banyak website yang menawarkan fasilitas untuk mengedit foto, bahkan mungkin hasil editannya lebih bagus daripada ketika mengedit sendiri. Dan semua itu didapat tanpa harus belajar lama, seperti ketika menggunakan Photoshop atau semacamnya.
Website-website yang akan dibahas disini memang diperuntukan untuk mengedit foto. Namun bukan sekedar mengubah brightness atau level, tapi bisa lebih dari itu. Yang jelas, kita bisa bersenang-senang dengan itu. Yang nantinya, hasil akhirnya layak digunakan untuk membuat kagum teman. Atau mungkin bisa dipajang di profile foto di Facebook, multiply, blogger, atau lainnya. Bisa juga sebagai avatar di forum-forum….
Baiklah…selamat bersenang-senang….

Photo funia
Pernah terbayang foto anda dipajang di papan billboard di tengah kota? Atau menjadi motif baju artis? Atau mungkin wajah anda berada di tubuh salah satu tokoh terkenal. Kalau di Photo Phunia, tak perlu membayangkan lagi. Semua itu bisa dilakukan. Meski semua itu tidak benar-benar terjadi(dan agaknya kemungkinannya kecil), tapi cukup untuk sekedar bersenang-senang.
Disini tersedia puluhan template, untuk menggunakannya tinggal pilih salah satu template yang diinginkan lalu upload foto yang diinginkan. Semuanya berjalan dengan otomatis. Memang bila menggunakan foto wajah, terkadang posisi wajahnya kurang tepat. Namun bisa diakali dengan mencrop foto sebelum diupload.
Terus terang, saya kagum dengan hasil olahan foto di sini, hasil olahan itu terlihat sangat realistis dan halus. Template yang disediakannya juga beragam, dari yang ekstrem sampai yang biasa-biasa saja. Mengoperasikannya juga mudah, hanya pilih, upload dan download. Coba bandingkan bila mengedit seperti itu secara manual, tentu saja tanpa waktu belajar yang cukup, hasilnya tidak akan sehalus itu.

Salah satu ulah Photofunia, Lukisan Monalisa edisi lelaki

Be Funky
Ada dua layanan disini yaitu Cartoonizer dan Uvatar. Cartoonizer digunakan untuk mengubah foto menjadi sketsa. Tidak hanya itu, kita bisa menambahkan Aksesoris wajah seperti topi, kumis, kacamata atau lainnya. Ya seperti namanya, wajah kita bisa menjadi funky disini.
Yang kedua adalah Uvatar, secara umum digunakan untuk membuat gambar dengan tokoh utamanya adalah wajah yang sudah diupload. Banyak setting lokasi dan tokoh yang tersedia disini. Hanya saja, untuk menggunakannya sampai selesai harus registrasi dulu.

Me On Mag
Menjadi coverboy? Pasti ingin kan. Hanya saja untuk menjadi coverboy(atau mungkin juga covergirl) beneran mungkin akan sulit. Apalagi kalau majalah-majalah kelas internasional seperti Time, Rolling Stones atau Playboy (lha…). Asal jangan sampai menjadi cover boy majalah Flona yang judulnya “Ditemukan Monyet varietas baru”.
Meonmag bisa membuat foto kita terpampang di majalah-majalah terkenal, Meski bukan menjadi coverboy/girl yang sebenarnya. Tapi tentu saja cukup untuk sekedar membuat teman tersenyum atau tertawa mengejek.
Caranya mudah, dihalaman pertama tinggal upload foto yang diinginkan, kemudian klik create my own cover. Lalu pilih majalah yang diinginkan. Dan foto yang diupload sudah menjadi cover.

Gooifier
Pernah mendengar istilah liquify? Kalau belum, liquify adalah fasiltas di Photoshop untuk mendistorsi foto. Dengan liquify, wajah orang yang tadinya mungkin menawan bisa dirubah menjadi wajah alien yang paling bisa membuat mual. Memang, liquify bisa membesarkan atau mengecilkan mata, bibir, wajah hidung hidung. Juga bisa membuat posisi raut wajah menjadi berantakan atau malah menjadi lebih rapi. Penggunaannya luas, meski tidak hanya wajah yang bisa di manipulasi, tapi kebanyakan liquify digunakan untuk proyek penghancuran atau rekontruksi wajah. Wajah orang yang menyebalkan bisa kita hancurkan disini. Atau sebaliknya, wajah kita sendiri bisa direkontruksi menjadi tampan dengan liquify, meski tetap lebih mudah untuk menghancurkan.
Nah, Fungsi gooifier mirip dengan liquify. Meski fiturnya tidak selengkap liquifynya Photoshop, tapi cukup untuk menghancurkan wajah orang yang menyebalkan.

FlauntR
Banyak sekali yang bisa dilakukan disini. Hampir semua fitur untuk mengedit gambar ada disini. Karena fungsinya banyak, perlu waktu belajar dulu untuk menggunaknnya. Meski tidak serumit Photoshop, tapi tetap harus membiasakan diri dengan posisi lokasi fitur-fiturnya. Untuk menggunaknnya pengguna harus registrasi lebih dahulu. Dan tentu saja tidak dipungut biaya.

Dumpr
Beberapa fasilitas yang ada mirip seperti Photofunia. Hanya saja, fasilitas yang ada disini lebih bervariasi. Beberapa efek yang ada disini diberi label Pro, yang artinya untuk menggunakannya harus membayar terlebih dahulu. Namun masih banyak yang bisa digunakan secara gratis.

Face In Hole
Mungkin kita sering menjumpai di tempat-tempat hiburan sebuah papan yang digambari tokoh-tokoh tertentu namun diwajahnya di ada lubang. Dimana wajah pengunjung bisa muncul disitu. Layanan Face In hole mirip dengan itu. Disitu di sediakan banyak template gambar tanpa wajah. Yang nantinya wajah kita bisa mengisi gambar tersebut. Gambar-Gambarnya tentu saja kebanyakan adalah gambar tubuh orang terkenal.
Hanya saja untuk mendapatkan posisi wajah yang tepat dengan templatenya agak sulit. Karena posisi kepalanya harus sama, jika tidak tentu saja tidak akan pas. Bisa diakali dengan memilih template lebih dahulu, baru kemudian mengambil gambar wajah dengan posisi yang tepat.

Sebenarnya untuk memanipulasi foto seperti itu bisa dengan mudah dilakukan dengan Photoshop. Apa sih yang tidak bisa di photoshop. Tapi disitu masalahnya, semakin banyak fiturnya, semakin sulit dipelajari. Dengan keberadaan website-website diatas, tidak hanya desainer kelas dunia saja yang dapat menghasilkan foto-foto unik. Orang biasa juga bisa, tentu saja tanpa harus bertahun-tahun mempelajari photoshop terlebih dahulu. Dan hasilnya tidak kalah bagusnya dengan mereka.
Selain yang disebutkan diatas, masih banyak lagi website yang menawarkan fasilitas yang mirip atau mungkin lebih menarik lagi. Jadi ada yang mau menambahkan? (AHP 4 Juni 2009 13:07)

6 komentar:

  1. Waduh aku gak bakat edit poto..

    BalasHapus
  2. Mantap bos blognya...
    mampir juga ya bos
    http://dkarimun.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. @Muji: Ngga butuh bakat mas....cuman butuh koneksi internet...
    @Makhril: Oya Thanks...

    BalasHapus
  4. Bagus nian Blognya. semoga manfaat untuk teman-teman.

    BalasHapus
  5. saya cuma pernah mencoba yang PhotoFunia doank..saya coba juga deh yang lain..

    thanks ya..

    BalasHapus
  6. trimakasih infonya...

    kunjungi juga


    http://trojandecoder.blogspot.com/

    BalasHapus

Kirim Komentar