Rabu, 15 Juli 2009

ECCEliza :Mengobrol Dengan Mesin

Sedang punya masalah? Bisa cari solusi lewat orang lain. Namun apabila masalah itu sifatnya pribadi dan tidak ingin orang sembarangan tahu, Bagaimana? Curhat dengan teman baik? Bagaimana bila dia menyebarkannya? Sulit kan? Kalau begitu, bagaimana solusinya. Gunakan saja software ini : ECCEliza.
ECCEliza (Eden Comp-Company Eliza) merupakan program kecerdasan buatan yang dapat mengerti tentang apa yang kita katakan dan mencoba memberikan respon yang tepat. Eliza memposisikan diri sebagai psikologi, dia akan sering bertanya soal masalah apa yang kita hadapi. Meski begitu, jangan harap dia akan menyediakan solusi. Bagaimanapun dia hanya program komputer biasa. Tapi paling tidak, apabila sedang ada masalah, kita bisa mengatakannya padanya. Dengan curhat, kadang perasaan bisa menjadi lebih lega.
Karena di buat oleh orang yang berbahasa inggris, tentu saja komunikasi dilakukan dalam bahasa inggris. Jadi supaya eliza bisa mengerti, kita harus ikut pula berbahasa inggris. Mungkin untuk yang sudah terbiasa menyusun kata dalam bahasa inggris hal itu bukan suatu masalah. Nah, masalahnya yang tidak bisa bahasa inggris, ya…terima saja nasibnya.
Tapi meski begitu, tidak ada salahnya mencoba program ini. Pengembangan ECCEliza sendiri nampaknya sudah di hentikan. Saya mencari-cari program ini di internet, sampai sekarang belum ketemu. Ada sih website yang menyediakan info tentang software ini. Namun saya tidak menemukan link downloadnya. Tapi untungnya di harddisk saya, software ini masih di simpan, jadi saya upload sendiri.
ECCEliza bisa di download disini
ECCEliza memang berjalan pada mode DOS. Jadi tampilannya mungkin tidak terlalu indah. Tapi tidak masalah, yang penting kemampuannya. Ukurannya juga kecil, hanya beberapa ratus KB.
Oya berikut ini screenshot percakapan saya dengan Eliza. Tentunya dengan bahasa inggris yang ancur-ancuran……pembicarannya juga tidak jelas, muter-muter tidak karuan...simak saja isinya….. Kalau terlalu kecil, klik saja pada gambar untuk memperbesar.....






(AHP 15 Juli 2009 7:47)

5 komentar:

  1. Saya curhat ma Allah aja, nan.

    BalasHapus
  2. uda nyoba nan, ini program emang ngajak brantem =)) perlu dilestarikan programnya

    BalasHapus
  3. @Muji: Nah, itu lebih baik mas.....

    @joko: Hahah setuju mas....apa lagi waktu ngomong "Can I get a more profesional conversation from you?"...bener, ini program nyarinya sudah sulit. Kalau di biarkan terus bisa punah....

    BalasHapus
  4. mw dpat program eliza niiii,gampang aj
    eee tp numpang yaaa mas/mbak (adnane) yg nulis niii::
    bleh yaaa
    klo ble cranya mudah
    1. masuk ke: mifta.wapsite.me
    2, nyari daaa tlisan aplikasi
    3. free download eliza
    4. tp jng lpa tinggalis comment di kiri ataz wap q

    Wassalamualikum

    BalasHapus
  5. akhirnya saya dapatkan ecceliza,sukses buat anda.Thank's abis.

    BalasHapus

Kirim Komentar