Senin, 20 Juli 2009

Komputer Lawas Apple

Apple, perusahaan komputer yang didirikan oleh 2 Steve (Wozniak dan Jobs) kini di kenal sebagai pembuat produk-produk yang inovatif, dan terkadang fenonemal. Sebut saja ada iPhone, MacBook Air, keluarga iPod dll. Tapi seperti perusahaan lain, awal-awal berdirinya, Apple diawali dengan produk-produk sederhana bila di bandingkan masa kini, meski mungkin tetap fenonemal di masanya. Nah, di post ini saya mengumpulkan beberapa komputer-komputer buatan Apple, yang mungkin sekarang sudah di museumkan…..

Apple I
Ini adalah produk pertama Apple, di rancang oleh Steve Wozniak. Dirilis pada bulan July 1976, hanya dalam bentuk board saja tanpa casing, monitor atau keyboard dengan harga 6 jutaan. Prosesornya adalah MOS 6502 dengan frekuensi 1 MHz. Besarnya RAM 4 KB dan hingga maksimal 64 KB. Spesifikasi itu sebaiknya jangan di bandingkan dengan komputer ukuran sekarang, karena tentu saja berbeda sangat jauh.


Apple ][
Sukses dengan Apple 1, apple kemudian merilis Apple II( atau Apple ][ ) pada tahun 1977. Ini adalah salah satu komputer sukses di masa itu. Sebenarnya, spesifikasinya hampir mirip dengan Apple 1, keduanya sama-sama menggunakan prosesor MOS 6502 1 MHz dan RAM yang paling kecil 4 KB . Hanya saja, Apple 2 sudah dilengkapi casing lengkap dan Layar dengan 6 Warna. Harga Apple ][ sekitar US $1298 untuk RAM 4 KB dan US $2638 untuk RAM 48 KB. Selain yang lengkap dengan casing, Apple ][ juga ada versi Boardnya, tanpa casing. Dengan harga lebih murah tentunya…..

Apple ][ di ikuti oleh varian-varian lainnya seperti Apple II Plus dan Apple IIe. Keduanya hampir mirip dengan Apple ][, namun dengan tambahan fitur-fitur baru. Apple IIe terakhir di produksi di tahun 1993.




Apple III
Setelah menghasilkan kekayaan melalui Apple ][, Apple kemudian merancang komputer lain yang lebih baik. Yaitu Apple III. Apple III diperkenalkan pada bulan Mei 1980 dan di luncurkan di tahun 1981 dengan harga yang fantastis: US$ 3495 tanpa monitor dan US$ 3815 dengan monitor. Prosesor yang digunakan adalah Synertek 6502A dengan clock 2 MHz. Untuk Ram 128 KB dan maksimal hingga 512 KB.


Apple Lisa
Lisa adalah kepanjangan dari “Local Integrated Software Architecture”. Lisa juga merupakan nama anak perempuan Steve Jobs. Lisa merupakan komputer komersial pertama yang menggunakan GUI(graphical user interface) atau bahasa kerennya, sistem operasi berbasis grafis. Meski mungkin Lisa bukanlah komputer pertama yang ber-GUI. Di tahun 1973, XEROX membuat komputer berbasis grafis (Alto), namun tidak pernah diluncurkan. Dan pada tahun 1981, XEROX meluncurkan Star, komputer berbasis grafis dengan harga US$17000. Dengan harga semahal ini, penjualan Star sangat kecil.
Lisa sendiri diluncurkan di tahun 1983, di bekali dengan prosesor Motorola 68000 dengan clock 5 Mhz dan RAM sebesar 1 MB. Namun dengan harga semahal itu, kinerja Lisa jeblok. Sistem Operasi kompleks di Lisa terlalu berat untuk dijalankan di prosesor 5 MHz.


Apple Macintosh
Dilincurkan tahun 1984—setahun setelah pelincuran Lisa, Macintosh menawarkan kinerja yang lebih baik dari Lisa. Dibekali Prosesor Motorola 68000 7,83 MHz. Dengan RAM sebesar 128 KB, yang 8 bulan kemudian, memory di tambah menjadi 512 KB. Seperti namanya, Sistem operasi yang digunakan disini adalah Macintosh, yang kini menjadi sistem operasi andalan Apple. Oh…ya harga komputer ini adalah US$2495. Jauh lebih murah daripada Apple Lisa.



Macintosh Portable
Ini adalah Macintosh portable pertama apple. Diluncurkan di tahun 1989 dengan harga US$7300. Kinerjanya terbilang cepat, dengan prosesor 16 Mhz dan RAM 1 MB dan bisa di upgrade hingga 9 MB. Mac ini juga sudah dilengkapi dengan Harddisk sebesar 40 MB



Macintosh PowerBook
Ini adalah pengembangan selanjutnya dari Macintosh Portable, kinerjanya lebih bagus, lebih kecil dan tentunya lebih murah. Ada tiga model produk ini ini, yaitu Macintosh PowerBook 100, 140 dan 170. Masing-masing mempunyai beberapa spesifikasi yang berbeda. Namun ketiganya mempunyai ukuran RAM yang sama, 2 MB, maksimal 8 MB. Dan ukuran harddisk antara 20, 40 dan 80 MB Macintosh PowerBook 100 merupakan model yang terpelan dengan prosesor Motorola 68HC000 16 MHz. tanpa floppy drive internal. Model 140 prosesornya adalah Motorola 68030 @ 16MHz dan sudah dilengkapi dengan floppy drive internal. Model tercepat, 170 dilengkapi dengan prosesor 25 MHz dengan tipe yang sama dengan 140.



Nah…itulah sedikit produk Apple pada awal-awal berkembangnya dunia komputer. Memang kalau di bandingkan komputer masa kini, bedanya sangat jauh. Karena teknologi berkembang sangat pesat. Mungkin 10 tahun lagi, komputer yang kini kita gunakan, terlihat sangat kuno. Seperti saat melihat komputer apple diatas. (AHP 20 Juli 2009 21:11)

Sumber Gambar :http://oldcomputers.net

10 komentar:

  1. kirain bentuknya kayak apel... hahaha

    BalasHapus
  2. @muji: oya mas, inovasi baru tuh.....bikin PMP berbentuk apel.....hahah pasti nyaingi iPod Touch

    BalasHapus
  3. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

    BalasHapus
  4. Apple 1 6 Jutaan? Steve Jobs memberikan angka keramat untuk harga Apple 1 yaitu $666. Liat pirates of sillicon valley gan!

    BalasHapus
  5. kalo sekarang sih kayanya produk Apple yang lagi laris dipasaran ya Apple Ipod (gue sok tau banget, hihi..)

    BalasHapus
  6. Yanuar: Di genepin, kalo di konversi ke rupiah ya sekitar 6 jutaan...
    Seno: betul mas, tapi Mac Book juga banyak kok yang beli, cuman ngga selaris IPod

    BalasHapus
  7. oohh bgtu toh sejarahnya Apple.. baru tau saya...
    *tapi saat ini ga ada satupun produk Apple yang saya punya.. :(

    nice post

    BalasHapus
  8. Blog komputer yg simpel, bagus, dan bermanfaat

    BalasHapus
  9. Swiming is the best exercise in summer and running in winter
    QU-IT & QU

    BalasHapus

Kirim Komentar