Senin, 21 April 2008

Flashdisk Nolak Dilepas, 4 solusi cerdas mengatasinya (cieee…..hoek!!(baca:Muntah))

Punya Flashdisk? Punya? Sama. Tanya nih.. pernah ga ketika mau matiin flashdisk lewat ‘safely remove hardware’ trus muncul tulisan gini ‘The device ‘Generic Volume’ cannot be stopped right now. Try stopping the device later.’ Pernah. Kesel? Sama, Kalo saya inginnya dah ancurin tu flashdisk. Tapi berhubung masih inget ma harganya, langsung saya batalin. Pengin ngerti cara ngatasinnya? Sebelumnya tahu dulu sebenernya apa sih yang sedang dilakuin Komputer ma tu flashdisk kok bisa jadi gitu.
Flashdisk yang rewel kaya gitu tu karena ada file yang masih di pake ma Software yang sedang jalan ato karena ada file software yang ada di flashdisk lagi jalan di OS, sehingga OS nolak untuk dicabut flashdisknya. Untuk ngatasinnya ada empat. Dari cara yang paling biadab sampe yang paling halus. Cara pertama yaitu langsung cabut aja flashdisknya dengan resiko yang di tanggung sendiri. Penyabutan secara paksa dan biadab bisa mbuat file yang lagi di pake ma software jadi korup trus ga bisa di akses lagi. Selain kalo terlalu sering bisa membuat flashdisk dijadiin gantungan kunci (baca:rusak total) NB: Saya sangat menyarankan untuk tidak melakukan pencabutan paksa, demi kelangsungan hidup flasdisk, (meski saya sendiri juga pernah melakukannya dan hasilnya tengkoraknya (baca: PCBnya flashdisk) udah di jadiin gantungan kunci, Suer!! ).
Cara yang kedua coba liat aplikasi di Taskbar, siapa tahu ada aplikasi yang make file yang ada di flashdisk yang belum ditutup, kalo dah nemuni tutup aja ga usah ragu. Kalo aplikasi yang ada di taskbar udah ketutup semua tapi tetep rewel gimana, coba baca care ketiga! Cara yang ketiga yaitu pake tool yang namanya UNLOCKER. Link donloadnya saya ga tau, soalnya saya dapat tool itu dari cd bonus majalah. Coba kunjungi www.majorgeeks.com setau saya disitu ada. Kalo ga tinggal googling aja. Pasti nemuin. Sebenernya Unlocker buat ngatasin file yang ga bisa dihapus ato direname gara-gara masih dipake sama Software lain. Cara kerjanya dengan cara nglepas tu file dari belenggu software. Tapi ternyata kemampuannya ga cuman itu, Unlocker juga bisa ngatasin masalah flashdisk yang sedang saya bahas.
Setelah Unlocker berhasil diinstall, restart computer. Nah kalo udah sekarang untuk makenya, tinggal klik kanan file trus pilih unlocker, klo ada software yang lagi make itu file maka software itu akan muncul di daftar, tuk nglepasin belenggunya tinggal klik “Buka” ato “buka Semua” beres!. Kalo ngga ada software yang lagi make tu file, maka muncul pilihan file itu mau direname, dihapus, dipindah ato ga di apa-apain. Sekarang kalo mau diterapin di flashdisk gimana? Caranya sama, cuman yang di klik kanan bukan filenya tapi drive-nya flashdisk.
Sekarang cara yang terakhir yang menurut saya paling halus karena ga ada unsur paksaan sama sekali. Yaitu matiin komputernya aja! Otomatis software yang jalan dah ngga aktif semua, file pun terbebas dari belenggu dan flasdisk pun bisa di cabut dengan pelan dan aman. Matiin komputernya gimana? Bisa dengan cabut kabel listriknya ato mutusin kabel tiang listrik terdekat ato ngebom pembangkit listrik seluruh Indonesia ato apa saja, yang penting outputnya sama (baca:Komputer mati). Tinggal pertimbangin aja masalah waktu, moral, uang, dan nama baik keturunan. Cara matiin Komputer yang baik udah pada tau kan?
Tambahan : kalo punya flashdisk rusak jangan keburu dibuang. Lepas pcb dari casingnya, trus tambahin tali ato kawat, trus gantungin di tas, hape, ato di baju. Dan ternyata bisa mengejutkan dunia seni karena nilai estetikanya sangat tinggi (menurut saya) nyampe melebihi patung karya Albert Einstein. Beneran, Ga percaya? Coba sih.

1 komentar:

  1. mas saya mau meng copy article ini di blog saya apakah bisa? nnti saya akan cantumkan link source article nya terima kasih

    BalasHapus

Kirim Komentar