Kamis, 26 Juni 2008

Welcome Opera 9.50!!whaha...ha...ha..

Berawal dari iseng-iseng buka websitenya opera. Pada saat halaman pertama, disitu berisi halaman yang isinya intinya ngasih tau sama pengunjung kalo opera 9.50 sudah di luncurkan. Sebagai penggemar opera, saya pun dengan penuh nafsu meng-klik link downloadnya. Dan setelah menunggu cukup lama (ada sekitar 34 menitan, maklum warnet penuh jadi koneksinya lambat) file installer berukuran 8,51 MB ini pun berhasil di download.
Sampai dirumah, langsung nyalain komputer, nancepin flashdisk, trus langsung install tu Opera. Selesai instal, shortcut opera saya klik ganda. Agak deg-degan juga waktu nunggu loadingnya, kira-kira kayak apa yah. Apa tetep kayak versi 9.26 atau malah berubah. Dan akhirnya Jreng....ternyata Interfacenya kayak gini :


Interface baru Opera. Mirip Muka siapa yah...

Gila berubah coy....
Stylenya jadi mirip sama style Vista...jernih
Sekarang emang lagi ngetren interface model kayak Vista, udah banyak software versi baru yang emang kompatible sama vista ngrubah interfacenya jadi bergaya vista, mungkin biar klop yah (tapi klo tampilannya masih XP digabung sama software baru yang tampilannya mirip vista jadinya malah ngga klop, dengan kata lain wagu!). Emang saya akui model style yang kayak gitu enak dipandang, seakan-akan ada lapisan kaca di tombolnya, apalagi kalo tombolnya lagi di sorot, wuiih ngga nahan.

Oke..kembali ke Opera..

Apa Yang Baru?
Perubahan yang paling terasa adalah interfacenya, meskipun tata letaknya masih tetap dalam arti ngga berubah, namun warna dan desain tombolnya jauh berubah. Yang tadinya warnanya dominasi abu-abu, kini menjadi berwarna gelap. Warna Tab yang tadinya biru, sekarang berubah menjadi gelap.
Selain itu tombol new tab yang ada disebelah kiri dihilangkan, fungsinya diganti dengan tombol bergambar tanda ples (+) yang ada disebelah kanan tab, bila mau nambah tab yang di klik ya tombol yang itu, jadi cara kerjanya mirip seperti IE 7.
Untuk tombol close yang ada di tiap tab diperkecil, dan di letakin di pojok kanan tab. Emang harus diakui tombol close Opera versi sebelumnya yang gedenya nyampe se-lebar tabnya kadang nyulitin pengguna. Pernah waktu saya lagi ngenet ngga sengaja ada satu tab yang ter-close, habis itu saya mikir, yang tadi di close tab apaan yah... ah bodo..semoga saja bukan tab yang penting.
Untuk desain tombol navigasi juga mengikuti desain vista, jernih. Yang tadinya tombol back, forward, reward dan fast forward yang tadinya berwarna hijau, dirubah menjadi tombol berwarna hitam dengan background abu-abu. Tombol home, refresh dan wand juga dirubah, yang jelas jadi lebih keren.
Untuk perubahan fitur-fitur yang lain belum saya teliti apakah ada yang baru atau tidak (Misalnya apa ada fitur baru di Mail Clientnya Opera), jadi baru bisa saya jelaskan apa yang nampak.

Lebih Cepat?
Kalo lebih cepat mbuka halaman web, terus terang belum saya uji. Tapi dari pengamatan saya, waktu mbuka halaman web secara offline Opera versi ini emang lebih cepat daripada versi 9.26. selain lebih cepat, Opera ini juga lebih low resource. Tapi ini baru pengamatan, belum saya uji dengan teliti.
Akhir Kata silahkan segera download dan nikmati Opera versi baru ini dengan riang gembira seperti ketika baru Upgrade komputer disini, selamat menikmati(kondangan pa?). (AHP 25 Juni 2008 16:52)

3 komentar:

  1. memang sih belum elu uji, kalo menurut gue, asli makin lamabat, malah gila lambatnya, sering setengah nge-hang...nyesel gue install, mungkin ada fiture yang harud di disable kali ya?

    BalasHapus
  2. kalo pengen cepet pake firefox. kok belum di link/

    BalasHapus
  3. Ya tepat mas anonim, memang belum saya uji, cuman ngamatin. tapi memang interface yang kayak gitu cukup banyak makan resource, ga cuman opera. terus terang opera versi ini mang belum begitu stabil. tapi semoga cepat di perbaiki sama pihak Opera.

    @muji: he..soalnya ngenetnya waktu itu buru2 sih, jadi lupa ngelink. tapi udah saya perbaiki kok.

    BalasHapus

Kirim Komentar