Kamis, 17 Juli 2008

Cathy:Katalog CD yang Powerfull

Repot memang kalo punya setumpuk CD program yang perCD-nya bisa berisi puluhan atau malah ratusan software yang berbeda. Ketika mau butuh software A misalnya, harus nyari dulu di tumpukan CD itu, parahnya lagi di label Cdnya ngga ditulis itu berisi apa saja. Atau ketika tiba-tiba pingin ndengerin lagunya Iwan Fals yang lagunya ternyata ada di salah satu CD yang ada di tumpukan CD Mp3 campuran. Masa harus nyarinya harus mbuka CD satu-satu, belum kalo Cdnya isinya banyak. Mbayanginya aja sudah bisa bikin epilepsi kambuh.
Nampaknya atas dasar itulah seseorang bernama R. Vasicek (entah orang mana...yang jelas bukan dari jawa atau batak) menciptakan Cathy. Programnya juga ukurannya suangaat kecil, coba bayangkan ukurannya cuman 58 KB. Tapi jangan diremehkan kemampuannya. Sifatnya juga portable alias tanpa instal Untuk komponen programnya, Cathy hanya berupa file exe tunggal. File katalog akan di buat di di folder yang sama dengan file program cathy.
Untuk interfacenya memang sederhana, termasuk menu-menunya yang ga begitu banyak. Tapi justru itulah yang bikin cathy ga ribet dipake. Untuk memakainya, tinggal jalanin file programnya cathy. Maka setelah itu muncul jendela Cathy. Bila dibuka pertama kali jendela cathy memang masih kosong karena belum di isi katalog. Untuk nambahinnya buka tab catalog, di bagian root, tekan tombol “...”. kemudian pilih root drive CD yang mau di indek (sebelum itu masukin dulu Cdnya. Terakhir klik “add”. Semua file yang ada di CD pun di catat oleh cathy, temasuk ukuran filenya, ukuran file keseluruhan, Nama label cd, serial dll. Menarik kan....

Vasicek: hmm....Bukan Orang Batak

Ketika katalog itu sudah di index, maka isi katalog itu bisa di browsing layaknya ketika sedang browsing isi CD. Bila semua koleksi CD/DVD sudah di index, maka seluruh isinya bisa di browsing semua tanpa harus membuka CD/DVD aslinya.

Pilih-pilih Lokasi Drive


Oh..ya cathy ternyata ga cuman bisa ngindex isi CD/DVD. Semua file yang yang ada di Harddisk atau flashdisk pun bisa dindex. Untuk mengindex isi harddisk caranya sama dengan ketika ngindex isi CD, cuman pada browsing drive Cd waktu mau ngindex, yang dipilih bukan drive cd tapi drive atau folder yang mau diindex Kurang tepat kalo fungsinya untuk katalog CD, yang tepat itu katalog file.
Searching

Cari!!!


Selain browsing, kita juga bisa melakukan pencarian file yang ada di seluruh katalog yang ada. Jadi kalo butuh lagunya iwan fals, maka tinggal ketik iwan fals di tab search. Maka file atau folder yang mengandung kata iwan fals pun di tampilkan, lengkap dengan informasi filenya, termasuk nama label CD yang ada kata iwan fals nya dan path lokasi filenya.
Nah ini yang paling penting =link download. Cathy bisa di download di sini. berhubung ukurannya mini, downloadnya ga bakal lama. selesai didownload, ekstrak file itu di folder yang udah disediakan. Dan segera menikmatinya......(AHP 06 Juli 2008 10:43)

2 komentar:

  1. FILE NOT FOUND!

    BalasHapus
  2. @Anonim: Oya..terima kasih, mungkin filenya tak sengaja terhapus dari ziddu. sudah di perbaiki kok

    BalasHapus

Kirim Komentar