Selasa, 22 Juli 2008

Tolong, komputer saya kok kayak keong (bagian 2)

Oke...nepatin janji saya di artikel yang ini, soal komputer yang mirip keong atau dalam kata lain komputer lelet. Di artikel itu saya jelasin soal pengaruh kinerja software. Jadi kalo belum baca, biar ilmunya utuh lebih baik kalo bisa nanti di baca.
Di artikel ini fokusnya bukan ke arah kinerja software lagi, tapi soal pengotor di komputer yang berkemungkinan membuat komputer lelet. Maksudnya pengotor itu, semacam sesuatu yang ga begitu diperlukan oleh komputer atau oleh penggunanya tapi mempunyai kemampuan untuk membuat komputer berkurang kinerjanya.
Macam pengotor itu bermacam-macam, mulai dari entry registry, File Sampah, software yang ga begitu berguna dan masih banyak lagi lainnya. Yang jelas pengotor itu harus memenuhi kriteria, satu : ngga begitu berguna. Dua: bikin kinerja komputer berkurang. dalam pembahasan artikel ini saya tekankan pada entry registry dan File Sampah.
Pengotor macam itu di yakini merupakan salah satu tersangka penyebab pengguna komputer frustasi karena komputernya lelet. Jadi mau tidak mau untuk menjaga kinerja komputer pengotor itu harus di bersihkan, caranya gimana? Baca terus!
Optimalkan Registry!
Registry itu semacam database yang isinya semua setingan windows, mulai dari pengaturan service windows, booting windows, program background, setingan software, nyampe interface windows. Peran data yang ada didalam registry dalam windows sangat vital, karena seluruh informasi tentang software, hardware dan tetek bengeknya tersimpan dengan rapi disini.
Di registry terdapat puluhan ribu entry yang selalu di update selama windows berjalan. Diantara puluh puluhan ribu itu pasti ada sebagian entry yang sebenarnya sudah tidak diperlukan. Padahal setiap startup windows akan me-load keseluruhan entry dalam registry. Jadi untuk apa windows me-load entry yang sebenernya ngga begitu di perlukan, misalnya entry mengenai konfigurasi software yang sebenarnya software itu sudah di uninstal. Bila isi registry bersih dan bebas dari entry-entry pengotor tentunya kinerja windows semakin cepat bukan? Lalu gimana mbersihinnya?
Yang jelas mbersihin registry dari entry-entry pengotor itu hampir mustahil dilakukan secara manual, bayangkan saja bila dilakukan secara manual, orang harus memeriksa puluh puluhan ribu entry registry satu persatu sambil menentukan entry tersebut merupakan pengotor atau bukan. maka untuk mbersihinya harus memakai tool pembersih registry.
Mengenai tool pembersih registry pilihannya banyak, tapi kalo boleh nyaranin nih (bukan bermaksud promosi meski kelihatannya begitu) pake saja Wise Registry Cleaner, selama ini saya pakenya itu dan hampir ngga pernah dapat masalah. Penggunaannya pun mudah, tinggal beberapa klik, registry pun bersih, kinerja windows pun meningkat. Bahkan sejak versi 2.85 ada fitur baru yang bisa mbersihin registry dengan cuman satu kali klik. Jadi karena sudah cukup mudah penggunaannya ngga usah saya jelasin lah ya. Oh ya Wise Registry Cleaner bisa di downloaddisini.

Wise Registry Cleaner, Pembersih yang Bijak
Untuk frekuensi pembersihannya tergantung bagaimana pengguna komputer memakai komputernya, sebaiknya kira-kira seminggu sekali, makin sering makin baik apalagi buat yang sering instal dan uninstal software, karena software yang diinstal biasanya bikin entry registry untuk settingannya, tapi kadang ketika di uninstal entry registry milik software itu ga ikut kehapus, dan akhirnya entry itu jadi entry sampah.
Oh ya ada satu lagi tool yang berhubungan sama optimalisasi registry, yaitu NTRegOpt. Beda sama Wise Registry Cleaner, program ini bukan untuk membersihkan registry, tapi untuk mengoptimalkan struktur key dalam registry, dan hasilnya struktur registry lebih rapi dan ukuran file-file registry akan turun, ujung-ujungnya kinerja windows meningkat. Aplikasi ini dianjurkan di pake setelah selesai mbersihin registry. Soalnya ketika registry di bersihkan banyak entry-entry yang dihapus, sehingga strukturnya sudah ga urut lagi. NTRegOPT bisa di download disini

NtRegOpt, bacanya nete re gopet(lho?)
Tambahan lagi... Wise Registry Cleaner dan NTRegOpt lisensinya freeware, jadi bisa digunakan secara bebas, tanpa biaya atau dengan kata lain yang lebih populer: GRATIS!!


Bersihkan Harddisk dari file-File Sampah
Disadari atau tidak, aplikasi windows dalam proses kerjanya banyak membuat file-file sementara yang keberadaannya tidak disadari oleh pengguna komputer. Namun celakanya banyak file sementara (banyakan berektensi *.tmp) yang setelah tidak digunakan tidak di hapus oleh aplikasi itu, sehingga file sementara itu tetap berada di harddisk kendati sudah tidak di pake lagi.
Bila dibiarkan, jumlah file sementara akan semakin banyak dan menumpuk sehingga ngabis-ngabisin ruang harddisk, apalagi buat yang ruang harddisknya mendekati limit 0 (maksudnya terbatas...dikit-dikit ada istilah matematikanya ga pa pa kan?).
Supaya Ruang harddisk bisa lega kembali untuk di-isi file-file yang lebih berguna, maka file-file pengotor itu harus di bersihkan, tentunya biar lebih gampang pake software khusus dong. Kalo boleh nyaranin nih...pake aja CCleaner.


CCleaner, Kelemahan: ga bisa mbersihin WC
Untuk kemampuannya ga usah diragukan lagi, semua file-file sementara, file di recycle bin, recent documents dan file-File Sampah yang lain akan dideteksi dan di hapus oleh Ccleaner. Penggunaannya pun mudah, jadi kayaknya ga usah saya terangin yah... Selain File Sampah Ccleaner juga bisa membersihkan entry registry yang tidak terpakai lagi, jadi fungsi yang satu ini mirip sama Wise Registry Cleaner. Untuk CCleaner bisa di download disini

Mau alternatif lain? Ada lagi nih yaitu Easycleaner, buatan Toni Helenius. Program ini lebih lengkap lagi, EasyCleaner bisa membersihkan registry meskipun ga sebaik Wise Registry Cleaner (jadi untuk registry, disarankan tetap pake Wise Registry Cleaner), juga bisa untuk membersihkan file-fle sampah yang sudah tidak digunakan, mendeteksi file yang duplikat dan untuk fungsi lainnya, silahkan di coba sendiri. Downloadnya disini


Easy Cleaner, gampang mbersihin
Wah pake yang mana tuh? CCleaner atau Easy Cleaner. Dalam hal ini saya hanya memberi pilihan, untuk milih yang mana tergantung dari selera pembaca, pake dua-duanya juga boleh. Tapi kalo pingin pembersihan yang lebih lebih lengkap, EasyCleaner lebih baik. Tapi bila ingin pembersihan File Sampah secara menyeluruh CCleaner lebih baik. Tinggal pilih sesuai kemauan dan kebutuhan.
Oke semoga dengan software-software yang bermutu dan gratis tersebut PC pembaca bisa tambah cepat tanpa biaya tambahan. Makasih udah mbaca, semoga berguna bye(AHP, 16 Juli 2008 19:33)

2 komentar:

  1. wah, sory ad. aku lagi KKN neh, jadi belum sempet posting, tar 17an insyaallah mulai posting lagi.hehehe.Peace...;)

    BalasHapus
  2. Wah...de, dari pada susah2 milihnya, mending pake saja TuneUp Utilities 2008. Lebih lengkap !!

    BalasHapus

Kirim Komentar