Kamis, 25 Desember 2008

Mempertahankan Kinerja Windows XP

Mungkin sebagian pengguna komputer sering mengalaminya. Semakin lama komputernya semakin melambat. Saat pertama kali di jalankan, kinerjanya masih bagus, buka aplikasi cepat, respon cepat. Semakin berumur, kinerjanya semakin menurun, buka aplikasi lama, lebih sering not responding. Ini Dalam hal ini, komputer seperti manusia, semakin tua makin kelabu. Berpikir makin lambat, pikun, sering not responding atau tidak nyambung. Dalam dunia manusia, masa kelabu di masa tua bisa di tunda selama mungkin, dengan cara terus melatih otak. Bagaimana dengan dunia komputer, apakah dengan melatih processor dengan aplikasi-aplikasi berat. Bukan itu, dalam hal ini komputer berbeda. Bila itu disamakan, malah akan mempercepat masa kelabu komputer. Lalu bagaimana mempertahankan kinerja komputer, khususnya untuk windows XP? Semoga point-point ini bisa membantu

Defrag Harddisk
Ini penting, apalagi yang komputernya sering instal/uninstal Software. Harddisk yang terfragmentasi bisa membuat komputer menjadi sangat lambat. Apalagi bila file yang mengalami fragmentasi adalah file program. Bila itu terjadi, Software yang filenya terfragmen menjadi sangat lambat.
Fragmentasi adalah terpisahnya bagian-bagian suatu file di permukaan harddisk. Di dalam windows, di penglihatan kita melalui windows, sebuah file pasti terletak dalam satu kesatuan, misalnya di satu folder atau satu posisi di dalam folder. Tapi bila melihat ke harddisk, bagian-bagian satu file bisa saja terpisah satu sama lain. Ketika harddisk mengakses satu file ini, head harddisk harus bolak-balik dari posisi satu ke posisi lainnya hanya untuk mengakses satu file. Ini lah alasan mengapa file terfragmen bisa memperlambat kerja komputer. Untuk Informasi lebih detail mengenai fragmentasi file, kunjungi halaman ini
Untuk menyatukan file-file yang terfragmen, bisa menggunakan Disk Defragmenter yang menjadi satu paket di instalasi windows XP maupun Vista. Atau bila kurang puas dengan kinerja Disk Defragmenter, bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Pilihannya banyak, ada yang gratis ada juga yang mahal. Tinggal pilih.
Seberapa sering harddisk harus di defrag?Tergantung penggunaan, namun umumnya sekitar 1-2 bulan sekali. Yang penting, harddisk jangan terlalu sering di defrag. Karena pada saat di defrag, harddisk benar-benar bekerja keras. Bila terlalu lama bekerja keras, umur harddisk bisa berkurang dengan cepat.

Kurangi Software Terinstal
Menginstal Software dalam jumlah banyak bisa membuat kerja Komputer menurun. Selain memakan space harddisk, Software terinstal juga memenuhi registry dengan settingan Software yang bisa menurunkan kinerja. Selain itu software tertentu secara diam-diam membuat item startup baru di registry, yang membuat software tersebut aktif ketika komputer dinyalakan. Memang kadang bisa berguna, namun bisa saja pengguna tidak membutuhkan software tersebut.
Untuk mengurangi software yang tidak dibutuhkan tersebut, bisa menggunakan salah satu fasilitas windows XP, yaitu ‘add and remove programs’. Buka dulu jendela ‘add and remove programs’ dengan cara mengakses control panel dan klik icon ‘add and remove programs’. Disitu akan ditampilkan macam software yang terinstal. Identifikasi mana software yang tidak dibutuhkan. Bila dirasa tidak di butuhkan, uninstal saja.
Setelah komputer hanya terisi software yang dibutuhkan saja, tahan godaan untuk menginstal software baru yang hanya untuk coba-coba, apalagi bila software tersebut masih dalam status beta. Cukup instal software yang dibutuhkan saja.

Membersihkan Recycle Bin
File yang dihapus dalam XP tidak dihapus begitu saja, file tersebut akan ditampung di recycle bin untuk sementara. Meski terlihat hilang dalam penglihatan windows, file yang dihapus sebenarnya masih berada dalam harddisk. Hanya lokasinya saja yang dipindah ke recycle bin. Bila lama tidak diurus, file yang ada di recycle bin bisa menumpuk hingga menghabiskan ruang harddisk. Oleh karena itu supaya ruang harddisk sedikit lebih lega, file dalam recycle bin harus di hapus.
Dengan utitlity yang bernama ‘Disk Clean Up’ yang merupakan bawaan windows, file dalam recycle bin beserta file-file tidak berguna lainnya bisa dihapus dengan mudah. Pertama jalankan Disk Clean Up terlebih dahulu dengan klik start-> Run. Di jendela Run ketik ‘cleanmgr.exe’. Setelah itu akan muncul jendela Disk Clean Up, Disitu pilih drive yang akan dianalisa, sudah, tekan OK.


Memilih Drive

Tunggu hingga windows selesai menganalisa. Akan muncul jendela lagi, disitu pastikan opsi Recycle Bin dalam keadaan tercentang, kemudian setelah yakin, tekan Ok. Ada jendela konfirmasi, tekan Ok saja. Tunggu hingga seluruh proses penghapusan selesai. Dengan begitu, ruang harddisk bisa lebih lega.


Ruang Harddisk Bisa di Hemat hampir 500 MB, Lumayan Kan?


Mengurangi Efek Visual
Memang sih efek visual di Windows XP tidak begitu menyiksa komputer seperti yang dilakukan oleh windows vista dengan AEROnya. Tapi untuk beberapa komputer lama, efek visual windows XP cukup menguras sumber daya komputer, yang ujung-ujungnya membuat kinerjanya menjadi terhambat.
Jika Harddisk sudah di defrag, jumlah software yang terinstal sudah di pangkas, harddisk sudah lega namun kinerja komputer tetap di bawah rata-rata. Coba langkah terakhir ini, yaitu mengurangi efek visual di windows XP.
Caranya, klik kanan icon my computer, pilih properties. Akan muncul jendela System Properties, klik tab Advanced. Pada bagian performance, klik setting. Akan muncul jendela Performance Options, pada tab visual effects, disitu bisa dipilih efek visual apa yang ingin di matikan atau dihidupkan. Bila ingin komputer bertambah cepat dengan mengorbankan efek-efek visual, pilih saja ‘Adjust For Best Performance’. Setelah itu tekan OK, tunggu hingga proses selesai, dan nikmati hasilnya.


Kurangi Efek Visual

Masih Belum Ampuh??
Bila semua point diatas sudah di coba, namun Komputer masih kelabu. Coba: Pertama cari referensi lainnya, karena penyebab komputer melambat sangat banyak, di Artikel Komputok sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai komputer yang lelet disini dan disini.
Bila ingin ampuh tapi sedikit repot, instal ulang saja windowsnya, Komputer akan terasa segar, karena masih belum dikotori dengan registry sampah dari software yang diinstal dan file yang terfragmen. Atau yang lebih ampuh tapi mahal yaitu upgrade hardwarenya. Dengan begitu kemampuan komputer akan bertambah, dan tentu saja lebih terbebas dari masa Kelabu. (AHP 25 Desember 2008 12:43)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar