Senin, 29 Desember 2008

Ubah XP Menjadi Mirip Vista

Interface Windows Vista memang sangat berbeda dengan XP, lebih cantik, jernih dan sederhana. Untuk anda yang belum menggunakan Vista pasti penasaran ingin mencobanya. Namun dengan alasan tertentu, menginstal Vista belum memungkinkan. Sebenarnya bila hanya ingin merasakan nuansa interface Vista, tidak perlu mengorbankan biaya untuk upgrade hardware komputer. Cukup dengan windows XP yang sudah dimodifikasi.
Coba perhatikan screenshot diatas, bagus kan? Tapi jangan tertipu, itu bukan Vista, tapi XP. Hanya saja sudah di modifikasi toolbar dan theme-nya menjadi mirip Vista. Mendapatkan nuansa seperti itu tidak harus upgrade ke Vista. Oke…bila ingin XP kesayangan menjadi seperti itu, baca terus!


Sebenarnya banyak cara untuk menjadikan XP menjadi mirip vista. Saya hanya membahas salah satunya. Disini kita gunakan pack tema yang bernama VistaVG buatan Vishal Gubta, Download dulu packnya disini, filenya berukuran sekitar 4 MB.
Kemudian download lagi program yang bernama Styler, disini. Program ini berfungsi untuk membuat toolbar di windows explorer menjadi mirip Vista.Ya, hanya mirip.


Tema Vista
Langkah pertama, ekstrak dulu pack VistaVG yang tadi didownload. Setelah di ekstrak, masuk ke folder ekstraksinya. Di situ, cari folder yang bernama ‘Theme’. Copy isi folder tersebut ke direktori C:\windows\resources\Themes.
Setelah itu, masuk ke desktop properties dengan cara klik kanan desktop, pilih properties. Disitu pilih tab ’appearance’. Pada kolom ’Windows and Button’, pilih VistaVG. Kemudian pada ’Color Scheme’, pilih saja ’Basic32’. Nah setelah itu tekan OK. Tunggu hingga prosesnya selesai. Nah, sekarang wajah XP anda akan berubah menjadi lebih mirip Vista.

Mengganti Tema


Toolbar Ala Vista
Setelah tema sudah berganti menjadi mirip vista, gunakan program Styler untuk merubah toolbar XP menjadi seperti Vista. Pertama ekstrak dulu file kompresi program Styler. Dihasil ekstraksi,disitu akan ada 2 file dan1 folder. Klik ganda file instalasi Styler, dan instal seperti biasa.
Setelah diinstal, Copy folder yang bernama Vista Styler yang ada di hasil ekstraksi ke C:\Program Files\Styler\TB\skins\Styler's. Setelah itu jalankan program itu.

Program Styler akan mampir ke System Tray, Klik ganda icon Styler yang ada di System Tray untuk menampilkan jendela utama program Styler. Setelah terbuka, buka tab toolbar. Di situ, pilih Toolbar yang akan digunakan. Jika sudah, tutup jendela tersebut.

memilih toolbar


Sekarang tinggal pengaturan di windows explorer. Di jendela windows explorer pilih menu View, sorot toolbar. Disitu hilangkan centang Address Bar dan Standard Buttons, dan centanglah opsi Styler Toolbar. Sekarang tinggal atur posisi toolbarnya hingga lebih enak dilihat. Langkah terakhir, nikmati tampilan baru XP anda. Memang, tidak semua fasilitas toolbar vista ada di toolbar Styler ini. Seperti kolom search, mungkin sekilas itu adalah kolom pencarian, tapi sebenarnya hanyalah tombol search.

Selain toolbar, Styler juga bisa menambahkan beberapa efek-efek Vista. Seperti Drop Shadow, Cursor Shadow dll. Hanya saja untuk menikmati efek-efek itu, diperlukan hardware yang mumpuni. Asal tahu saja efek Drop Shadow tidak mampu di tampilkan dengan baik di Komputer saya. Pengaturan efek-efek tersebut bisa ditemui di tab Desktop.

Nah..dengan begitu tampilan Vista bisa dinikmati di windows XP. Untuk VistaVG memang tidak termasuk pack Icon, jadi iconnya masih seperti windows XP standar. Bila iconnya ingin seperti vista, salah satu caranya adalah menggunakan software Desktop Enchantments seperti Brico Pack Vista Inspirat atau Vista Transformation Pack. Berbeda dengan VistaVG yang hanya berupa pack Tema. Brico Pack Vista Inspirat atau Vista Transformation Pack sudah termasuk tema, icon, welcome screen dll. Keduanya akan membuat tampilan XP menjadi berubah total, bahkan bisa dirasakan sejak booting pertama. Hanya saja dibutuhkan hardware yang mumpuni untuk bisa menikmatinya. Akhir kata, semoga berguna.(AHP, 29 Desember 2008 20:22)

20 komentar:

  1. Iyah..mirip vista itu
    xD

    BalasHapus
  2. Bozz gimana klo Nambah sambungan di blogger???
    Plis Jawabya......!!!!!

    BalasHapus
  3. Bozzz download instal windows7 tu dmn??
    GPL Publikasikan

    BalasHapus
  4. @PenjahatChynta: Maksudnya daftar link? Tinggal masuk ke jendela pengaturan, trus tambahkan gadget, di Popup yang muncul, pilih link.

    Versi beta Windows 7 sudah pernah di punblikasiin di situsnya Microsof, cuman sekarang sudah di tutup. Lagipula, ukuran download Windows 7 nyamapai 2 GBan, mungkin bisa sangat lama bila download sendiri. Kalau mau nyoba Windows 7, Beli saja PCMedia edisi regular, di DVDnya disertakan file iso Windows 7. (ini bukan ngiklan lho)

    BalasHapus
  5. bos, ko ga nongol di appearance nya ya? padahal ane udah copy vista vg ultimate nya ke resource>theme.. tolong dijawab ya, makasih.. :)

    BalasHapus
  6. Thanks Guys

    BalasHapus
  7. nih baru gw mo coba.... doain berhasil yach n thnaks for blogx

    BalasHapus
  8. sdh ta' coba.... hslx makkkknyussssss....

    BalasHapus
  9. ad lagi gk yg lbh kren,, itumah gwa dah pnya

    BalasHapus
  10. koq tema vista nya kaga muncul ya di kolom windows and button nya . . ? ?

    BalasHapus
  11. nyesel dech kalo g nyoba...

    BalasHapus
  12. iye bos...ga nongol tema vistanya di appearance,,gmana tuh?

    BalasHapus
  13. Wah, bener - bener bagus nie blog. Biasanya q paling males nulis comment. Tapi khusus nie blog, TOP Banget dech.. Thanks yaw. Teruskan pengembangannya...

    BalasHapus
  14. Tambahan dariku, tapi maaf sebelumnya kalau sedikit nyinggung...

    Blognya agak berat ato komputerku yang kayak keong.

    Thanks

    BalasHapus
  15. @All: Trim semua, maap ga bisa balas satu2

    BalasHapus
  16. wow.. mantabh daah.

    ada lagi gak style2 yang lain, kayak windows 7 gitu??

    hehe, sekedar saran.

    BalasHapus
  17. @Mardion : Ada kok, http://komputok.blogspot.com/2009/01/mendapatkan-tampilan-windows-7-di-xp.html

    BalasHapus
  18. kok di komputer saya gk ada ya yg namanya folder styler pas masuk program files ??
    tolong di jawab ya

    BalasHapus
  19. boz ko taskbarnya malah jdi klasik

    BalasHapus

Kirim Komentar