Senin, 22 Juni 2009

Wikipedia, Ketika Pembaca adalah Penulis


Pembahasan tentang Wikipedia ini bukan saya yang menulis. Saya kutip dari buku Wikinomics. Ditulis oleh Don Tapscott dan Anthony D. William, alih bahasa Indonesia oleh Yersy Wulan. Buku ini berisi tren saat ini tentang perusahaan ataupun perorangan yang berkolaborasi untuk menciptakan produk atau jasa. Sebenarnya tidak sesederhana itu isinya, tapi cukup untuk mencerminkan semuanya. Di halaman belakang, ada tulisan “Tanpa Buku ini, Anda akan terlibas”, mungkin memang ada benarnya. Bila konsep wikinomics sudah di terapkan pada sistem ekonomi dunia, paradigma tentang produksi barang dan jasa akan banyak berubah. Tentu saja, mereka yang belum siap menerapkan akan tertinggal jauh. Tapi bukan berarti setiap orang harus membeli buku ini ini, salah satu alasannya adalah harganya yang lumayan mahal. Dompet saya benar-benar terkuras waktu membeli buku ini. Saat ini memang saya masih belum selesai membacanya, baru sepertiga dari 434 halaman yang ada.
Pembahasan tentang wikipedia adalah sebagian kecil dari buku ini. Wikipedia digunakan sebagai contoh penerapan teori-teori yang ada di buku ini. Dimana Wikipedia hanyalah permulaan menuju dunia Wikinomics Tapi apa yang dibahas disitu lumayan bagus, dan belum tentu saya bisa menulis tentang wikipedia dengan kualitas yang setara. Baiklah, kita mulai saja :
-------------------------------------------------------------------------------------
Pada tanggal 7 Juli 2005, pukul 8:50, London bergeming ketika empat bom yang saling terkait meledak di alat transportasi. Delapan belas menit kemudian, saat sejumlah media berusaha meliput kisah ini, entri pertama sudah terlihat di Wikipedia, ensiklopedia online pertama yang dapat diedit oleh semua orang. Morwen, pencipta Wiki dari Leicester, Inggris menulis “ Pada tanggal 7 Juli 2005, ledakan atau insiden lainnya dilaporkan terjadi di beberapa stasiun kereta bawah tanah di pusat kota London, terutama distasiun Aldgate, Edgware Road, King Cross St. Pacras, Old street, dan Russel Square. Insiden ini terkait dengan lonjakan daya.”
Dalam beberapa menit, para anggota komunitas lainnya menuliskan informasi tambahan dan mengoreksi kesalahan eja yang dibuat Morwen. Ketika penduduk Amerika Utara bangun tidur, ratusan pengguna telah berpartisipasi dalam keriuhan ini. Pada akhir hari, lebih dari 2500 pengguna telah menciptakan sebuah laporan peristiwa sepanjang 14 halaman yang jauh lebih terinci dibanding informasi yang diungkapkan oleh sebuah media tunggal. Saat melakukan ini, mereka menyediakan sebuah contoh potensial tentang kekuatan Wikipedia, serta menunjukan bahwa ribuan relawan dapat membuat proyek inovatif yang cepat menyebar, yang mengalahkan kinerja perusahaan besar dan kaya
........................
Ensiklopedia yang Dapat di Edit Setiap Orang
Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, berada pada hal besar. Atau perlukah kita mengatakan sangat besar? Wikipedia kini merupakan ensiklopedia terbesar didunia, yang ditawarkan gratis dan disusun sepenuhnya oleh para relawan dalam sebuah platform terbuka yang memungkinkan setiap orang menjadi editor. Mangagumkan bahwa Wikipedia dapat eksis, berisi lebih dari 4 juta artikel dalam 200 bahasa. Wikipedia telah menjadi salah satu situs paling sering dikunjungi di Web. Situs ini mewakili penerbitan masa depan, dan setiap perusahaan yang memproduksi informasi —dari penerbt hingga penyedia data—sebaiknya merasa khawatir.
Ini bukan sekadar masalah ukuran atau popularitas, tetapi juga cara Wikipedia berkembang dan membuatnya unik. Ribuan pengguna Web merelakan waktu dan pengetahuan mereka untuk membantu mencapai tujuan komunitas dalam menyediakan ensiklopedi berkualitas tinggi bagi setiap orang didunia dalam bahasa asli mereka. “Bayangkan sebuah dunia dimana setiap orang di Bumi mendapatkan akses gratis ke berbagai pengetahuan manusia. Inilah yang kami lakukan,“ ungkap Wales.
Dibangun dengan piranti lunak “Wiki” (berarti “cepat” dalam bahasa hawaii), wikipedia memungkinkan pengguna menciptakan dan mengedit halaman Web yang sam. Ini dibangun berdasarkan premis bahwa kolaborasi diantara pengguna akan memperbaiki konten seiring berjalannya waktu, seperti komunitas open source terus memperbaharui vesri Linux pertama dari Linus Torvalds.
Pengalaman pertama Wales di dunia konten ensiklopedia adalah pada 1998, ketika ia mendirikan Nupedia dengan mantan karyawannya, Larry Sanger. Seperti Wikipedia, Nupedia juga memungkinkan setiap orang memasukan artikel dan konten. Berbeda dengan Wikipedia, Nupedia bersifat sentralisasi., dengan hirarki dari atas ke bawah. Para akademisi dan pakar mengikuti sebuah proses-7 tahap yang sulit, untuk mengkaji dan mengesahkan konten. Setelah satu tahun dan menghabiskan dan $120.000, Nupedia hanya mempublikasikan 24 artikel sehingga Wales memutuskan untuk menutupnya.
Salah satu karyawannya memperkenalkan Wales dengan wiki, yaitu sebuah konsep yang ditemukan oleh Ward Cunningham, pada Maret 1993. Wales kemudian memulai kembali dengan cara pengaturan situs yang jauh lebih terbuka, yang memungkinkan setiap orang untuk terlibat. Dalam bulan pertama, Wikipedia mempubilkasikan, dan pada tahun pertama jumlahnya mencapai 18.000 artikel.
Saat ini Wikipedia ditulis, diedit, dan nyaris terus dipantau oleh relawan online yang jumlahnya terus meningkat. Dari 1 juta pengguna terdaftar, 100.000 orang telah memberikan kontribusi sebanyak 10 atau lebih informasi. Maka terbentuklah kelompok inti dengan anggota 5000 Wikipedian yang dengan senang hati menerima tanggung jawab untuk menjaga wikipedia.
Bagi sejumlah orang, alasan orang-orang menjadi relawan dalam memproduksi Wikipedia masih misterius. Wales hanya mengangkat bahu. “Mengapa ada orang yang bermain sofbol? Karena menyenangkan, dan merupakan aktifitas sosial.” Wikipedia juga menarik minat banyak pakar. Mereka merasakan kedekatan dengan topik yang mereka kuasai, dan mereka ingin dunia tahu. Maka terjadilah sebuah misi sosial. “kami berkumpul untuk membangun sumberdaya yang akan tersedia gratis bagi semua orang didunia“ tutur Wales. “inilah tujuan yang juga akan dicapai publik.”

Pembagian Kerja Para Wikipedian
Mendengar Jimmy Wales berbicara tentang para Wikipedian, memunculkan apresiasi tertinggi terhadap pembagian kerja terspesialisasi yang ikut menmotori pertumbuhan. Sementara banyak orang mengunjungi Wikipedia untuk membaca konten, ada segudang pekerjaan administratif dibalik layar. Hal ini mencakup tugas-tugas seperti: Mengatur halaman, mengembangkan piranti lunak, mencari foto bebas hak cipta, mengatasi konflik, dan berpatroli melawan vandalisme. Dengan hanya lima staf tetap, para relawanlah yang melakukan sebagian besar tugas ini. Wales menyarankan agar kami mengkaji sejarah sebuah entri di Wikipedia sebagai contoh. Jadi Don mengusulkan anjing hutan Bernese (keluarganya baru saja memperoleh anjing jenis ini—kunjungi flickr jika anda ingin melihat Arnold sewaktu masih kecil). “Saya melihat Trysha mengecilkan ukuran gambar, jadi ia datang dan pada dasarnya menyesuaikan format dan memastikan artikel itu konsisten dengan lainnya,” Jelas Wales. Itu Elf, Ia menambahkan pranala antar bahasa dari artikel ini ke Wikipedia versi bahasa belanda. Ini adalah salah satu tugas yang banyak ia kerjakan.”
Elf, pecandu Wiki, juga merupakan penggemar anjing. Ketika tidak sibuk dengan pekerjaan tetapnya sebagai pelatih anjing kompetisi, ia berkutat di Wikipedia, dimana ia mengaku meluangkan “terlalu banyak waktu”. Ia dengan hati-hati memeriksa ribuan artikel yang disumbangkan oleh Wikipedian tentang beragam jenis anjing. Seperti ribuan Wikipedian lainnya, Elf dengan sukarela memantau ratusan artikel dan foto, yang berada dibawah pengawasannya, setiap kali terjadi perubahan. Ia membantu memastikan akurasi perubahan editorial dan dapat dengan cepat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh vandalisme.
Tidak seperti perusahaan tradisional yang menerapkan hierarki, dimana orang-orang bekerja untuk para manager dan uang, para relawan seperti Elf adalah alasan mengapa aturan dapat mengatasi kekacauan dalam proses editorial. Wales menyebutnya sebagai proses evolusi darwin, diman konten membaik setelah melalui perubahan dan edit yang berulang. Setiap artikel Wikipedia rata-rata telah diedit sebanyak 20 kali, dan untuk entri baru, jumlahnya dapat lebih banyak. Walau ada banyak pengguna, Wales memperkirakan lebih dari 50% pengeditan hanya dilakukan oleh kurang dari 1% pengguna, sebuah tanda jelas bahwa ditengah kekacauan terdapat kelompok kecil pengguna reguler yang berkomitmen.­5. ­­Suatu ketika dapat pecah “perang edit”, saat pengguna terus merevisi perubahan yang dilakukan pengguna lain. Pada kasus yang jarang terjadi ini, seorang staf Wikipedia akan membuat penilaian akhir.
Keterbukaan
Tidak mengejutkan bahwa Wikipedia tidaklah sempurna. Atas semua upayanya menata kualitas, produksi kolaboratif mengundang sejumlah resiko. Salah satunya adalah kasus yang terjadi pada Mei 2005, saat seorang pengguna Wikipedia tak dikenal membuat artikel fiktif tentang mantan direktur editorial USA Toda, John Seigenhaler, Sr.. Tertulis bahwa “John Seigenhaler, Sr. adalah asisten Jaksa Agung Robert Kennedy pada awal tahun 1960-an. Untuk waktu singkat ia pernah dianggap terlibat langsung dalam pembunuhan Kennedy, baik john maupun adiknya Bobby. Tidak ada bukti.”
Dalam empat bulan selanjutnya, pengguna Wikipedia (termasuk 52 situs yang menampilkan konten Wikipedia) mencari tahu apakah Seigenhaler telah membaca biografi keliru ini. Kemudian Seiganhaler menyebutnya sebagai pembunuhan karakter melalui internet.
Kejadian ini mengungkapkan kelemahan paling nyata dari model Wikipedia, yaitu setiap orang dapat menyatakan diri sebagai pakar sesuatu. Dan walau situs ini dirancang untuk memberi wewenang pada pengguna untuk melakukan pengawasan mandiri, publisitas tentang insiden ini telah merusak kredibilitas Wikipedia. Sejak itu Wales memperkenalkan kebijakan untuk mencegah pengguna tak terdaftar untuk membuat artikel baru di Wikipedia. Namun, para jagoan Net dapat dan akan menjegal kebijakan ini dengan mendaftar menggunakan nama palsu dan alamat e-mail gratis. Seiganhaler bertanya pada wales, apakah dia dapat mencari tahu siapa yang menulis entri di Wikipedia. Wales menjawab “Tidak, kami tidak bisa.” Namun Wikipedia baru-baru ini membekukan sejumlah entri, termasuk George W. Bush, yang menjadi magnet vandalisme dan perusakan.
Seiganhaler bukan satu-satunya ganjalan. Kritik dari kalangan akademisi mengungkapkan bahwa vandalisme dan kualitas yang tidak merata memangkas otoritas Wikipedia sebagai sumberdaya pendidikan. Para pakar mengagumi Wikipedia, tetapi kredibiltasnya jelas tidak mendukung. Seorang dokter astrofisika bisa saja berargumentasi soal sifat alam semesta dengan seorang siswa SMA(atau lebih buruk lagi, seorang astrolog) seperti dengan orang sebaya yang memiliki tingkat pelatihan setara.
Kerenggangan ini mendorong sejumlah profesor untuk tidak menganjurkan siswa mereka menggunakan ensiklopedia gratis sebagai bahan referensi. Beberapa dari mereka kawatir para siswa akan merekayasa sebuah entri dan kemudian merujuknya sebagai sumber! Akademisi lainnya tampak lebih optimis, dan ada beberapa orang yang menjadi kontributor reguler. Seperti Matt Borton, profesor bahasa inggris dari St. Cloud State University di Minnesota, yang belum lama ini diundang ke Wikipedia untuk menjadi sumber daya yang “hidup dan bernafas” tentang retorika bahasa inggirs, sejarah, pengguna dan artinya.
“Saya dapat duduk menghabiskan waktu berhari-hari, berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan untuk menemukan sebuah bentuk, “kata Barton, “ tetapi dengan Wikipedia, saya dapat memulai pembuatan daftar ini dengan 3 atau 4 definisi, kemudian melembarkannya kembali ke komunitas.” Barton menilai, semakin banyak orang yang melihat hasil pekerjannya maka hasilnya akan semakin baik. Untuk ini ia membuat blog tentang hasil kerjanya dan mengundang para siswa dan peer untuk terlibat didalamnya. “saya mungkin membuat kesalahan yang tidak saya sadari, jadi akan lebih baik dengan pengamatan orang lain.” Kini semakin banyak para akademisi seperti Barton yang melihat nilai pengetahuan dinamis yang terus tumbuh, kendati mereka tetap mondorong siswa untuk mecari buku referensi tambahan. Wales sendir mendorong muridnya untuk mencari sumber-sumber lain saat melakukan riset akademik. Namun, ia bekerja tak kenal lelah menanamkan nilai informasi netral berkualitas tinggi dalam modus operandi situs ini, dan menyakinkan bahwa upaya mendukung komunitas kontributor dan editor kreatif yang lebih luas akan mengarah pada peningkatan kualitas. Entri-entri kontroversial yang tidaks sesuai dengan standar Wikpedia dapat diedit, dibekukan, atau dicalonkan untuk dihapus oleh pengguna.
Sementara dalam hal akurasi, para narasumber ahli sepertinya tidak memiliki wewenang sebesar yang diduga. Bahkan perbandingan buruk antara Wikipedia dan Encyclopedia Britannica mungkin tidak didasarkan atas banya fakta. Analisis komparatif di majalah Nature tentang 42 lema ilmu pengetahuan di keduanya menunjukan perbedaan yang kecil: Wikipedia mengandung empat ketidakakuratan di setiap entri, sedangkan Britannica ada 3­.
Britannica mempermasalahkan temuan ini, mengatakan bahwa kekeliruan Wikipedia lebih serius dibanding Britannica, dan dokumen sumber analisis ini mencakup pula versi yunior serta buku tahunan Britannica.
Malangnya bagi Britannica, keluhannya tidak kena sasaran—kekeliruan Wikipedia sudah lama dikoreksi, sedangkan kekeliruan Britannica masih ada. Seperti para programmer open source bersama-sama mengidentifikasi dan menangani bug, para Wikipedian dapat dengan mudah menemukan kesalahan dan kemudian membetulkannya. Menurut sebuah riset MIT, kata-kata tidak patut yang menyusup Wikipedia dapat dihilangkan dalam waktu rata-rata 1,7 menit.
Wikipedia akan selalu dikritik. Robert McHenry, mantan editor pelaksana di Britannica, mengeluhkan bahwa walau ada proses edit yang berulang, kualitas entri Wikipedia masih “setara dengan hasil kerja murid SMA.”
Benar bahwa keterbukaan Wikipedia membuatnya rentan terhadap ketidakakuratan, perang edit, dan vandalisme. Namun, keterbukaan ini juga menjadi alasan mengapa Wikipedia dapat terus tumbuh, menambah entri baru, menutup lubang-lubang baru serta mengkaji dan memperbaharui fakta, Wikipedia merengkuh hampir seluruh kekayaan bakat, energi, dan wawasan yang jauh melampaui kemampuan ensiklopedi tertutup seperti Britannica. Seiring waktu, Wikipedia akan terus bergerak menuju model dimana komunitas—dan bahkan mungkin dewan editorial yang menjadi wakil konstituen Wikipedia—dapat membantu mengakreditasi artikel dan memverifikasi sumber dengan lebih efektif, menciptakan konten yang semakin dapat diandalkan dan dipercaya.
Bertindak Hati-hati
Untuk saat ini, Wales lebih memilih bertindak hati-hati saat menerapkan kontrol dari atas kebawah, dan kawatir bahwa menerapkan terlalu banyak kontrol dalam waktu singkat akan membunuh semangat komunitas. “Kami dapat bertindak sangat tegas dalam mengawasi situs,” ujarnya, “tetapi hal ini seperti menjebloskan semua orang ke penjara karena kesalahan kecil. Kami ingin keluar dari sana dan membersihkan taman agar publik tidak merasa tinggal dilingkungan kumuh dan dapat memecah jendela jika mau. Kami lebih memilih membangun lingkungan sehat dan positif agar publik terdorong untuk berkontribusi secara konstruktif.”
Sejauh ini, cara ini berhasil. Proses memperbaiki situs dan prosesnya, yang bersifat bottom-up ini, berhasil mempertahankan tingkat pertumbuhan Wikipedia yang sangat pesat. Rata-rata 2000 artikel baru berbahasa Inggris dikontribusikan setiap harinya, dengan subyek yang sangat beragam. Kondisi ini menjadikan pertambahan hingga 730000 artikel per tahun. Jika anda mempertimbangkan rata-rata pertumbuhan ini, maka Wikipedia akan memiliki lebih dari 5 juta artikel pada tahun 2010, dan ini masih estimasi konservatif. Pada sata yang sama, Wales akan mengunci Wikipedia 1.0 dimana serangkaian entri berkualitas tinggi akan dibekukan. Walau demikian, selama dunia berubah, masih ada banyak ruang bagi konten baru.
Kami meramalkan masa depan konten ensiklopedia, Wales pernah berpendapat bahwa “Encyclopedia Britannica akan tergusur eksistensinya dalam 5 tahun”. Ia tidak lagi meyakini ramalan ini, tetapi sistem produksi biaya rendah Wikipedia yang dinamis menyulitkan Britannica untuk bersaing “Bagaimana mereka dapat bersaing? Skema biaya kami lebih baik dari mereka,” kata Wales.
Sulit bersilang pendapat dengannya. Wikipedia adalah model produksi murah yang cepat, menyebar dan komparatif. Langkah pengalihan biaya kerap menjegal produk atau pesaing baru, tetapi tidak bagi Wikipedia. Wales menawarkan alternatif bebas biaya yang memberikan akses bagi berbagai informasi hanya dengan 1 klik. Kunjungi Britannica, maka anda akan melihat proses pendaftaran yang berbelit dan biaya $11,95 perbulan sebelum anda dapat memperoleh konten terbaik.
Saat anda berbicara dengan wales, anda akan menyadari bahwa Wikipedia hanyalah permulaan . Wikipedia hanyalah adegan pembuka yang menjanjikan sebuah perjalanan panjang yang sangat menarik. Wales sudah mencoba beberapa gebrakan baru. Kamus, diktat, berita, perpustakaan gratis—bagi Wales, langit adalah batasnya. Ia bahkan mempertimbangkan penerbitan buku sempalan seperti The Wikipedia Guide to Rock and Roll atau Wikipedia’s History of World War II, yang sudah pasti ditulis oleh pengguna, dan laba yang dihasilkan dapat dialirkan kembali ke komunitas untuk membuatnya semakin baik.
Kemana lagi peer-production akan membawa kita? Sepertinya akan membawa kita ke tempat yang angat jauh. Seperti kami paparkan pada bab-bab selanjutnya, publik menerapkan organisasi mandiri untuk memproduksi musik, berita, TV, video game, dan berbagai bentuk informasi dan hiburan lainnya. Bahkan, semakin banyak pengusaha yang menilai wiki dapat dimanfaatkan untuk mencetak laba. Pada January 2005, Jack Herrick memulai Wikihow, buku pedoman yang didukung iklan, dibangun dengan cara yang sama dengan Wikipedia. Para pengunjung dapat menemukan artikel gratis tentang semua hal., dari “Bagaimana memperoleh kredit kepemilikan rumah” hingga “Bagaimana mendapatkan nilai yang bagus disekolah”—dipasok oleh para relawan yang memiliki pengetahuan memadai tentang hal ini. Pada beberapa kasus, para relawan ini berharap akan segera memperoleh bagian dari pendapatan yang berhasil digalang Wikihow. Situs-situs seperti ShopWiki dan WikiTravel mengikuti langkah Herrick. Wiki telah melepaskan sebuah kekuatan besar: Lingkaran setan kreasi bersama yang saling melengkapi, yang tidak dapat distop atau di tiru oleh model hirarki.
------------------------------------------------------------------------------------
Bagaimana? Bagus?
Karena pembahasan tentang Wikipedia ini adalah bagian dari buku, mungkin ada yang merasa menggantung atau merasa ada sesuatu yang hilang. Ini wajar saja, karena saya mengutip secara mentah dari sana. Jadi format isinya mungkin belum sesuai dngan model artikel tunggal. Kalau ingin lengkapnya, silahkan beli bukunya saja.
Tapi tidak masalah, yang penting kita bisa mengerti tentang apa yang ada di Wikipedia, dan mungkin kalau bisa kita tidak hanya menjadi pengguna atau penonton saja. Karena Wikipedia memberikan artikelnya secara cuma-cuma, tak ada salahnya bila kita ikut berkontribusi memperkaya konten di sana. Hitung-hitung sebagai balas budi. (AHP 23 Juni 2009 9:19)

4 komentar:

  1. ohh ini yg bukunya setebal batu bata itu ya nan, udah gitu ukuran bukunya juga gede, jadi males belinya (bilang aja lagi bokek). memang fenomenal nih wiki, contoh gotong-royong yg sukses. btw rajin juga nulis ulangnya nan, atau jangan2 di-scan trus di OCR :o

    BalasHapus
  2. Masih tebelan The Intelligent Investor Kok mas, saya beli Adnan ikut ikutan,hehe...

    Screenshot saya belum di post mas?

    BalasHapus
  3. @Joko: iya mas, tapi mending, beratnya ngga seperti batu bata. Cuman harganya lebih berat dari batu bata!.....kalo punya mesin itu, saya sudah scan semua buku yang ada....buat di upload...heheheh
    @yanuar: Kapan-kapan aku motokopi ya

    BalasHapus
  4. @yanuar: oh iya.. lupaaa..hahaha.. ntar ya di-post, padahal saya suka lho lagunya, avenged sevenfold!

    BalasHapus

Kirim Komentar