Selasa, 06 Mei 2008

Fragmentasi File (bagian 1)

udah sering denger istilah Fragmentasi File? Apaan coba? Tau?
Oke..udah cukup mikirnya. Istilah ini ada hubungannya sama Disk Defragmenter di OS Windows, Tau kan.. Disk Defragmenter, Kalo belum program ini bisa diakses lewat [Start] [all program][accessories] [sytem tool][Disk Defragmenter], itu kalo komputernya masih normal. Emang, buat menjaga kondisi OS yang prima, mendefrag harddisk dilakukan secara rutin, kira-kira 2 bulan sekali. Sebenarnya apa sih yang dilakuin oleh Disk Defragmenter kepada harddisk. Mengapa file bisa ter-fragment? Kenapa bisa dengan Defrag Harddisk bisa mbuat komputer tambah cepet? Pingin tau? Baca terus!
Fragmentasi , apaan tuh?
Asal kata Fragmentasi adalah Fragment. Setelah saya buka-buka kamus diketahui kalo Fragment bisa berarti Memotong-motong, pecahan, dan sedikit-sedikit. Dalam hal ini Makna yang paling pas adalah Pecahan. Kalo makna lainnya kayaknya ga nyambung banget, kalo memotong-motong, maksudnya filenya memotong-motong? Kalo yang makna “sedikit-sedikit” lebih ga nyambung lagi. Maka dari itu makna yag paling pas adalah “Pecahan”. Ato makna yang lain yang lebih pas lagi yang ga ada di kamus adalah=”Terbagi”.
Mungkin kalo file dilihat dari lingkungan windows, file manapun terlihat utuh, hanya ada satu bagian file (Ga lucu kan kalo file punya kita tiba-tiba satu bagian ada di folder A yang lain di folder B). Tapi kalo di harddisk bisa saja filenya terpisah-pisah, kepala filenya disini, tangannya disana, badannya ada di nan jauh disana. Tapi file yang terpisah itu tetap terbaca sebagai satu file. Nah, itu sebabnya kenapa komputer bisa jadi lelet kalo banyak file yang ter-fragment, karena head harddisk harus bolak-balik dari sektor satu ke sektor lainnya buat ngakses satu file yang ter-fragmen itu. Proses bolak-baliknya sendiri sangat makan waktu. Apalagi kalo file yang terfragment itu adalah bagian dari OS ato program, kalo udah gitu OS ato program itu jalannya bisa lelet banget. Makanya sangat dianjurkan drive yang sering di Defrag adalah drive C, disitulah letak file OS dan file program
Sekarang kenapa file bisa terfragment?
Biar jelas saya pake analogi. Ada sederet kursi di sebuah ruang tunggu Angkutan Kota (ada yah, baru tau). Anggap saja jumlah kursinya 9, nama kursinya kursi 1, kursi 2 dst, sebagian kursi itu sudah terisi 4 orang, nama orangnya orang A,B,C dan D, berarti yang kosong ada 5. Orang yang di kursi itu ternyata duduk tidak berurutan. Orang A duduk di kursi nomor 3, orang B di kursi nomor 5 dan orang C dan D masing-masing duduk di kursi nomor 8 dan 9.
Setelah itu muncul rombongan genk ibu-ibu cerewet yang suka ngegosip, jumlah mereka 5. Mereka mau duduk di 9 kursi itu. Tapi karena ga ada kursi 5 kosong yang berurutan mereka sewot (ga bisa nerusin gosip anak tetangganya yang katanya suka banget sama jengkol bakar yang dicampur ma saos pizza). Tapi karena 4 orang itu ga mau pindah, terpaksa ibu-ibu itu duduk terpisah. Masing-masing duduk di kursi 1,2,4,6 dan 7. Tapi meski pisah mereka tetap di anggap sebagai satu genk. Nah Genk ibu-ibu telah sukses terfragment menjadi 3 bagian!
Genk ibu-ibu tadi mewakili sebuah file yang terfragment. Sederet kursi mewakili harddisk, 4 orang sebagai file yang sudah ada di harddisk. Angkot sebagai RAM(lho?).
Kembali ke Harddisk beneran. Ukuran file tidak semua sama! Ketika sebuah file berukuran kecil di hapus maka ada ruang kosong sedikit. Katakanlah ada file berukuran besar datang. Harddisk Controler memerintahkan file tersebut di tempatkan di ruang kosong yang sedikit itu. Tapi ternyata ruang kosong itu tidak cukup untuk seluruh file. Maka file yang tersisa itu di tempatkan di ruang kosong lain yang tentunya terpisah. Itulah yang disebut terfragment. Ada penjelasan lain? Ada! Jadi intinya kadang ada sektor yang besar ruang kosongnya lebih kecil dari besar file yang mau ditulis, kalo udah gitu cuman sebagian file saja yang di tulis di sektor itu, sedangkan bagian sisanya di taruh di sektor lain. Terfragment-lah itu file! Jelas?? Kalo belum baca dari awal lagi, nyampe jelas heheh
Jumlah bagian file yang terbagi bisa bermacam-macam, kalo di komputer saya paling dikit 2 (ya iyalah), kalo yang paling banyak saya kurang tau, yang pernah saya lihat sih nyampe 400 bagian.
Dah, artikel ini selesai. Semoga bisa berguna, Thanks for u read (sok inggris!!!). Tapi tenang aja, artikel ni masih ada sambungannya, yaitu mbahas gimana software defragmenter bisa mengatasi file yang terfragment. Baca Lho(meksa mas??)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar