Senin, 19 Mei 2008

Kamere 3 MegaPiksel, Maksudnya apa?

Sedikit ngingat-ngingat tren HP jaman dulu, waktu HP kamera ber-megapiksel baru muncul , waktu kamera HP be-resolusi nyampe 1,3 Megapiksel. Padahal HP kebanyakan waktu itu masih beresolusi VGA(640 x 480). Banyak orang yang rela ngorbanin uang lebih banyak buat beli HP ato kamera yang resolusinya lebih tinggi sambil berharap dia dapet hasil jepretan yang lebih bagus. Tapi apa bener makin gede resolusinya makin bagus kualitas gambarnya? Jawabannya : BELUM TENTU.
Emang, kualitas hasil potretan ngga di tentuin sama resolusi gambar. Resolusi hanya satuan ukuran gambar. Resolusi menentukan besar kecilnya ukuran gambar, detail tidaknya gambar Puas?. Sebelum Ke pertanyaan utama, ada baiknya kalo saya mbahas dulu yang namanya piksel atau dalam bahasa planetnya(Baca: Bahasa inggris) disebut dengan Pixel.
Pixel, Engkau itu apa? Jangan bikin susah daku!
Pixel sendiri merupakan singkatan, kepanjangannya : picture element. Lho kok jadi pixel? Huruf “x”-nya dari mana? Harusnya kan kalo disingkat jadi Picel (Jangan dibaca sebagai Pecel)? Ya emang dah dari dulu kayak gitu. Ga usah protes! “Kan kata ‘pixel’ lebih keren daripada ‘Picel’, ya kan?” mungkin kira-kira gitu replikasi dialog orang yang pertama kali mbuat istilah “pixel”, mau percaya apa ngga terserah, monggo. Yang jelas saya sendiri ngga percaya.
Kalo di arti-in piksel berarti satuan terkecil dalam sebuah gambar bitmap (ato raster, sama saja). Kumpulan piksel itulah yang membentuk sebuah gambar, mau gambar kuda-nil sarap, kuda laut kesurupan, ato malah gambar Kuda darat lagi nge-dance semuanya terbentuk dari kumpulan piksel, dengan catatan gambar itu masih gambar bitmap, kalo gambar vektor, beda lagi. Kalo dilihat pake mata telanjang, piksel seperti segi empat, yang memiliki warna tertentu. Kalo pengin liat langsung, cari aja gambar bitmap. Buka di editor trus perbesar nyampe full, di jamin kalo komputernya normal pasti kelihatan. Ato liat gambar.
Tiap piksel menyimpan informasi warna, yang menentukan warna piksel itu, . Warna itulah yang menentukan bentuk rupa sebuah gambar, kombinasi jutaan piksel dengan warna berbeda, dengan urutan teratur membentuk gambar yang dimengerti oleh mata manusia(normal), wah bagaimana mereka dibentuk? Gampang, beli aja kamera digital!, Gubrak!!
Biasanya jumlah piksel memiliki satuan ‘dpi’ ato dot per inchi (meski satuan ini juga berlaku sama printer) artinya jumlah piksel dalam tiap satu inchi persegi. Semakin besar angkanya semakin banyak piksel yang ditampung.
Bagaimana Pengaruh Jumlah piksel dalam gambar?
Nah gini, kalo jumlah piksel nya banyak maka semakin tajam, detail dan jelas sebuah gambar ketika diperbesar. Tiap gambar mempunyai batas toleransi perbesaran. Bila perbesaran melebihi toleransi, maka dipastikan gambar akan terlihat pecah dan tidak jelas wujudnya ketika dilihat oleh manusia(normal). Nah Batas toleransi yang ga ada satuan-nya ini di tentuin sama jumlah piksel dalam gambar. Semakin banyak jumlah piksel makin besar jumlah batas toleransinya.
Piksel dengan banyak ternyata ada juga efek tidak menyenangkan-nya. Tiap piksel di petakan dalam kumpulan bilangan biner (ga usah takut dulu, baca aja terus), bila jumlah piksel semakin banyak otomatis semakin banyak bilangan biner yang memetakannya, Akibatnya semakin banyak jumlah piksel, semakin besar pula ukuran gambarnya. (lhaa Adnan, gari ngomong kaya kue tok ben ndadak nganggo biner-bineran, opo kuwe??).
Kalo Udah tau apa itu Piksel, Sekarang beralih ke pertanyaan utama yang telah (hampir) terlupakan, yaitu “3 Megapiksel, Maksudnya apa?”.
Nah gini, 3 MP berarti menyatakan jumlah piksel yang ditampung dalam sebuah gambar bitmap. 3 MP berarti ada 3 juta piksel dalam gambar (Mega=Juta). Tapi buat ukuran gambar biasanya dinyatakan dalam jumlah piksel disisinya, ja0rang yang menyebutkan jumlah seluruh pikselnya.
Contohnya sebuah gambar berukuran 2500x1200, berarti ada 2500 piksel disisinya dan 1200 di sisi lainnya. Gimana ngitung jumlah pikselnya? Tinggal di kali saja 2500*1200=3000000 atau 3 juta piksel ato 3 Mega piksel Nah lho?
Dalam kamera digital ( Kamera HP termasuk) biasanya ada istilah “kamera 5 Megapixel” Berarti artinya maksimal jumlah piksel yang bisa ditampung adalah 5 juta piksel. Besarnya jumlah piksel ini tergantung pada kemampuan sensor gambar (‘retinanya’ Kamera) dalam memproduksi piksel di setiap cm persegi.
Sekarang apa pengaruhnya terhadap kualitas??
Memang besarnya jumlah piksel sedikit banyak mempengaruhi kualitas gambar. Namun perbedaannya hanya terasa di layar yang resolusinya besar, komputer misalnya. Gambar dengan resolusi VGA (640x480) dengan resolusi 1,3 MP tidak akan terasa perbedaannya di layar HP, yang paling resolusinya Cuma sekitar 220x176, perbedaannya hanya terasa di layar yang lebih besar, komputer misalnya (resolusi bisa mencapai 2048x1536 pada komputer high-end).
Jadi pengaruh kualitas hanya itu. Selebihnya di tentukan sama faktor lainnya, contohnya kualitas sensor, jenis lensa, kompresi gambar, jenis kamera dan masih banyak lagi. Tapi jangan heran kalo hasil gambar jepretan yang resolusinya tinggi lebih bagus dari yang rendah. Kenapa itu? Yang jelas bukan karena resolusinya. Ingat!! Harga kamera ber-resolusi tinggi cenderung lebih tinggi dari yang ber-resolusi rendah. Karena selain resolusi tinggi kamera mahal juga di bekali dengan sensor, lensa dan komponen lain yang lebih baik.Hasilnya tentu saja lebih bagusan yang mahal. Jadi hasil foto antar kamera yang berbeda jangan coba-coba di bandingkan. Tidak akan setara. Trus gimana? Bandingkan dengan kamera yang sama tapi resolusi berbeda, pasti hasilnya terlihat sama. Kalo masih keliatan beda, coba ke toko optik, tes mata, trus beli kacamata habis itu liat lagi. :-).
Jadi ngapain beli Kamera Digital yang resolusinya tinggi kalo hasilnya cuman di pajang di layar yang kecil. Apalagi gambar yang resolusinya besar cuman ngabisin memory. Jadi belilah sesuatu dengan bijak sesuai dengan kebutuhan, yang lebih lengkap belum tentu lebih baik. (AHP, 9 Mei 2008 20:32, artikel ini ditulis atas permintaan seorang anak manusia (sekali lagi bukan tumbuhan) bernama Jo)

2 komentar:

  1. berguna banget artikelnya....
    makasih banget,!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Informasinya berguna banget gan.
    Makasih iya

    BalasHapus

Kirim Komentar