Rabu, 08 Oktober 2008

Teknik-Teknik Shutdown

Istilah shutdown (atau dalam XP dan Vista disebut Turn Off, saya pakai istilah “shutdown” saja karena lebih familiar) sudah tidak asing bagi pengguna komputer. Mulai dari pemula, menengah sampai tingkat mahir bisa dipastikan sudah pernah menggunakan fasilitas ini. Kalau bisa menyalakan komputer, tentu bisa mematikannya—dengan prosedur yang benar tentunya. Apalagi untuk melakukan pembunuhan terhadap komputer(baca:shutdown) caranya sangat mudah, ibaratnya anak kecil pun bisa. Cuman beberapa kali klik, komputer terbunuh secara otomatis. 
Ketika pertama kali belajar komputer, yang paling saya perhatikan adalah cara menghidupkan dan cara mematikan. Dua ini yang paling krusial (dan basic) dalam berkomputer. Bila tidak menguasai keduanya, jangan harap bisa berkomputer dengan tenang. Misalnya ketika seseorang baru mempelajari komputer kemarin sore. Sukses menyalakan komputer, ia langsung membuka buku tentang dasar-dasar windows yang dibelinya dengan jatah uang belanja istrinya (dan dia hampir diceraikan karenanya), mempraktekan apa yang ada disana. Sayangnya dalam memperlakukan komputernya, ia seperti petugas PLN, pemadaman paksa! Stopkontak langsung dicabut begitu saja tanpa kompromi. Tak heran, bosan di bunuh paksa oleh majikannya, komputer itu mogok kerja. Ini bukti tanpa ilmu menghidupkan dan mematikan, komputer dan penggunanya takkan tenang. 
Meski sangat krusial, dua ilmu itu sangat mudah dipraktekan, apalagi untuk komputer desktop. Tentu tidak seperti super komputer yang membutuhkan prosedur khusus untuk menghidupkan dan mematikan. Lha kalau sudah segampang itu, kenapa masalah shutdown masih tetap saya bahas? Soalnya teknik menshutdown juga banyak variasinya, nah..saya coba sharing beberapa teknik shutdown yang sudah pernah saya pelajari. Oke lanjut....!

Shutdown Cepat Dengan Satu Tombol
Percaya atau tidak, teknik ini sangat bisa dilakukan. Dengan hanya menekan satu tombol saja, secara otomatis komputer terbunuh sesuai prosedur. Tombol sakti yang mana itu? Yaitu tombol power. Ya benar! tombol power yang ada di casing, yang biasanya ditekan untuk menghidupkan komputer. Selain di casing tombol power juga ada di keyboard, biasanya di pojokan kanan atas. Lha...apakah itu sesuai prosedur? 
Sering saya praktekkan di lab komputer sekolah. Biasanya saya dimintai tolong untuk membantu mematikan komputer-komputer lab yang masih menyala, kadang sampai puluhan komputer yang menunggu untuk dibunuh. Bila menerapkan prosedur biasa (start->turn off computer->turn off), tentunya tidak efisien kan? Nah dengan menekan satu tombol saja, waktu dan tenaga bisa lebih dihemat. 
Banyak teman saya yang meragukan keamanannya, takutnya tidak sesuai prosedur. Ini wajar saja, karena tombol itu juga memungkinkan untuk membunuh paksa komputer. Tapi asal dilakukan dengan teknik yang benar, tombol itu sangan aman dan efisien. Asalkan tombol itu ditekan sekali saja dan tidak di tahan, setelah ditekan tunggu komputer mati. Bila di tahan (bahasa banyumasan=di panjer), itu artinya komputer dibunuh paksa (tidak sesuai prosedur tentunya). 
Untuk membuktikan apakah teknik ini sesuai prosedur atau tidak, silahkan buka jendela power option di control panel. Kemudian buka tab ‘advanced’, perhatikan kolom ‘power buttons’ , disitu ada tulisan ‘when i press the power button on my computer’ dibawahnya ada pilihan. Apakah mau di shutdown, hibernate, stand by atau lainnya. Bila disitu terpilih shutdown, artinya bila tombol power di tekan, komputer akan melakukan shutdown, dan tentunya sesuai prosedur dong. Dibawahnya juga pilihan seperti itu, bedanya yang ditekan tombol sleep bukan tombol power. Tombol sleep bisa ditemukan di keyboard, biasanya dekat dengan tombol power.

AutoEnd Task
Kadang proses shutdown terganggu dengan munculnya jendela peringatan ‘aplikasi not responding’ dan ada tombol ‘end now’ dan ‘cancel’. Ini terjadi karena ketika proses shutdown dimulai, masih ada aplikasi yang sedang melakukan proses. Karena proses itu, muncul peringatan apakah proses shutdown akan diteruskan dan menghentikan proses itu atau dibatalkan. Kadang kemunculan jendela ini membuat proses shutdown sedikit terhambat, itu cukup menyebalkan tentunya.
Dengan sedikit utak-atik registry, pesan tersebut bisa dihilangkan. Cukup dengan copy paste script dibawah ini di notepad.
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop]
"AutoEndTasks"="1"

Kemudian Save as, kemudian beri nama ‘autoendtask.reg’, pada kolom ‘save as type’, ‘text documents’ diganti menjadi ‘all files’. Kemudian jalankan file tersebut, akan muncul jendela pemberiahuan, cukup tekan ok saja. Dengan script itu, aplikasi apapun yang sedang berjalan ketika proses shutdown, akan dimatikan dengan paksa tanpa ada jendela yang mengganggu. Tapi sebelum melakukan shutdown, pastikan semua aplikasi sudah tidak digunakan lagi.

Shutdown Otomatis

Mungkin ada juga keinginan juga untuk membuat komputer seperti TV. Tinggal pencet tombol remote, TV bisa mati otomatis dalam waktu tertentu. Sayangnya Windows XP tidak menyediakan fasilitas itu, yang ada hanya hibernasi dan stand by otomatis, itupun bila setelah komputer tidak digunakan. Meski di windows XP fasilitas tersebut tidak ada, banyak aplikasi yang menawarkan fungsi ini, salah satunya adalah AMP WinOff.  
Kemampuannya lumayan banyak. Bisa untuk penjadwalan kapan windows harus shutdown, restart, standby, hibernasi del-el-el. Dia juga bisa mengambil screenshoot layar sebelum di shutdown. Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan kunjungi disini
Setelah mendapatkan installernya, segera instal program itu. Kemudian jalankan, maka muncul jendela utama AMPWinOff
Misalnya kita ingin mematikan komputer 1 jam dari sekarang. Pertama yang dilakukan adalah perhatikan kolom ‘Shutdown System ini’ yang terletak di pojokl kiri bawah. Beri tanda centang pada opsi ‘enable’. Setelah itu atur angka jam pada opsi ‘hour’, karena ingin mati satu jam lagi maka beri angka 1 disitu. Sedangkan pada opsi ‘minute’ beri angka ‘0’. Beralih ke kolom ‘shutdown mode’, pilih power off untuk menshutdown komputer. Klik ke tab ‘General Option’, beri centang pada opsi ‘Force Shutdown’, dengan ini aplikasi yang aktif waktu proses shutdown akan dipaksa berhenti. Fungsinya mirip dengan Autoend Tasks. Setelah itu klik tombol ‘activate’ yang terletak di kiri atas, maka penghitung mundur akan berjalan. Untuk menonaktifkan fungsi shutdown, tekan tombol deactivate.
Meski kelihatan sepele, teknik shutdown seperti ini bisa membuat aktivitas berkomputer menjadi lebih efisien. pengguna komputer juga tidak hanya terpaku pada aturan sakti ‘start->turn off computer->turn off’. selain cara itu, banyak cara lain yang lebih efisien untuk dilakukan. Teknik-teknik disini hanya mewakili dari sekian banyak teknik lain yang tidak saya bahas, mungkin masih banyak teknik lain yang lebih efisien. Akhir kata, semoga artikel ini bisa berguna(AHP 7 Oktober 2008; 22:45)  

14 komentar:

  1. wah semakin keren aja temen yang atu nih.

    BalasHapus
  2. Kalo pada komputer MAC gimana prosedurnya?

    BalasHapus
  3. @muji: Wah mas...wajahku dari dulu g berubah lho.

    @jn: Berhubung seumur hidup belum pernah pake MAC jadi ga tau mas...taunya cuman windows

    BalasHapus
    Balasan
    1. asliiiiiiiiiii......................

      Hapus
  4. Hmm.. Tertarik sama yang auto end. Nice info.

    BalasHapus
  5. @FF: Iya..dengan autoend jadinya ga ada jendela endnow yang ngganggu proses shutdown

    BalasHapus
  6. kalau pada tab tidak ada tulisan hibernate gimana?
    truz kalau tombol stand by tidak nyala apa yang diprogram?
    Please bantuin........

    BalasHapus
  7. mas,mau tanya,
    saya memakai windows vienna,akhir2 ini turn off saya bermasalah,karena setiap turn off itu ada peringatan end now beberapa aplikasi seperti avg dan program yang lain,apa bisa dipakai dengan regedit diatas?

    BalasHapus
  8. Windows Viena? windows 7 mungkin? Script regstry yang itu belum pernah di coba di Windows 7. Tapi ada kemungkinan bisa, coba saja.

    BalasHapus
  9. shutdown 5 detik... tekan tombol shutdown selama 5 detik.. mati total dah tuh

    BalasHapus
  10. wah.. keren.keren...
    biasanya saya cuma hanya emnggunakan prosedur biasa START->TURN OFF COMPUTER->TURN OFF..
    tapi klau ada prosedur yang aman dan praktis kenapa tidak?

    * oh iya thanks juag buat tutorial autoend tasknya
    emang sering tuh nelamin hal kayak gt yang harus diminta klik tombol end now.. bikin ribet and lama aj..

    berguna bgt ni buat saya.. thanks ya

    BalasHapus
  11. Kayanya cara pake run juga ada deh...

    BalasHapus
  12. @mark: Pake Palu juga bisa....

    BalasHapus
  13. klo shutdown hrus dua kli bru bner2 mati , mslah,a apa ?
    pas shutdown pertma , laptop layar,a udh mti , stelah beberapa mnit kmudian , laptop nyala lgi , trus di shutdown , bru bner2 mti , , ,

    BalasHapus

Kirim Komentar