Minggu, 14 Desember 2008

Opera 10 Alpha

Setelah belum lama ini meluncurkan versi 9.62nya, Opera mulai menunjukan taringnya kembali. Yaitu diumumkannya Opera versi 10. Hanya saja masih dalam tahap Alpha. Opera 10 pertama kali diumumkan ke publik sekitar 4 desember lalu dan bebas di download untuk ditest. Apa yang ditawarkan di Opera versi ini?
Untuk user interface standar hampir tidak ada perubahan, masih mirip dengan Opera 9.5. Tapi meski dari kulitnya tidak ada perubahan, dari dalamnya ada. Salah satunya adalah engine Presto terbaru, yaitu versi 2.2 menggantikan versi 2.1. Presto adalah mesin rendering milik opera, inilah yang akan menerjemahkan kode bahasa aplikasi web kedalam bentuk yang lebih estetis, yaitu halaman web. Kecepatan browser ketika meload halaman web ditentukan oleh mesin rendering. Bila renderingnya berkelas, maka browser pun dianggap cepat dan cekatan.



Presto versi terbaru ini adalah perbaikan dari Presto sebelumnya, dimana pihak Opera menjanjikan peningkatan kecepatan, kemampuan dan keamanan dibandingkan Opera sebelumnya, ini membuat performa Opera 10 meningkat sekitar 30 % . Menurut pihak opera di situsnya, Opera 10 mampu mendapat nilai 100/100 untuk tes acid3. Penasaran, saya coba buktikan, ternyata memang score yang didapat adalah 100/100, nilai yang sempurna! Ini melebihi Chrome, safari bahkan firefox, dan ingat Opera ini masih tahap alpha, belum final.


Selain peningkatan performa, ada beberapa fitur-fitur baru yang di tambahkan di Opera ini. Diantaranya..

Inline spell-check


Semacam pemeriksa ejaan, fungsi ini bisa dipakai di kotak input pada website, e-mail clientnya Opera dan notes. Sayangnya bahasa yang dipakai masih bahasa inggris. Tapi cukup berguna ketika akan menggunakan bahasa inggris ketika menulis, tidak usah kuatir dengan kesalahan eja.

Auto-Update


Diklaim fitur update otomatis ini lebih mudah difungsikan daripada versi sebelumnya. Dengan ini, pengguna tidak akan ketinggalan versi terbaru Opera.
Apakah hanya itu perbaikan dan penambahan fitur di Opera 10? Tentu saja tidak, masih banyak lagi. Bila ingin tahu lebih jauh tentang Opera terbaru ini, silahkan kunjungi website resmi Opera. Termasuk bila ada yang berminat mencoba, disitu juga ada link downloadnya. Tapi berhubung ini versi Alpha, saya tidak menyarankan Opera 10 di pakai untuk browsing sehari-hari. Mungkin masih banyak bug yang bisa mengganggu aktifitas browsing penggunanya. Namun kalau untuk coba-coba, silahkan saja, malah kalau bisa ikut berkontribusi dengan cara ikut melaporkan bug-bug yang muncul.
Sementara ini untuk anda pecinta Opera, bersabarlah. Gunakan dulu Opera 9.6 untuk browsing, tunggu hingga versi final Opera 10. Mungkin saja di versi finalnya, bisa lebih stabil, lengkap fiturnya dan lebih cepat. Bersabarlah (AHP 13 Desember 2008 20:28)

4 komentar:

  1. wah, langsung banyak neh postingnya.

    BalasHapus
  2. wakss.. baru test firefox 3 di acid3, cuma dapet 71/100. mantap juga ya opera!

    udah kelar ujian nan? tumben nih rame updatenya :D

    BalasHapus
  3. Katanya yang baru ini lebih cepat ya?

    BalasHapus
  4. @mujisas: Iya nih mas...mumpung lagi mood
    @Joko: Betul mas! Ayo ramai-ramai migrasi ke Opera 10....Btw Ni baru selesai ujian praktek fisika mas.
    @Rian: Enginenya versi baru. Ada kemungkinan lebih cepet dari versi 9

    BalasHapus

Kirim Komentar