Kamis, 01 Januari 2009

Transparansi Title Bar Vista Di XP

Melanjutkan artikel sebelumnya, soal XP menjadi mirip Vista. Setelah tema dan toolbarnya menjadi mirip Vista, kurang rasanya bila tidak menambahkan lagi fitur Vista di XP. Di artikel ini, fitur vista yang akan ditambahkan adalah Transparansi title bar, yang menjadi salah satu daya tarik Vista . Transparansi itu adalah bagian dari Aero vista yang membuat jendela aplikasi tampak indah dan elegan. Bisakah transparansi seperti itu ditampilkan di XP? Tentu bisa… lihat screenshot di samping, perhatikan title barnya. Ya, title bar itu transparan. Asal tahu saja, screenshot itu diambil di Windows XP, bukan Vista. Oke…bila ingin XP menjadi seperti itu…baca terus.
Banyak software yang menawarkan fungsi transparansi, Glass2k dan Power Menu adalah diantaranya. Namun keduanya berfungsi untuk membuat transparan seluruh jendela aplikasi. Padahal di Vista, hanya title bar yang transparan. Artinya kedua software itu kurang cocok untuk transparansi seperti yang dilakukan Vista.
Software yang cocok untuk itu adalah TrueTransparency. Program inilah yang benar-benar bisa membuat title bar transparan. Langkah awal, download dulu programnya disini. Setelah berhasil didownload, ekstrak dulu filenya di folder mana saja. Setelah itu jalankan programnya. Selesai, program ini akan membuat title bar hampir semua aplikasi menjadi transparan mirip Vista. Ya..semudah itu.
Selama software ini berjalan, iconnya ini akan muncul di system tray. Bila icon itu diklik kanan, akan muncul beberapa pilihan, diantaranya Run at Startup: Centang opsi ini agar software otomatis dijalankan ketika start up, Skin: Berisi beberapa mode tampilan title bar, pilih yang paling elegan, languages: Pilihan bahasa, Exit: Tekan untuk keluar.
Software ini bekerja dengan mengganti title bar standar XP dengan beberapa gambar berformat png (portable network graphic). Gambar itulah yang mencitrakan bentuk title bar aplikasi, termasuk efek transparannya. Gambar format png memang dikenal bisa membuat gambar yang transparan. Simple kan…
Hal ini membuat TrueTransparency tidak begitu memberatkan kerja komputer. Tercatat di task manager, RAM yang di konsumsinya hanya sekitar 5 MB. Saat itu, windows sedang membuka 11 Jendela aplikasi.
Memang sih, transparansi yang dihasilkan software ini tidak sesempurna Vista. Tapi cukup membuat interface XP menjadi lebih segar sekaligus membuat kagum teman. Ada beberapa masalah ketika title bar aplikasi tidak menggunakan title bar standar windows, dari yang efek transparannya tidak muncul, sampai tampilannya yang justru menjadi kacau.
Beberapa Screenshotnya:

Klik Untuk Memperbesar









Cacat di Office 2007

8 komentar:

  1. Lho, Word kalo di maximized tetap transparant ya?

    BalasHapus
  2. @Rian: Kalo yang itu kondisi minimized, Office buttonnya ketutup sama title bar buatan TrueTransparency. Tapi kalo kondisi maximized, title bar transparannya masih ada cuman ga nutupi Office Button

    BalasHapus
  3. cool thing Nan

    BTW

    met tahu baru
    (sori rada telat)

    BalasHapus
  4. mas adnan makasih ya tutorialnya. btw saya minta maaf lancang copy tutorialnya. habis waktu terbatas n uang mepet ni. tapi tenang aja ni buat saya sendiri ko, ga diperdagangkan. ma'aaaaaap!

    aufa

    BalasHapus
  5. @Badaks: Makasih Nus...
    @Aufa: Sama-sama Aufa....kalo cuman ngopi buat sendiri silahkan saja, ga masalah. Malah lebih bagus kalo disebarkan ke teman-teman aufa, Dengan Catatan harus dikasih sumbernya, sekalian promosi gratis..heheh...

    BalasHapus
  6. pake windows blind aja.... udah bisa aero kok ( transparant ) kalo mau mirip - mirip kayak vista kusaranin pake
    1. window blinds 5.5 plus vista aero skin
    2. visual tooltip
    3. 3d winflip
    4. icon packager

    semua kenutuhan vista ada disana tapi cuma 1 fitur pada vista yang gak bakalan kamu temuin yaitu Fade Effect vista......
    dijamin kompie ga bakalan lemot....

    BalasHapus
  7. mantap coy... gw setuju ajari gw dong mas adnane cara bikin skin blog jadi transfaran

    BalasHapus
  8. wah info yang menarik..
    saya coba dulu deh..
    tq ya

    BalasHapus

Kirim Komentar