Jumat, 22 Januari 2010

Chrome Experiment

Java script menjadi bahasa scripting yang paling populer saat ini, khususnya aplikasinya di halaman web. Sedikit website didunia ini yang tidak menggunakan javascript.  Fungsinya sangat luas, dari yang sekedar untuk sesuatu yang tidak penting sampai untuk urusan hacking. Apabila berpikir javascript hanya di peruntukan untuk manipulasi halaman web saja, itu salah.
Di website Chrome Experiment , ada lebih dari 70 aplikasi web yang mengaggumkan yang di buat dengan salah satu komponennya adalah java script, mulai dari  game, animasi,   sampai editor gambar. Aplikasi web merupakan karya desainer dan programmer  dari seluruh dunia dengan  menggunakan java script yang dipadukan dengan element html5 yang disebut canvas, SVG dan beberapa tool javascript seperti  JQuery.
Beberapa aplikasi yang ada di situ di buat dengan sangat mengaggumkan, tidak hanya halaman web yang dapat dimanupulasi oleh javascript, tapi juga jendela  browser dan komponen-komponennya, seperti pada aplikasi Pong.  Mirip seperti game Pong yang dikenal pada jaman dahulu, namun pong disini menggunakan jendela browser sebagai bola dan pemukulnya.  Aplikasi mengaggumkan lainnya  masih banyak, seperti Google Gravity, Depth Of fieldCanvas 3D engine, Canopy dll.

 
Pong dengan jendela browser

 

Google Gravity

Depth Of field dan Canvas 3D Engine  merupakan beberapa contoh bagaimana javascript dan canvas merender bentuk 3 Dimensi di jendela  browser. Jadi bukan hanya aplikasi desktop saja yang dapat menampilkan bentuk 3 dimensi.  Ini menunjukan bahwa bukan tidak mungkin nantinya akan ada website yang kontennya di tampilkan dalam bentuk 3 dimensi. 


Depth Of Field






 Canvas 3d Engine, render bentuk 3 dimensi

Jika dilihat dari nama websitenya, tentunya chrome experiments ada hubungannya dengan Google Chrome. Tapi bukan berarti Aplikasi disana hanya bisa di gunakan di Google Chrome. Firefox, Safari, dan Opera versi baru yang sudah mendukung standar HTML yang baru juga bisa menjalankannya. Kecuali IE yang tidak disarankan untuk dipakai. Hanya saja, Google Chrome merupakan browser  yang  menjalankan javascript paling cepat. Jadi untuk tampilan terbaik, gunakan Google Chrome. Selain itu, Chrome Experiment dibuat agar web lebih cepat, menyenangkan dan  terbuka. Itu juga merupakan tujuan dibuatnya Google Chrome.
Dan siapa tahu, salah satu aplikasi di Chrome Experiment  merupakan embrio dari tampilan website di masa mendatang. (AHP 21 Januari 2009 11:34)

1 komentar:

  1. Nice info cuy.
    Saya terkesan ni sama javascript untuk bikin aplikasi 3D.
    Saya pikir bisa di masa depan game2 online dibikin cuman pakai javascript sama HTML5 aja.
    Keren deh.

    Thank's infonya.

    BalasHapus

Kirim Komentar