Senin, 11 Januari 2010

Hal Yang Istimewa di Google Wave


Pada postingan sebelumya saya sudah menjelaskan tentang fungsi di buatnya Google Wave. Seperti janji saya di postingan itu, kali ini saya membahas lebih lanjut mengenai Google Wave. Google Wave bisa dikatakan sebagai generasi email selanjutnya, yang menggabungkan antara fungsi email, instant massaging, social networking dan file sharing.
Secara umum, apa yang istimewa di Google Wave adalah konsep cara berkomunikasinya. Paradigma yang ditawarkan Google Wave mengubah cara kita berkomunikasi dengan orang lain dalam internet. Saat ini kita masih nyaman dengan chatting, email, attachment file. Di Google Wave semua itu dapat dilakukan dengan lebih mudah dan terstruktur.
Kita juga dapat menggabungkan antara komunikasi dengan sharing dokumen. Bila sekarang, saat sedang bekomunikasi dengan orang lain, apabila ingin membagi file dengan mereka, maka harus menggunakan tempat yang terpisah dan mungkin kita harus menyediakan link. Di Google Wave antara tempat untuk berkomunikasi dan untuk berbagi file menjadi satu, komunikasi sekaligus sharing file tanpa harus berpindah-pindah tempat, tidak ada layanan lain yang seperti ini
Berikut ini adalah kemampuan dan fitur-fitur dalam google wave yang mampu membuat dia dapat melakukan itu :


Realtime
Maksudnya realtime disini adalah, ketika kita mengetikan sesuatu di Wave, maka pada saat itu juga proses kita mengetik dapat dilihat oleh teman kita yang ada dalam Wave tersebut karakter demi karakter. Berbeda dengan kebanyakan alat input yang ada di website sekarang ini, yang harus mengklik tombol submit atau semacamnya agar orang lain dapat membacanya. DI Google Wave, tidak butuh klik tombol seperti itu, tinggal tulis di Wave, maka orang lain dapat langsung membacanya. Ini memberikan kesan tersendiri pada percakapan yang kita lakukan. Seperti berada dalam satu ruangan. Selain teks, file-file lain yang di upload di Wave juga dapat langsung di akses oleh orang lain dalam wave.

Wiki
Dengan fungsi wiki ini, tulisan yang di ketik oleh siapapun di Wave dapat di edit oleh orang lain. Berbeda dengan media komunikasi lainnya yang tidak mengijinkan kita untuk mengedit tulisan yang dipost oleh orang lain. Di Google Wave itu dapat dilakukan, ini berguna untuk kolaborasi dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya ketika membuat proposal atau tugas, tiap orang yang ada dalam wave dapat ikut berkontribusi dengan mudah. Masing-masing orang dapat mengerjakan bagian yang berbeda dalam waktu yang sama. Pekerjaan yang memerlukan kolaborasi seperti itu akan jauh lebih cepat dengan Google Wave, bahkan bisa lebih cepat dibandingkan berkumpul secara fisik.
Bagaimana kalau tulisan kita di edit dengan tidak bertanggung jawab oleh orang lain? Jangan kuatir, apabila ada orang lain yang mengedit, maka dia akan tercatat sebagai kontributor. Siapapun yang ada dalam wave akan tahu siapa saja yang mengedit. Lagipula dengan fitur wiki, kita dapat dengan mudah mengoreksi kata-kata yang salah dari orang lain ataupun dari kita sendiri.

Upload Dengan Drag & Drop
Rutinitas yang kita lakukan ketika akan upload file adalah mengklik tombol browser atau sejenisnya, mencari file yang akan di upload, kemudian klik upload dan tunggu hingga selesai. Dengan Google Wave kita tidak perlu mengupload file dengan menggunakan ritual tersebut. Cukup drag&drop file dari windows explorer ke jendela wave di Google Wave, dan file akan di upload dan dapat dilihat oleh orang dalam Wave seketika itu juga. Fungsi ini sangat memudahkan kita untuk membagi file, mau download berapapun file, cukup hanya dengan satu tarikan saja.
Namun fungsi drag & drop ini hanya berlaku bila menggunakan Google Chrome atau Browser yang menggunakan plugin google gears. Teman saya menggunakan Firefox dan Safari, disana drag & drop tidak berfungsi, Di Opera, Google Wave tidak bisa berjalan sama-sekali.


Extensions
Ekstension merupakan aplikasi tambahan yang menjadi daya tarik di Google Wave. Ada dua jenis extension Google Wave, yaitu Robots dan Gadgets.
Robots adalah extension yang dapat berinteraksi langsung dengan kita melalui wave. Robots berwujud seperti alamat wave yang dapat di tambahkan di daftar kontak kita. Cara menggunakannya seperti ketika menambahkan partisipan lain dalam wave. Begitu di tambahkan, robots akan bekerja secara otomatis sesuai dengan fungsi yang dilakukannya.


Robots dapat berlaku seperti pengguna manusia, dia dapat memodifikasi informasi dalam wave, berinteraksi dengan pengguna, berkomunikasi dengan Wave lainnya dan mengambil informasi dari website luar.
Contoh robots yang menurut saya menarik adalah Eliza robot (elizarobot@appspot.com). Robots ini berfungsi seperti ECCEliza yang pernah saya jelaskan disini. Eliza robot adalah aplikasi kecerdasan buatan yang mencoba mengerti dan memberi respon apa yang kita katakan.

Robots Eliza dalam Wave

Sedangkan Gadget merupakan aplikasi tambahan yang dapat ditambahkan di Wave untuk menambah fungsionalitas atau hanya untuk sekedar hiburan. Gadget dengan fungsi-fungsi penting hingga hanya sekedar game bisa ditambahkan di Google Wave. Oya, di Google Wave, game dapat dimainkan multiplayer secara realtime sehingga bisa memberikan kesan tersendiri apabila dimainkan secara beramai-ramai.


Contoh Gadget :Sudoku, Permainan sederhana yang mengasikan di Google Wave

Image Slideshow
Sebenarnya bukan fungsi yang istimewa, tapi lumayan menarik. Dengan Image Slide show kita bisa melihat slideshow gambar yang di upload dalam Wave. Tampilan slideshownya bagus dan tidak terlalu memberatkan.


Image Slideshow

Playback
Playback adalah salah satu fitur unggulan di Google wave. Dengan Playback, kita bisa melihat kembali rekaman aktifitas di Wave yang telah berlalu. Detail yang di tampilkan lengkap dan kronologis. Playback sangat berguna ketika kita ingin tahu bagaimana kronologis aktifitas di Wave.

Playback

Itu Saja fitur-fitur Google Wave? Tentu saja tidak….itu hanya sebagian kecil saja, masih banyak fitur-fitur lain yang terdapat dalam Apalagi saat ini Google Wave masih dalam masa pengembangan, Mungkin saja nantinya fitur-fitur baru akan ditambahkan untuk fungsionalitas Google Wave. Kita tunggu saja apa yang akan ditambahkan pengembang Google Wave kedepannya…(AHP 11 Januari 2010 20:57)

9 komentar:

  1. Wah info ttg konpyu nich..Mas Adnan...
    Thanks sharingnya dan mampir ya..
    Sukses selalu..!

    BalasHapus
  2. Kapan Wave akan dirilis final?

    BalasHapus
  3. @lulus : Sip mas, langsung ke tekape.
    @muji : Kurang tau mas, kalau penilaian saya, Google Wave masih banyak yang perlu di kembangin..

    BalasHapus
  4. mas, share link ini ke fb yah?? boleh kan? nggak kopas kog! hehehe.....

    BalasHapus
  5. izin share link mas ke FB saya spy nambah popularity yah??... thanks bwt infonya! nice info! :)

    BalasHapus
  6. @Anonim: Silahkan-silahkan, santai saja....

    BalasHapus
  7. Informasi yang bagus, tapi saya gak suka kata-kata terakhirnya, kayak sombong amat gitu. Tapi saya setuju, blog ( http://adsense-charmins.blogspot.com ) emang gak bagus nih, saya juga gak suka...

    BalasHapus
  8. oh yap..ap.Lucu juga tuh robotnya~hehe

    BalasHapus
  9. @Aris: Begitu ya? kalau begitu mohon maaf....kata-katanya sudah saya kurangi, masih terkesan begitu ngga?

    @uni: kadang ngga nyambung juga...

    BalasHapus

Kirim Komentar