Selasa, 06 Mei 2008

Kearifan Sebuah Komputer

Kalo kita perhatikan dalam komponen komputer tidak ada satupun dari mereka yang bekerja sendiri. baik yang paling cepat sampai yang paling lambat semuanya saling tergantung. Mustahil komputer bisa menjalankan fungsinya dengan baik bila ada satu komponen yang hilang atau tidak berfungsi. Processor adalah komponen yang paling cepat, kerjanya tergantung pada cache memory, cache memory tergantung suplai data dari RAM, RAM tergantung suplai data dari komponen yang lebih lambat: Harddisk. Motherboard, seperti namanya, dialah yang menjadi pijakan semua komponen baik itu Processor, RAM dan Harddisk. Semua Kabel akan bermuara di Motherboard. Kabel Harddisk tidak langsung menuju ke RAM. Dan semua komponen itu tergantung pada Suplai Daya dari power supply. Power Supply menerima daya dari listrik AC bertegangan tinggi yang bisa merusak komponen komputer dan mengubahnya menjadi arus DC kemudian membagi arus DC yang tidak “mematikan” itu ke tiap komponen dengan adil sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Ingat! Adil bukan berarti sama rata.
Apa yang bisa dipetik dari paragraf di atas? Kerjasama Tim.
Kesuksesan sebuah tim tidak terjadi karena satu orang saja. Komputer Cepat bukan berarti processornya cepat. Artinya kesuksesan sebuah tim terjadi karena kerjasama dan komunikasi yang baik antar anggota tim. Selain itu terjadi ketergantungan antar anggota Tim. Orang tidak layak sombong ketika memimpin sebuah organisasi, karena dia sendiri memiliki ketergantungan dengan anggotanya. Sebuah processor tidak akan bekerja bila tidak didampingi oleh komponen lain. Baik yang besar atau kecil semuanya saling tergantung. Tidak mungkin ada orang besar bila tidak ada orang yang kecil. Artinya yang besar pun tergantung oleh yang kecil.
Processor secepat apapun tidak akan maksimal bila ada satu komponen yang lemah.
Selain itu bila ada seorang anggota tim yang bekerja kurang maksimal maka akan berpengaruh terhadap kinerja tim lainnya. Contoh? Sebuah RAM dual channel (dua buah RAM dalam satu komputer) bila 2 RAM tersebut memiliki kecepatan Berbeda, maka yang lebih cepat akan menyesuaikan yang lambat. Sehingga kinerja RAM yang cepat tidak akan maksimal.
Mungkin ini tidak selamanya benar, tetapi sering terjadi.(AHP, 5 Mei 2008 12:17)

1 komentar:

Kirim Komentar