Kamis, 14 Agustus 2008

Dibalik Nama KOMPUTOK

Masih banyak orang bingung tentang arti nama KOMPUTOK. Memang ketika saya ngetik ‘komputok’ di mas google, blog yang mengacu pada kata ‘komputok’ cuman blog ini, sisanya rata-rata news feed dan situs-situs lain yang memang acuannya ke blog ini. Wah apa artinya ini, berarti didunia ini hanya ada satu website yang mengandung unsur komputok. Weleh-weleh mungkin agak berlebihan yah...mengingat jumlah website didunia itu sangat banyak. Oke..mungkin kata ‘komputok’ di dunia internet ga cuman satu, tapi mas google sudah berhasil menunjukan kalo kata ‘komputok’ itu unik. Tapi tentu saja saya menanamakan blog ‘komputok’ ada maknanya, bukan asal terdengar unik saja.
Makna ‘Komputok’
Sekilas memang alamat blog ini mirip sama nama tabloid komputer, yaitu tabloid ’komputek’. Hanya beda di huruf ‘e’ dan ‘o’. Tapi bukan berarti saya memparodi atau terinspirasi nama tabloid itu. ‘komputok’ punya makna tersendiri yang jauh berbeda. Mungkin memang hanya kebetulan mirip.
Coba perhatikan header blog ini, tertulis ‘Komputer Tok!’. Kata itu merupakan kepanjangan dari ‘komputok’. Nah, kata ‘komputer’ sudah mencerminkan isi blog ini. Artinya blog ini bertema tentang komputer. Sekarang yang banyak jadi pertanyaan adalah makna kata ‘Tok’. Yang perlu diketahui kata ‘tok’ itu dalam bahasa banyumas bisa berarti ‘hanya’ (meskipun padanan katanya tidak benar-benar sama). Jadi misalnya ada kata ‘kowe tok’, itu artinya ‘hanya kamu’. Jadi kata ‘komputer tok’ itu bila di indonesiakan menjadi ‘hanya komputer’.
Sebenarnya makna ‘komputok’ sudah dituliskan di header juga, yaitu sebelah kanan logo komputok. Tertulis ‘hanya untuk komputer’. Kata itu merupakan pengembangan dari makna ‘hanya komputer’ Nah lho, gambar header sebenanya sudah menerangkan arti nama ‘komputok’, cuman lebih detail di tulisan ini. Oke...semoga tulisan singkat ini bisa ngobatin rasa bingung mereka yang tidak begitu mudenk bahasa banyumas.(AHP 9 Agustus 2008 19:58)

3 komentar:

  1. Kalo itu sudah menebak artinya apa
    Hi2
    Kalo "komputok" mending
    Mungkin juga gak ada yang tau "wooneehyori"
    itu apa
    ^^

    Iya, itu laporan bio,
    Tapi yang jaman dulu..
    He2
    Di posting ajah

    BalasHapus
  2. hehehe emang 'wooneehyori' itu unik juga...jarang yang nyamain. aku juga nyampe kebingungan :))

    BalasHapus
  3. angger sing isine komputer plus apa jenengane ya?

    BalasHapus

Kirim Komentar